Objek Vital, Butuh Kerjasama Pemerintah dan Masyarakat
Cari Berita

Objek Vital, Butuh Kerjasama Pemerintah dan Masyarakat

17 May 2019

Foto: Gheryl Ngalong 
Ruteng, marjinnews.com - Kerja bakti merupakan salah satu langkah untuk peduli sekaligus menjaga lingkungan. Hal tersebut diungkapkan oleh Benediktus I. Ngangkuk, Lurah Kelurahan Carep, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, usai gotong-royong bersama sejumlah warga kelurahan Carep membersihkan lingkungan di area mata air Wae Decer, Jumat pagi tadi (17/5). 

Kegiatan ini pun diakuinya dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan terjaga, mengingat kondisi infrastruktur menuju lokasi objek vital air yang konsumennya mencakup di wilayah Langgo, kompleks Bandara Frans Sales Lega, Pong Ara, Golocuru dan sebagian Kelurahan Karot Ruteng tersebut, sudah mulai rusak. Dari jalan yang berlubang hingga drainase, memang perlu untuk diperbaiki. 

“Kegiatan rutin yang diagendakan dua kali dalam sebulan ini memang telah bekerja sama dengan PDAM Tirta Komodo Ruteng. Namun, kendala dilapangan, kita harus berhadapan dengan kondisi infrastruktur yang sudah mulai rusak,” tutur Benediktus. 

Ia mengaku, agar tidak berpotensi terjadi permasalahan, objek vital tersebut harus butuh kerjasama yang lebih maksimal dari semua pihak. Termasuk pemerintah setempat. 

“Bukan bermaksud untuk mempersalahkan, akan tetapi barangkali dengan kegiatan ini kami dari kelurahan ingin mengajak bekerjasama bersama pemerintah. Khususnya, yang diperhatikan adalah komdisi fasilitas umum yang sudah mulai rusak.

Lebih dari itu, Benediktus juga menghimbau kepada masyarakat, terlebih khusus yang berada disekitar kawasan mata air Wae Decer, untuk lebih memperhatikan sekaligus menjaga lingkungan dari pencemaran sampah. 

“Contohnya, saluran drainase yang memang kita lihat sudah ditimbun banyak sampah. Sehingga, air yang mengalir bisa ke arah jalan dan mempengaruhi jalan raya hingga berlubang,” tutup Benediktus.  

Laporan: Gheryl Ngalong