Gloria Victis, Gelar Karya IMAKO STPMD “APMD” Yogyakarta
Cari Berita

Gloria Victis, Gelar Karya IMAKO STPMD “APMD” Yogyakarta

2 May 2019

Foto: Dok. Pribadi 
YOGYAKARTA, marjinnews.com – Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (IMAKO) STPMD “APMD” Yogyakarta melaksanakan gelar karya dalam rangka peringatan hari buruh internasional dan hari pendidikan nasional yang diperingati setiap tanggal satu dan dua Mey, pada rabu sampai kamis (01-02/05).   

Gelar karya yang dilaksanakan di Hall STPMD “APMD” tersebut mengangkat tema BERDAYA (Bersatu Dalam Karya) dengan subtema gloria victis (kejayaan pada yang kalah) Toni Tokan, Ketua HMJ IMAKO STPMD “APMD” kepada marjinnews.com mengatakan, tema gloria victis tersebut diangkat sebagai bentuk dorongan terhadap kaum buruh atau kaum yang dimarjinalkan. 

Menurutnya, meskipun secara finansial kaum-kaum tersebut kurang mampu tetapi mereka memiliki kejayaan tersendiri. 

“Untuk menaungi semua karya, kami mengangkat tema gloria victis karena menurut kami, keadaan kita akhir-akhir ini secara samar-samar bisa kita lihat sebagai keadaan yang  membingungkan. Kita kehilangan cara untuk mengucapkan kemerdekaan yang kita punya, kami berusaha mencari cara untuk mengamini cara merdekanya orang-orang yang terpinggirkan. Bahwa mereka itu jaya meskipun mereka kalah, point penekannya  pada kebahagian, tidak harus bahwa ketika kita punya banyak hal, misalnya secara finansial, kita bahagia, ini belum tentu mutlak” Ungkap Toni. 

Toni menambahkan, pendidikan formal hari ini hanya sebagai kekuatan untuk menjawab kebutuhan pasar. 

“Pendidikan formal hari ini memang menyelamatkan generasi, tetapi kemudian pendidikan hanya sebagai kekuatan untuk menjawab kebutuhan pasar. Secara tidak langsung karya-karya ini mewakili kegelisahan teman-teman Ilmu Komunikasi APMD dan IMAKO sebagai organisasi kemahasiswaan. Kami ingin menunjukan kepada publik bahwa ini kecemasan kita secara utuh tentang keadaan kita hari ini. Kita berjuang dengan metode yang berbeda, teman-teman IMAKO berjuang melalui karya” imbuhnya. 

Selain itu, Toni juga mengapresiasi kekompakan HMJ komunikasi terutama panitia yang sudah bekerja keras menyukseskan acara ini.

“saya sebagai ketua di HMJ sangat mengapresiasi kerja dari teman-teman panitia yang sangat serius menggarap kegiatan ini. Mulai dari pengumpulan karya, mungkin ada beberapa hal tidak sampai, tetapi itu sudah diupayakan sekali. Menurut saya, ini sudah cukup maksimal” tutup Toni.

Adapun rangkaian acara dalam kegiatan tersebut adalah pameran dan sarasehan foto karya divisi photography HMJ IMAKO, screening film “Mar” karya divisi broadcasting, launcing buku kompilasi karya divisi pers IMAKO, launcing novel “Tiada Tuhan Dalam Revolusi” karya Toni Tokan”, dan talk show:  ”Pendidikan tanggung jawab siapa” dengan pembicara Soesilo A. Toer, “Sudut Indonesia, Suara desa untuk Indonesia” dengan pembicara Sutoro Eko, Aries Budiyono, Fajar Apriyanto.*

Laporan: Viki Purnama