Teknik Membaca untuk Mahasiswa Bahasa Inggris

Gambar: Ilustrasi

"Selalu sediakan banyak waktu untuk tugas membaca, bergegas membuat lebih sulit untuk memahami apa yang Anda baca. Anda akan menemukan bahwa Anda dapat membaca lebih cepat dan lebih baik dengan latihan, jadi jika Anda kewalahan pada hari pertama, renungkan betapa jauh lebih baik Anda akan membaca pada akhir semester” - (Marken, 2017: 18)

Ruang Publik, marjinnews.com - Mengapa bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa asing di negara kita? Itu karena bahasa Inggris bukan bahasa asli kita dan kita juga tidak menggunakannya sebagai bahasa kedua. Dengan kata lain, bahasa Inggris bukan bahasa utama kita. 

Tetapi penting bagi kita untuk mempelajari itu karena saat ini, bahasa Inggris sangat berguna untuk komunikasi universal. 

Menurut Tans, ‘lintas suku, bahasa, budaya, dan bangsa memiliki hubungan yang bermakna. Oleh karena itu, jika dipelajari dengan benar, pelajaran pembelajaran dapat membuat dunia ini, secara umum, dan orang Indonesia, khususnya, jauh lebih baik untuk semua, apa pun latar belakang mereka' (2019: 1).

Dalam artikel ini saya ingin menjelaskan "Teknik Membaca untuk mahasiswa Bahasa Inggris". Saya pikir masalah ini menarik untuk ditinjau. 

Ada 4 teknik yang dapat mengarahkan pelajar asing bahasa Inggris untuk berhasil dalam belajar bahasa Inggris, yaitu: Pemindaian (Scanning), Membaca sekilas (Skimming), membaca intensif (Intensive Reading), dan membaca ekstensif (Extensive Reading). 

Keempat teknik ini diperlukan bagi siswa untuk belajar dan bagi guru untuk mengajar. "Jika kita mengajarkan keterampilan dan strategi, tetapi siswa kita tidak menjadi pembaca, kita gagal" (Duffy, 2009: 3).

Pertama adalah Pemindaian (Scanning). Ini adalah membaca dengan kecepatan tinggi. Mengapa? Karena ketika kita memindai teks, kita melakukannya dengan cepat dan kita sudah memiliki pertanyaan di dalam otak. 

Kita tidak perlu membaca setiap kata, hanya kata-kata yang menjawab pertanyaan kita. Pemindaian adalah teknik yang digunakan untuk menemukan informasi spesifik dengan melihat teks. 

Kita menggunakan pemindaian untuk membaca jadwal, rencana rapat, buku telepon, untuk menemukan detail spesifik yang kami inginkan (Sarwono & Purwanto, 2013: 23). 

Sehubungan dengan pendidikan, pemindaian juga digunakan untuk menemukan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan seperti mencari jawaban yang tersirat dalam suatu bagian. 

Mereka seharusnya didorong untuk membaca lakon dalam satu kesempatan dan mendiskusikan apa yang didapat dari bacaan cepat pertama (Adler & Doren, 1972: 17) Contoh pemindaian adalah ketika kita membaca untuk menemukan jadwal pesawat terbang dan panduan konferensi.

Kedua adalah membaca sekilas (Skimming). Ini digunakan untuk dengan cepat mengumpulkan informasi yang paling penting, atau inti dari teks yang dapat menghemat banyak waktu. Dalam membaca sepintas lalu, pembaca biasanya tidak memiliki atau sedikit tahu tentang dokumen tersebut.

Ketika kita melakukan penggeledahan teks tertentu, arahkan pandangan kita ke teks dan perhatikan informasi penting. 

Namun, dari tempat-tempat lain dalam buku ini jelas bahwa keterampilan yang terlibat adalah yang murni teknis untuk dengan cepat dan mudah menyerap informasi dari cetakan halaman (LeGuin, 1992: 45).

Sama seperti membaca sekilas, tidak penting untuk memahami setiap kata dalam teks. Selain itu, membaca sepintas dapat digunakan untuk memeriksa teks untuk melihat ide umum dan bagaimana ide tersebut diorganisasikan juga. 

Anda membiarkan matamu melindasnya, seperti melempar batu datar ke danau, jadi itu hanya permukaan (West, 1997: 8). 

Saran untuk teknik ini adalah membaca kalimat atau paragraf pertama dengan hati-hati karena awal sering berisi informasi umum tentang sisa teks. Contoh skimming adalah surat kabar, majalah, brosur bisnis dan perjalanan.

Ketiga adalah bacaan intensif (Intensive Reading). Ini digunakan pada teks yang lebih pendek untuk mengekstraksi informasi tertentu. Ini termasuk bacaan yang sangat akurat untuk detail. 

Pembacaan intensif melibatkan pembacaan teks yang sangat cermat dan teliti. Garis bawahi atau soroti kata-kata yang tidak Anda ketahui dan cari atau tebak artinya (West, 1997: 14).

Kita menggunakan keterampilan membaca intensif untuk memahami detail situasi tertentu. Dalam hal ini, penting bagi kita untuk memahami setiap kata, dan jumlah fakta. Selain itu, membaca intensif melibatkan pelajar membaca secara detail dengan pembelajaran spesifik dan tujuan serta tugas. 

Sebagai contoh, peserta didik membaca teks pendek, seperti kontrak dan menempatkan peristiwa dari itu ke dalam urutan kronologis. Contoh intensivereading adalah laporan pembukuan, klaim asuransi dan kontrak.

Keempat adalah bacaan yang luas (Extensive Reading). Ini digunakan untuk memperoleh pemahaman umum tentang suatu subjek dan termasuk membaca teks yang lebih panjang untuk kesenangan, serta buku bisnis. 

Kami menggunakan keterampilan membaca yang luas untuk meningkatkan pengetahuan kami tentang prosedur bisnis. Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris lebih cepat, dianjurkan banyak membaca untuk kesenangan. 

Saya cepat-cepat menambahkan bahwa "kesenangan" ini tidak berarti pengalaman hedonistik, tetapi lebih merupakan identifikasi afektif dengan karakter, pengalaman yang dipahami dalam budaya kita sebagai ucapan terima kasih, tetapi tetap memperbaiki dan meningkatkan pembaca (LeGuin, 1992 : 72). 

Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak input yang didapat otak Anda tentang cara kerja bahasa tersebut. Ketika Anda membaca dalam bahasa Inggris, Anda dapat meningkatkan kosa kata, tata bahasa, dan kemampuan menulis Anda secara bersamaan. 

Mereka perlu memahami bagaimana menerapkan dan memilah-milah berbagai makna yang mereka temukan dan menggunakan petunjuk konteks untuk memperoleh makna dan pengucapan (pronunciation) yang tepat. Memahami konotasi dan “corak makna” dari kata-kata adalah keterampilan tingkat tinggi untuk penutur asli suatu bahasa (Tankersley, 2003: 17). 

Contoh-contoh membaca luas misalnya, membaca untuk menemukan buku strategi pemasaran terbaru, novel, majalah atau artikel surat kabar yang menarik minat kita. Saran untuk menjadi sukses dalam membaca ekstensif adalah membaca sebanyak mungkin, membaca berbagai bahan tentang berbagai topik, membaca buku yang menarik minat Anda.

Jadi, 4 teknik tersebut dapat dilihat secara umum seperti ini. Memindai (Scanning) dan membaca sepintas (Skimming) telah didefinisikan sebagai membaca cepat tetapi ada poin utama yang membedakan mereka. 

Pemindaian (Scanning) adalah semua tentang mencari dan menemukan, di sisi lain, membaca sepintas (Skimming) adalah tentang membaca dan memahami. Membaca intensif (Intensive Reading) dan membaca ekstensif (Extensive Reading) juga memiliki tujuan yang berbeda. 

Membaca Intensif (Intensive Reading) membutuhkan fokus tingkat tinggi dan upaya yang disengaja, sedangkan Membaca Ekstensif (Extensive Reading) menuntut dimaksudkan untuk menjadi pengalaman yang menyenangkan, yang membutuhkan upaya mental yang rendah. 

Selain itu, keempat teknik tersebut juga memiliki tujuan yang sama. Ini untuk meningkatkan atau memperluas perolehan mahasiswa. Secara khusus, pemahaman membaca adalah tujuan utama yang ingin kita peroleh. Itu bisa diukur. 

Ketika seseorang membaca, kita dapat mendengar mereka mengeja setiap kata dengan benar atau tidak. Ini adalah standar dasar pemahaman membaca. 

Jika Anda ingin membuat diri Anda atau pendengar (audience) Anda memahami apa yang Anda baca, Anda harus memastikan bahwa Anda telah mengucapkan dan mengeja setiap kata dengan benar. 

Lebih khusus lagi, bagi mereka yang memiliki tujuan utama dalam membaca buku adalah untuk mendapatkan pemahaman yang meningkat (Adler & Doren, 1972: 5).

Oleh: Defrianus Wadu
Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Nusa Cendana
DAFTAR PUSTAKA
Adler, M. J & Doren, C. V (1972). How to read a book. London: Encyclopedia of Britanica, Inc.
Duffy, G. (2009). Expalining reading second edition. Block, C & Parris, S (Ed). New York: A Division of Guiliford Publications, Inc.
LeGuin Ursula. K (1992). (1996). The Ethnoghraphic of Reading.Boyarin, J. (Ed). California, University of California Press.
Marken, L (2017). Strategies for Academic Success. Saskatoon, SK: University of Saskatchewan Press.

Diskusi Bupati Manggarai Barat Mencari Pemimpin

Name

anak muda,2,Badung,1,Bali,135,Ben Senang Galus,2,Bencana Alam,2,Berita,186,Bhineka,2,Birokrasi,2,BNI,1,Bola,3,bom,1,Bom Bunuh Diri,3,Borong,4,BPJS,1,Budaya,34,Bung Karno,1,Bunuh Diri,4,Bupati Mabar,2,Camilian,1,Celoteh,7,Cerpen,202,Chelsea Islan,1,Chiristian Rotok,1,Daerah,647,Dana Desa,1,Dari Kami,3,Demokrasi,22,Denpasar,19,Desa,2,Destinasi,1,Diaspora,2,Dilan,3,Donny Isman,1,DPR RI,4,E-KTP,5,Editorial,30,Ekonomi,5,Ekspresi,1,Ende,6,Entrepreneur,1,Feature,35,festival Komodo,2,Film,7,Filsafat,2,Fitur,1,Flobamora Cup,1,Flores,10,Focus Discussion,1,FPI,1,Gantung diri,2,Gaya,1,gaya hidup,8,Gedged,1,Gempa,7,Gereja,3,Gereja Katolik,3,Gerindra,1,GMNI,4,Golkar,1,Gusti Dulla,1,HAM,2,Hand Phone,1,Hari Buruh,2,hari buruh internasional,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hiburan,27,HMPCK,1,Hoax,2,hukum,68,Human Trafficking,4,IBT Expo,1,Idul Fitri,1,IJM,1,IKEMAS CUP,9,Imlek,1,In-Depth,18,Indonesia,1,Indonesian Idol,8,Inspirasi,17,Internasional,17,Internet,2,Investasi,1,IPD,3,Iriana Jokowi,1,Ivan Nestorman,1,IYC Jatim,1,Jabar,1,JAD,1,Jakarta,5,Jatim,3,Jawa Tengah,1,Jawa Timur,4,JK,1,Jogja,2,Jogyakarta,3,Jokowi,18,JRUK Sumba,2,jurnalistik,3,Kalimantan,5,Kampanye,2,Kampus,3,Kapolri,1,Kar. Ilmiah,4,Karanganyar,1,Karya Sastra,308,Kata Mereka,2,KDRT,1,Keagamaan,6,kebakaran,4,kebudayaan,3,kecelakaan,2,Kecelakaan Lalu Lintas,2,Kediri,2,Kejadian. Jakarta,1,kejahatan,2,Kemahasiswaan,6,Kemanusiaan,55,kemenkominfo,1,Kemiskinan,2,kepala daerah,1,Kepemuaan,5,Kepemudaan,155,kepemudan,7,kerohanian,2,Kesehatan,5,Ketahanan Nasional,1,Keuangan,1,KNPI,2,Komodo,9,Komunikasi,1,Komunitas,5,Koperasi,1,Korban,1,Korupsi,55,KPK,11,KPU,1,Kreatif,1,Kriminal,52,Kritik Sastra,3,Kupang,25,Labuan Bajo,51,Lakalantas,11,Larantuka,1,Legenda,1,Lembata,2,Lifestyle,3,Lingkungan Hidup,13,Literasi,14,lombok,1,LP Cipinang,1,Luar Negeri,15,Mahasiswa,47,Makasar,6,Makassar,4,Malang,4,Manggarai,121,Manggarai Barat,21,Manggarai Timur,27,Marianus Sae,1,Marion Jola,3,Masalah Rokok,1,Masyarakat,1,Mataram,2,Maumere,7,Media,1,Media Sosial,3,Medsos,2,Mendikbud,3,Menkominfo,1,Milenials,104,MMC,1,musik,1,Narkoba,8,Nasional,351,Natal,18,Ngada,8,Novanto,2,Novel,16,NTT,346,Nyepi,2,Olahraga,13,Opini,554,Orang Muda,7,Otomotif,1,OTT,2,Padang,1,Papua,16,Pariwisata,26,Partai Politik,25,Pasangan,25,Paskah,2,pelajar,2,Pembangunan,5,pemerkosaan,1,Pemilu,19,Pemuda,3,Pencurian,2,Pendidikan,89,Penerbangan,4,penyanyi,1,Peradi,1,Perdamaian,1,Perempuan,19,Perindo,1,Peristiwa,1386,Pers,3,Perzinahan,1,Petani,1,Petrus Selestinus,1,Piala Dunia,1,Piala Oscar,1,pileg 2019,1,Pilgub,40,Pilkada,98,Pilpres 2019,25,PKRI,1,PKS,1,PMII,1,PMKRI,23,PMKRI Bogor,1,Pmkri Jogja,1,Poco Ranaka,1,Pojok Redaksi,32,Polisi,24,politik,89,Politikus,6,POLRI,8,PP PMKRI,1,Pristiwa,39,Prosa,1,PSK,1,Puisi,100,Puteri Indonesia,2,Radikalisme,1,Ratna Sarumpaet,4,Refleksi,9,reformasi,1,Regional,6,Religi,2,Remaja,1,Rensi Ambang,1,Riau,1,Ricuh,1,Rindu,1,Risma,1,Rizieq Shihab,7,Rote Ndao,2,Ruang Publik,26,Ruteng,30,RUU,1,Sabu,1,Sail Komodo,1,Sajak,14,Sam Aliano,1,Sastra,3,Sejarah,1,Sekilas Info,42,Sekolah,2,seleb,1,Selebritas,28,selingkuh,1,Sidoarjo,1,situs pornografi,1,Somasi,1,Sosial,3,Sosial Politik,1,Sosok,31,Sospol,35,Spesial Valentine,1,Start Up,1,Suara Muda,229,Sumba,8,Surabaya,36,Tahun Baru,10,Tarakan,1,Tata Kota,1,Teknologi,9,Tentang Mereka,68,Tenun Manggarai,1,Terorisme,14,Terorismes,4,TKI,4,TNI,1,TNK,1,Togar Situmorang,11,Tokoh,16,Tol Laut,1,Toleransi,2,Tour Jurnalistik,1,Ujian Nasional,1,UNITRI-Malang,1,Unwira,1,UU MD3,7,Valentine,2,Viral,3,Wisata,21,Wisuda,1,WNA,1,
ltr
item
MARJINNEWS.COM: Teknik Membaca untuk Mahasiswa Bahasa Inggris
Teknik Membaca untuk Mahasiswa Bahasa Inggris
https://1.bp.blogspot.com/-Zy0dp1XC8zI/XX7U0lVNzoI/AAAAAAAAC3Q/hcjvsx11RB4_0cGdb2Nzxnpqi_nVk7i-gCLcBGAsYHQ/s640/Teknik%2BMembaca%2Buntuk%2BMahasiswa%2BBahasa%2BInggris.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Zy0dp1XC8zI/XX7U0lVNzoI/AAAAAAAAC3Q/hcjvsx11RB4_0cGdb2Nzxnpqi_nVk7i-gCLcBGAsYHQ/s72-c/Teknik%2BMembaca%2Buntuk%2BMahasiswa%2BBahasa%2BInggris.jpg
MARJINNEWS.COM
http://www.marjinnews.com/2019/09/teknik-membaca-untuk-mahasiswa-bahasa-inggris.html
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/2019/09/teknik-membaca-untuk-mahasiswa-bahasa-inggris.html
true
971126874416220402
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy