UN SMAN 7 Kota Komba Berlangsung Tertib
Cari Berita

UN SMAN 7 Kota Komba Berlangsung Tertib

MARJIN NEWS
1 April 2019

Foto: Para siswa SMAN 7 Kota Komba sedang mengikuti UN.

BORONG, marjinnews.com- Hari pertama pelaksanaan UN, SMAN 7 Kota Komba melaksanakannya dengan aman dan tertib. SMAN 7 Kota Komba yang terletak di Wae Rana, Kel. Rongga Koe, Kec. Kota Komba ini melaksanakan UN yang masih berbasis pada kertas dan pensil atau yang sering disebut UNKP. Meskipun demikian, sekolah ini tetap menggelar ujian secara jujur dan penuh kerahasiaan.

Kepala Sekolah SMAN 7 Kota Komba dalam penyampaiannya pada saat Techincal Meeting menegaskan bahwa pola Ujian Nasional berbasis UNKP ini merupakan ruang bagi sekolah untuk menegaskan keberpihakan sekolah pada asas kejujuran dan menjaga integritas sekolah. Ia berharap agar pengawas dari sekolah lain yang datang harus bisa menjaga kerahasiaan dan menindak segala bentuk kecurangan siswa sesuai tata tertib yang ada.

Sebab meskipun ujian masih berbasis kertas tetapi tidak serta merta para guru dan pengawas bisa membantu siswa. Apalagi Peraturan Operasional Standar (POS) UN 2019 sudah jelas mencantumkan larangan serta hukuman bagi sekolah yang tidak jujur melaksanakan UN.

Sementara itu, ketua panitia UNKP SMAN 7 Kota Komba, Ronaldus Adipati Kunjung mengatakan, bahwa penegasan berupa kewajiban, larangan, serta sanksi dalam POS UN merupakan sebuah ke-mutlak-an untuk dilaksanakan.

"Kita sudah mempersiapkan anak-anak dengan baik. Tinggal bagaimana mereka mengeksekusi soal-soal yang ada,” kata Ronald.

Ronald juga berharap bahwa tahun depan SMAN 7 Kota Komba ini dapat melaksanakan ujian berbasis komputer seperti sekolah lain.

"Sarana pendukung seperti listrik, jaringan internet memang sudah ada tinggal komputer/laptop. Tahun depan semoga kami bisa melaksanakan UNBK ini,” tutup Ronal.

Ujian Nasional hari pertama dibuka dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.  Thomas, salah satu siswa mengatakan bahwa tingkat kesulitan soal cukup tinggi sehingga memerlukan analisa yang baik.

Adapun jumlah peserta UNKP kali ini adalah 57 orang dengan kategori: Perempuan 27 orang serta laki-laki 30 orang. Kategori per jurusan adalah: IPA: 7 orang (L: 4 orang, P: 3 orang), Bahasa: 15 orang (P: 11 orang, L: 4 orang), dan jurusan IPS: 35 orang (L: 15 orang, P: 20 orang).

Dalam UNKP kali ini, SMAN 7 Kota Komba melakukan pertukaran pengawas dengan SMAN 2 kota Komba. Pertukaran ini dimaksudkan agar segala bentuk kecurangan bisa dihindari.


Kontributor: Ronald Adipati
Penyunting: Eman Jabur