Lagi! Nisan di Yogyakarta Dirusak dengan Dibakar dan Dicabut dari Tempatnya
Cari Berita

Lagi! Nisan di Yogyakarta Dirusak dengan Dibakar dan Dicabut dari Tempatnya

7 April 2019

Foto: kompas.com
YOGYAKARTA, marjinnews.com - Belum tuntas kasus Iswanto, Kepala Dusun Karet RT.8 dan Achmad Sudarmi, Ketua Kelompok Kegiatan Masyarakat bersama sebagian Warga RT. 08, Dusun Karet, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang telah bertindak diskriminatif menolak Slamet Juniarto dan Keluarganya untuk bertempat tinggal di RT. 8, Dusun Karet, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul (Dusun Karet). 

Kabar buruk kembali datang dari Yogyakarta, sejumlah nisan kayu di Pemakaman RS Bethesda, Jalan Affandi, Kelurahan Mrican, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman ditemukan dalam keadaan hangus terbakar. Beberapa nisan juga tampak tercabut dari tempatnya. 

"Pukul 15.30 WIB, saya ditelepon salah satu ahli waris. Dia mengatakan ada nisan kayu yang dirusak," ujar pengurus Makam RS Bethesda, Hari Yuniarto (57) saat ditemui, Sabtu (6/4/2019).

Hari menuturkan, usai mendapat informasi dirinya langsung menuju lokasi dan melihat beberapa nisan kayu tercabut dari tempatnya. Posisinya tergeletak di kanan dan kiri makam. Nisan yang tercabut dikumpulkan di gudang. 

Total ada delapan nisan yang dicabut. Hari juga menemukan nisan kayu tergeletak di depan salah satu makam dan terdapat sampah yang terbakar. Kondisi dari nisan kayu ini dalam keadaan hangus sebagian. 

"Ada dua sampai tiga yang hangus. Tapi tidak semua bagian, ada yang hangus di tengah dan ada yang bagian samping," ungkapnya seperti dilansir kompas.com.

Setiap malam, kata Heri, gerbang makam selalu ditutup meskipun tidak terkunci. Sebab setiap kali dikunci selalu dirusak. 

"Ya ditutup tetapi tidak digembok. Soalnya setiap digembok selalu dirusak orang, bahkan gudang belakang kuncinya juga sering dirusak," ujarnya. 

Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah mengatakan, tengah menyelidiki kasus perusakan sejumlah nisan di area Pemakaman RS Bethesda, Jalam Affandi, Kelurahan Mrican, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

"Memang ada perusakan, kita masih dalami," ujar Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah saat ditemui di lokasi kejadian, Sabtu (6/4/2019) Rizky mengatakan, dari keterangan pengurus makam, dia mengetahui ada nisan kayu yang dirusak pada Sabtu sore. 

Pengurus makam mendapat Informasi dari salah satu ahli waris. Rizky mengatakan, pengurus makam mengetahui ada seseorang yang pada malam hari tidur di pemakaman. Namun, pengurus makam tidak mengenali orang tersebut. 

"Ada satu orang yang tinggal di sini, tidur di situ dan ada lokasi tempat untuk menghangatkan tubuh. Ya patut diduga, tapi kita tetap dalami dulu," ujarnya. (EC/MN)