PMKRI Ajak Masyarakat Kawal Pilpres dengan Cara Ini
Cari Berita

PMKRI Ajak Masyarakat Kawal Pilpres dengan Cara Ini

17 April 2019


Foto: Istimewa 
JAKARTA, MARJINNEWS.COM. - Pengurus Pusat PMKRI, Alfred Nabal mengajak semua pihak, terutama generasi milenial untuk turut mengkawal proses pemungutan suara pada 17 April.

"Demi mewujudkan pemilu yang jujur dan bermartabat, semua pihak perlu mengambil bagian dalam mengkawal seluruh proses pemilu besok," kata Alfred di Jakarta.

Upaya untuk mewujudkan pemilu jujur dan bermartabat ini terbantu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

"Kecurangan dalam proses penetapan suara di pemilu selalu terjadi. Dengan arus informasi yang demikian terbuka saat ini, kecurangan-kecurangan ini bisa diminimalisir," lanjut Alfred.

Untuk saat ini, beberapa gerakan kerelawanan berbasis teknologi muncul dari masyarakat untuk mengkawal proses pemilu hari ini. Gerakan-gerakan ini dimaksudkan untuk memastikan informasi tentang hasil-hasil pemilu di semua TPS terdigitalisasi dan sesuai dengan kondisi riil.

"Salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat untuk mengkawal hasil pemilu besok adalah aplikasi Pesan Kita Indonesia. Aplikasi ini menjadi saluran masyarakat untuk melaporkan hasil pemilihan presiden di TPS masing-masing. Caranya tinggal memfoto surat C1 Plano di TPS, lalu mengunggahnya di kawalpilpres yang terdapat di aplikasi Pesan Kita Indonesia," ungkap Alfred.

"Kami mengajak siapa saja untuk menginstal aplikasi tersebut dan bersama-sama kita kawal pilpres besok melalui aplikasi Pesan Kita Indonesia," terang Alfred.

Informasi lanjutan mengenai gerakan kawal pilpres ini bisa dilihat melalui kawalpilpres2019.id. (VP/MN)