Perkumpulan Muda-Mudi Manggarai Bandung Adakan Penerimaan Anggota Baru
Cari Berita

Perkumpulan Muda-Mudi Manggarai Bandung Adakan Penerimaan Anggota Baru

18 March 2019

Foto: Dok. Pribadi
BANDUNG, marjinnews.com - Perkumpulan Muda-Mudi Manggarai Bandung (PMMMB) menyelenggarakan penerimaan anggota baru periode 2018/2019. Kegiatan penerimaan anggota baru ini diselenggarakan di Villa Hijau kompleks Villa Istana Bunga Parompong, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan penerimaan anggota baru ini berlangsung sejak sabtu 09 maret 2019 sampai dengan minggu 10 maret 2019 . Tema kegiatan penerimaan anggota baru kali ini adalah “Ca Natas Bate Pala". Ca natas bate pala menekankan bahwa sebagai sesama orang Manggarai yang berada di Bandung merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Rangkaian kegiatan penerimaan anggota baru diawali dengan perayaaan ekaristi yang dipimpin oleh pater Rofinus, SMM yang juga merupakan imam asal Manggarai yang bertugas di Bandung. Dalan homilinya, pastor yang akrab disapa Pater Rofin menekankan untuk tetap menjaga persatuan dalam komunitas PMMMB. Dalam perayaan ekaristi ini juga dilakukan ritus pemberkatan bagi anggota baru dan juga pengurus PMMMB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara Lonto Leok. Dalam Lonto Leok ini diisi dengan sambutan singkat dari ketua PMMMB dan juga Ketua Penerimaan Anggota Baru. Dalam sambutannya Andi Sadono selaku Ketua PMMMB menegaskan bahwa PMMMB membutuhkan komitmen dari semua anggota PMMMB untuk melangkah menjadi lebih baik. 

"Resmi menjadi anggota berarti teman-teman sekalian dituntut untuk berkomitmen terhadap diri sendiri agar organisasi kita ini benar-benar menjadi wadah tempat teman-teman untuk belajar agar mampu menemukan jati untuk masa depan yang lebih baik" ujar Andi.

Sementara ketua panitia Rizan Tanda menegaskan tidak boleh sekali-kali melupakan daerah asal kita. Hal ini menurut Rizan Tanda sangat penting mengingat segala sesuatu yang melekat dalam diri setiap pribadi anggota PMMMB adalah identitas yang tidak boleh dilupakan begitu saja.

"Sejauh apapun kaki anda melangkah entah untuk menuntut ilmu, merantau untuk mencari nafkah, satu hal yang harus selalu diingat adalah jangan sekali-sekali melupakan daerah asal kita masing-masing. Ini menjadi sangat penting karena menyangkut identitas dan jati diri kita sendiri" ujar Rizan.

Selain beberapa kegiatan tersebut di atas, PMMMB juga melakukan berbagai macam kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara anggota baru dengan anggota-anggota terdahulu. Pada kesempatan ini, mereka saling berbagi pengalaman hidup yang sarat nilai dan pesan moral sebagai seorang perantauan di Bandung.

Laporan: Egidius Aquarius Sadan (EGI)
Kontributor Wilayah Bandung, Jawa Barat