Kabar Gembira: Siti Aisyah yang Dituduh Membunuh Saudara Tiri Pemimpin Korut Dinyatakan Bebas
Cari Berita

Kabar Gembira: Siti Aisyah yang Dituduh Membunuh Saudara Tiri Pemimpin Korut Dinyatakan Bebas

MARJIN NEWS
11 March 2019

Foto: AFP/Moh Rafsan
JAKARTA, marjinnews.com - Sebuah kabar gembira baru saja datang dari Negeri Jiran Malaysia. Siti Aisyah, Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya dituduh membunuh saudara titi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dinyatakan bebas berdasarkan keputusan pengadilan Malaysia pada Senin (11/3/2019) pagi.

Bersama dengan Doan Thi Huong asal Vietnam, Siti telah dituduh membunuh Kim Jong Nam dengan mengolesi racun saraf VX di wajahnya di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017. Hakim menyetujui permintaan dari jaksa untuk membatalkan dakwaan pembunuhan. 

"Siti Aisyah dibebaskan," kata hakim Azmin Ariffin kepada Pengadilan Tinggi Shah Alam. 

"Dia bisa pergi sekarang," ujarnya seperti dilansir AFP.

Dalam permintaannya untuk mencabut dakwaan, jaksa Muhammad Iskandar Ahmad tidak memberikan alasannya. Dia hanya mengatakan bahwa Siti Aisyah bebas untuk meninggalkan negara itu. 

"Kami senang dengan keputusan pengadilan, kami akan mencoba menerbangkan Siti kembali ke Indonesia hari ini atau secepat mungkin" kata Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana. 

Bebasnya Siti Aisyah merupakan langkah mengejutkan karena pengadilan telah dijadwalkan untuk mendengarkan kesaksian Huong pada Senin (11/3/2019) di pengadilan. Melansir dari news.com.au, pengacara Huong, Salim Bashir, mengatakan kliennya siap untuk bersaksi. 

"Dia percaya diri dan siap untuk membeberkan kisah versinya. Ini sama sekali berbeda dengan apa yang disebutkan jaksa" katanya.

"Dia direkam untuk acara lelucon dan tidak berniat untuk membunuh atau melukai siapa pun," katanya. 

Sementara itu Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armantha Natsir membenarkan bahwa Siti telah bebas. "Iya sudah (bebas)," kata Armantha pada Senin (11/3/2019).

Armanatha mengatakan, saat ini Kemenlu masih terus berkoordinasi dengan tim Kemenlu dan KBRI di Malaysia. Ia akan menggelar jumpa pers di Kantor Kemenlu Jakarta terkait bebasnya Siti Aisyah ini. 

"Saya lagi siapkan bahan (konferensi pers), saya lagi koordinasi dengan tim Malaysia," kata Armantha seperti dilansir kompas.com. 

Bersama dengan warha negara Vietnam, Doan Thi Huong, Siti dituduh membunuh Kim Jong Namdengan mengusapkan zat beracun VX pada wajah cucu pendiri Korea Utara itu saat dia tengah menunggu pesawat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Februari 2017. Siti Aisyah dan Doan Thi Huong mengaku mereka diperdaya orang yang 'mirip orang Jepang atau Korea,' yang membayar mereka RM400, atau sekitar Rp1,2 juta untuk yang mereka sangka sebagai acara kelakar untuk televisi. (EC/MN)