Hebat! Gelar UNBK Perdana, SMKN 1 Welak Raih Nilai Tertinggi di Mabar
Cari Berita

Hebat! Gelar UNBK Perdana, SMKN 1 Welak Raih Nilai Tertinggi di Mabar

29 April 2019

Foto: Screenshot/Ari Bero 
LABUAN BAJO, MARJINNEWS.COM - Menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di lokasi yang minim signal Internet menjadi cerita tersendiri. Bukan hanya persiapan siswanya yang menjadi soal tetapi terkadang hal-hal teknis seperti koneksi terputus dan lain sebagainya justru menjadi tantangan. 

Meski demikian, berada di tengah segala keterbatasan tidak lantas membuat segenap cicivitas akademik  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Welak misalnya, tidak patah arang dan bahkan memberikan efek kejut luar biasa pada debut mereka sebagai salah satu sekolah yang menyelenggarakan UNBK secara daring beberapa waktu lalu.

SMK Negeri 1 Welak  yang berlokasi di Datak, Desa Golo Ronggot,  Kec. Welak,  Kab. Manggarai Barat ini secara mengejutkan mampu mengalahkan sekolah-sekolah lain yang sudah lama dan berpengalaman melaksanakan UNBK. Mereka bahkan mampu meraih suara tertinggi dibandingkan sekolah lain di Kabupaten Manggarai Barat meski sekolah ini terletak di daerah  yang akses Internetnya sangat susah. 

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Welak, Siprianus Jemadi mengatakan bahwa bayangan kegagalan menghantui pihak sekolah sebelum memutuskan menggelar UNBK secara daring menggunakan komputer pada Maret 2019 lalu. Hal ini bukan tanpa alasan, Siprianus pesimis karena berdasarkan pengalamannya peda UN sebelumnya hasilnya sangatlah tidak maksimal. Maka menggunakan komputer bagi dia awalnya merupakan mimpi buruk.

"Pada UN sebelumnya yang tanpa komputer saja, hasilnya tidak cukup memuaskan. Apalagi ketika siswa-siswi disuruh mengerjakan soal-soal menggunakan komputer, apa jadinya nanti?" terang Siprianus.

Apa yang dicemaskan sang Kepala Sekolah dan staf pengajar di SMKN 1 Welak ini ternyata tidak benar. Hasilnya bahkan lebih memuaskan dari dugaan mereka.

"Dengan capaian sekarang ini, saya sangat merasa bangga, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu; Kepada Kepala SMP Negeri 1 Welak yang turut mendukung dalam memfasilitasi jaringan iForte, Kepada Guru-Guru SMKN 1 Welak, Kepada Orang tua Siswa/i SMKN 1 Welak, dan Kepada Siswa/i SMKN 1 Welak" lanjutnya kepada MARJINNEWS.COM dengan wajah sumringah. 

SMK jurusan Pertanian dan Peternakan ini punya 52  anak kelas tiga yang telah  mengikuti UNBK pada Maret lalu. 

"Awalnya Saya  takut UNBK bakal menyulitkan anak-anak. Tapi ya UNBK memang harus digelar di sini. Komputer dan server  ada, signal internet kita kerjasama dengan SMPN 1 Welak, kita harus manfaatkan yang ada," terang Sipri. 

"Jadi ya sekarang terbukti bahwa sekolah ini  sanggup, bahkan mengungguli Semua SMK yang ada di Manggarai Barat berdasarkan capain UNBK tahun 2019 dengan Rerata 51,15," sambungnya. 

Di Ruangan Laboratorium Komputer SMKN 1 Welak tersedia 18 Unit komputer/Laptop yang bejajar rapi dan 1 Unit Server. Komputer-komputer inilah yang digunakan para siswa/i menempuh UNBK. Koneksi internet di SMK N 1 ketika menggelar  UNBK  menggunakan jaringan iForte yang disambung dari SMPN 1 Welak. 

"Saya berharap semoga tahun depan ada penambahan Komputer atau Laptop, karna jumlah siswa yang bakal mengikuti UNBK tahun depan lebih banyak dari tahun ini, kalau soal akses Internet kami tidak ragu lagi," tutup  Sipri. 

Laporan: Ari Bero