Kerja Bakti, KTDP Lakukan Rabat dan Tambal Aspal Rusak
Cari Berita

Kerja Bakti, KTDP Lakukan Rabat dan Tambal Aspal Rusak

10 June 2019

Foto: Dok. Pribadi 
Papang, marjinnews.com - Karang Taruna Desa Papang (KTDP), Kecamatan Satarmese, Manggarai NTT mengadakan kerja bakti pada 7-8 Juni 2019. Kegiatan yang dilakukan diantaranya rabat dan bersih jalur jalan raya hingga pembuatan got di pinggir jalan.

Beberapa titik daerah rawan yang menjadi pusat pengerjaan diantaranya jalan berstatus jalan provinsi dari  sekitar kampung Papang menuju POSKESDES Desa Papang dan jalan daerah di sepanjang jalan kampung Pawu. Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang sudah rusak parah sehingga pengurus  KTDP bersama anggota dan pemerintah desa setempat bahu membahu menambal kembali aspal tersebut. 

"Kegiatan ini murni untuk menanggapi keluhan masyarakat tentang kondisi jalan dalam desa lalu mencoba membangun kembali semangat gotong royong masyarakat bagi pembangunan dan Membangkitkan smangat kekeluargaan antar warga," Jelas salah satu inisiator kegiatan, Wilson Djenari.

Proposal dilayangkan dengan sisten "door to door" sehingga Sumbangan datang dari berbagai masyarakat desa Papang berupa uang, pasir, batu, kendaraan hingga minuman dan dana yang digalang dari kotak  yang diperuntukkan bagi pengendara  yang melewati jalan. Warga desa Papang yang tinggal di luar daerah  hingga di luar negeri pun juga tidak segan-segan memberi kontribusi dana. 

Ketua KTDP, Yohanes Sandro menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada semua pihak.

"Terima kasihh kepada pengurus KTDP sebagai inisiator sekaligus terlibat dalam kegiatan ini. Kedua terima kasih  kepada semua warga Desa Papang yang terlibat baik dukungan dana maupun material, karena ini bersifat Swadaya dan yang terakhir terima kasiih kepada Pemerintah Desa yang telah mendukung kegiatan ini," Ungkapnya.

Menanggapi hal ini Kepala Desa Papang, Nerius Gero mengaku bangga akan kerjasama KTDP.

"Salut dan benar-benar seakan terbangun dari mimpi. Semua  beban terasa ringan apabila partisipasi  bukan sekadar  janji," Akunya. 

KTDP yang melakukan kegiatan perdana ini memang sangat mengharapkan  keterlibatan penuh dari semua warga desa papang untuk  kegiatan  lain ke depan. 

Semangat ini  telah diikuti oleh masyarakat Desa Papang dalam pengelolaan air minum.  Tiga hari setelah kerja bakti masyarakat memperbaiki saluran air minum dengan menggali kembali pipa yang sudah tidak dipakai.

Kepala desa memanggil beberapa tokoh masyarakat warga kampung papang untuk melanjutkan penggalian pipa. Hingga berita ini diturunkan sudah cukup banyak pipa yang sudah berhasil digali.


"Terima kasih untuk Karang Taruna yang berinisiatif melakukan kegiatan ini dan  diharapkan  semua  masyarakat  Desa Papang tetap  memupuk  semangat  gotong royong  ini agar jangan sampai  pupus karena perubahan  waktu," Tutupnya. (Tini Pasrin/MN)