Tamat Kuliah Jadi Pengangguran? Malu, Jadilah Sarjana Berguna, Ini Tipsnya

Ilustari. Foto: Dok. Istimewa

SEKILAS INFO, marjinnews.com - 
Setelah menyandang predikat sarjana, impian selanjutnya dari seorang sarjanawan dan sarjanawati adalah bisa langsung mendapatkan pekerjaan di bidang yang telah ditekuninya semasa masih di bangku kuliah.

Misalkan contoh, Sarjana Pendidikan akan menjadi guru, Sarjana Keperawatan akan bekerja di Rumah Sakit, Sarjana Ekonomi akan bekerja di Perkantoran atau Bank, dan lain-lain.

Jika kamu masih memiliki cara berpikir seperti ini, yakinlah kamu akan dinobatkan menjadi pengangguran abadi.

Seiring perkembangan zaman dan pesatnya jumlah manusia atau yang biasa disebut bonus demografi, jumlah lapangan pekerjaan lebih sedikit di banding jumlah pelamar yang akan masuk ke dalam dunia kerja seperti yang kita impikan. Apa lagi, sekarang ini jumlah sarjana setiap tahunnya terus meningkat.

Artikel ini kami tuliskan untuk kita semua, lebih kehusus mahasiswa tingkat akhir yang galau terhadap masa depannya.

Berikut adalah daftar hal-hal yang bisa kita lakukan setelah lulus kuliah. Agar kita berani menghadapi kenyataan dan membahagiakan orangtua setelah wisuda.

Magang

Ya, buat kamu yang kuliah di jurusan yang enggak ada kewajiban magang untuk mencoba magang setelah lulus kuliah bukan sesuatu pilihan yang salah. Ada baiknya kita coba magang dulu sebelum merasakan bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya itu.

Kita bisa misuh-misuh mengutuki padatnya kereta pada jam-jam rush hour dan masih gamang untuk memikirkan apakah ingin mengikuti rutinitas itu lagi. Kita juga bisa latihan bagaimana sih bekerja kantoran dengan relasi antara atasan dan bawahan. Kita juga akhirnya mengalami berpakaian rapi ala-ala pegawai kantoran.

Untuk calon pekerja yang masih belum tahu pekerjaan kantoran apa yang cocok, mungkin magang adalah jawaban buat kamu. Selain mengisi waktu luang dan tes mental, kadang-kadang magang suka dibayar loh. Tempat magang juga bisa beragam, mulai dari kantor pemerintahan hingga perusahaan-perusahaan.

Menjadi Relawan/Volunteer

Daripada bengang-bengong, luntang-lantung ngabisin jatah beras di rumah, cobalah pilihan alternatif kedua, yakni volunteer. Ini cocok buat kamu yang mantan aktivis kampus dan berniat buat kerja sosial. Ada banyak jenis pekerjaan dan kegiatan dari berbagai bidang yang bisa kamu coba.

Menjadi relawan juga berguna untuk menghiasi CV kamu nantinya, kalau-kalau kamu terjebak dengan tuntutan syarat ngelamar kerja: berpengalaman. Kamu boleh banget masukin pengalaman menjadi relawan untuk memenuhi persyaratan tersebut.Tambahan lagi, menjadi relawan bisa meningkatkan kadar kebahagiaan.

Melakukan Hobi

Misalkann contoh, mungkin dulu waktu masih TK, kamu adalah pemenang lomba mewarnai tingkat kelurahan. Kamu suka sekali menggambar, sampai-sampai kamu menggambar di seluruh tembok rumahmu. Kemudian waktu dan kesibukan mengejar pelajaran, berkumpul bersama teman-teman, memisahkan kamu dan kesukaanmu dengan menggambar.

Lulus kuliah ini bisa kamu isi dengan melakukan kembali hobi-hobi lama kamu. Hobi apa saja, mulai dari menggambar, mewarnai, memasak, main tenis. Siapa tahu, justru dengan kembali menekuninya, ternyata malah jadi profesi, dan kamu berhasil jadi wirausaha berkat menggeluti hobi lama kamu itu. Intinya adalah tekuni apapun itu hobimu.

Berwirausaha

Orang yang telah lulus kuliah sudah pasti memiliki bekal ilmu yang mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Wirausaha adalah hal yang bisa anda coba lakukan setelah lulus kuliah. 

Dengan bekal pengalaman dan ilmu yang didaptkan saat kuliah, bisa menjadi modal awal untuk memulai suatu usaha yang meiliki prosepek menjanjikan.

Bagaimana cara memulai usaha? 

Untuk memulai usaha seorang mesti memerhatikan, usaha apa yang memiliki prospek menjanjikan, kondisi lingkungan, kebutuhan masyarakat dan sesuaikan dengan modal yang anda miliki. 

Apa kelebihan menjadi wirausaha? Sudah pasti dengan berwirausaha anda akan menjadi bos atas usaha anda sendiri.

Kemampuan membaca peluang usaha dan kemampuan manajemen usaha adalah hal yang sangat penting untuk dipahami karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha anda. Pemasaran usaha anda bisa melalui online maupun secara konvensional (melalui teman kuliah, keluarga dan lain-lain).

Menjadi Karyawan

Saya pernah mendengar istilah “Menjadi karyawan adalah hal yang menyenangkan ibaratkan sedang kursus namun anda yang dibayar”. 

Apa maksud dari ungkapan tersebut? Maksudnya ialah dengan menjadi karyawan anda bisa belajar banyak hal dari profesi anda, bagaimana prosedur suatu perusahaan bekerja, manajemennya, cara pemasaran.

Bekerja, belajar dan dibayar, itulah kenikmatan mmenjadi karyawan, jika sudah memiliki pengalaman dan modal yang cukup anda bisa resign dan membuat usaha anda sendiri. 

Jadi tidak ada ruginya anda melamar jadi karyawan, gaji seorang karyawan juga cukup untuk memenuhi kebuutuhan sehari-hari.

Lulusan baru/fresh graduate biasanya sering dicari oleh perusahaan, jadi hal tersebut bisa anda manfaatkan jika sudah tamat kuliah untuk bekerja sebagai karyawan, intinya bekerjalah diperusahaan yang bisa membuat anda nyaman. “mencari pekerjaan yang disukai memang penting tapi mencintai pekerjaan jauh lebih penting”.

Lanjut Kuliah

Opsi lain yang bisa anda pilih saat telah selesai kuliah adalah berpikir untuk melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya. Bagaimana jika kurang biaya? Jika kurang biaya, saat ini ada banyak jenis beasiswa yang bisa anda coba untuk dapatkan.

Tidak ada ruginya anda kuliah S2 karena frekuensi pertemuan/perkuliahan saat kuliah S2 lebih sedikit ketimbang kuliah S1, selagi menempuh pendidikan di bangku S2 anda bisa mencari kerja, anda bisa memanajemen waktu anda antara kuliah dan kerja.

Potensi/peluang kerja lulusan S2 pastinya lebih besar daripada lulusan S1, jadi hal tersebut bisa menjadi nilai tersendiri bagi anda. Aplagi jika anda memang memiliki biaya yang cukup untuk S2, maka anda bisa memilih opsi tersebut (kuliah S2).

Pulang Kampung Membangun Kampung

Sarjana sudah pasti identic dengan wawasan keilmuan, jika anda memiliki jiwa pengabdi maka tidak ada salahnya setelah lulus kuliah anda pulang kampung dan  memberdayakan warga masyarakat yang ada di kampung anda.

Apa yang bisa dilakukan di kampung? 

Beberapa hal yang bisa dilakukan di kampong adalah membentuk kelopok kerja petani, kelompok kerja wirausaha dan lain-lain. Anda tinggal melihat hal positif apa yang bisa anda lakukan untuk memberdayakan dan memajukan kampung anda.

Menjadi Blogger dan Youtuber

Sebagai seorang sarjana anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah blogger dan youtuber. Blogger adalah penulis  yang mengupload tulisannya di blog sedangkan youtuber adalah pembuat video yang mengupload video hasil karyanya di youtube.

Blog dan youtube sama-sama bisa menghasilkan uang jutaan sampai ratusan juta rupiah, jika anda ingin belajar youtube dan blog anda bisa searching di google.com yang merupakan mesin pencari yang akan menelusuri di dunia maya seputar hal apa yang anda cari.

Membuka Lembaga Kursus

Jika anda belum memiliki pekerjaan setelah lulus kuliah, kenapa anda tidak memcoba membuka lembaga kursus atau bimbingan belajar. 

Misalkan jika anda lulusan sarjana computer maka kenapa anda tidak membuka kursus computer, jika anda lulusan bahasa inggri kenapa anda tidak membuka bimbingan belajar bahasa inggris.

Jadi sembari mencari kerja anda bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan bisa menghasilkan uang. Dan bukan tidak mungkin jika bimbingan/tempat kursus dikelola dengan professional bukan tidak mungkin akan menjadi besar dan sukses.

Penulis: Remigius Nahal

Diskusi Bupati Manggarai Barat Mencari Pemimpin

Name

anak muda,2,Badung,1,Bali,135,Ben Senang Galus,2,Bencana Alam,2,Berita,186,Bhineka,2,Birokrasi,2,BNI,1,Bola,3,bom,1,Bom Bunuh Diri,3,Borong,4,BPJS,1,Budaya,34,Bung Karno,1,Bunuh Diri,4,Bupati Mabar,2,Camilian,1,Celoteh,6,Cerpen,202,Chelsea Islan,1,Chiristian Rotok,1,Daerah,647,Dana Desa,1,Dari Kami,3,Demokrasi,22,Denpasar,19,Desa,2,Destinasi,1,Diaspora,2,Dilan,3,Donny Isman,1,DPR RI,4,E-KTP,5,Editorial,30,Ekonomi,5,Ekspresi,1,Ende,6,Entrepreneur,1,Feature,35,festival Komodo,2,Film,7,Filsafat,2,Fitur,1,Flobamora Cup,1,Flores,10,Focus Discussion,1,FPI,1,Gantung diri,2,Gaya,1,gaya hidup,8,Gedged,1,Gempa,7,Gereja,3,Gereja Katolik,3,Gerindra,1,GMNI,4,Golkar,1,Gusti Dulla,1,HAM,2,Hand Phone,1,Hari Buruh,2,hari buruh internasional,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hiburan,27,HMPCK,1,Hoax,2,hukum,68,Human Trafficking,4,IBT Expo,1,Idul Fitri,1,IJM,1,IKEMAS CUP,7,Imlek,1,In-Depth,15,Indonesia,1,Indonesian Idol,8,Inspirasi,17,Internasional,17,Internet,2,Investasi,1,IPD,3,Iriana Jokowi,1,Ivan Nestorman,1,IYC Jatim,1,Jabar,1,JAD,1,Jakarta,5,Jatim,3,Jawa Tengah,1,Jawa Timur,4,JK,1,Jogja,2,Jogyakarta,3,Jokowi,18,JRUK Sumba,2,jurnalistik,3,Kalimantan,5,Kampanye,2,Kampus,3,Kapolri,1,Kar. Ilmiah,4,Karanganyar,1,Karya Sastra,308,Kata Mereka,2,KDRT,1,Keagamaan,6,kebakaran,4,kebudayaan,3,kecelakaan,2,Kecelakaan Lalu Lintas,2,Kediri,2,Kejadian. Jakarta,1,kejahatan,2,Kemahasiswaan,6,Kemanusiaan,55,kemenkominfo,1,Kemiskinan,2,kepala daerah,1,Kepemuaan,5,Kepemudaan,155,kepemudan,7,kerohanian,2,Kesehatan,5,Ketahanan Nasional,1,Keuangan,1,KNPI,2,Komodo,9,Komunikasi,1,Komunitas,5,Koperasi,1,Korban,1,Korupsi,55,KPK,11,KPU,1,Kreatif,1,Kriminal,52,Kritik Sastra,3,Kupang,25,Labuan Bajo,51,Lakalantas,11,Larantuka,1,Legenda,1,Lembata,2,Lifestyle,3,Lingkungan Hidup,13,Literasi,14,lombok,1,LP Cipinang,1,Luar Negeri,15,Mahasiswa,47,Makasar,6,Makassar,4,Malang,4,Manggarai,121,Manggarai Barat,21,Manggarai Timur,27,Marianus Sae,1,Marion Jola,3,Masalah Rokok,1,Masyarakat,1,Mataram,2,Maumere,7,Media,1,Media Sosial,3,Medsos,2,Mendikbud,3,Menkominfo,1,Milenials,102,MMC,1,musik,1,Narkoba,8,Nasional,351,Natal,18,Ngada,8,Novanto,2,Novel,16,NTT,346,Nyepi,2,Olahraga,13,Opini,554,Orang Muda,7,Otomotif,1,OTT,2,Padang,1,Papua,16,Pariwisata,26,Partai Politik,25,Pasangan,25,Paskah,2,pelajar,2,Pembangunan,5,pemerkosaan,1,Pemilu,19,Pemuda,3,Pencurian,2,Pendidikan,89,Penerbangan,4,penyanyi,1,Peradi,1,Perdamaian,1,Perempuan,19,Perindo,1,Peristiwa,1373,Pers,3,Perzinahan,1,Petani,1,Petrus Selestinus,1,Piala Dunia,1,Piala Oscar,1,pileg 2019,1,Pilgub,40,Pilkada,98,Pilpres 2019,25,PKRI,1,PKS,1,PMII,1,PMKRI,23,PMKRI Bogor,1,Pmkri Jogja,1,Poco Ranaka,1,Pojok Redaksi,32,Polisi,24,politik,89,Politikus,6,POLRI,8,PP PMKRI,1,Pristiwa,39,Prosa,1,PSK,1,Puisi,100,Puteri Indonesia,2,Radikalisme,1,Ratna Sarumpaet,4,Refleksi,9,reformasi,1,Regional,6,Religi,2,Remaja,1,Rensi Ambang,1,Riau,1,Ricuh,1,Rindu,1,Risma,1,Rizieq Shihab,7,Rote Ndao,2,Ruang Publik,14,Ruteng,30,RUU,1,Sabu,1,Sail Komodo,1,Sajak,14,Sam Aliano,1,Sastra,3,Sejarah,1,Sekilas Info,42,Sekolah,2,seleb,1,Selebritas,28,selingkuh,1,Sidoarjo,1,situs pornografi,1,Somasi,1,Sosial,3,Sosial Politik,1,Sosok,31,Sospol,35,Spesial Valentine,1,Start Up,1,Suara Muda,229,Sumba,8,Surabaya,36,Tahun Baru,10,Tarakan,1,Tata Kota,1,Teknologi,9,Tentang Mereka,68,Tenun Manggarai,1,Terorisme,14,Terorismes,4,TKI,4,TNI,1,TNK,1,Togar Situmorang,11,Tokoh,16,Tol Laut,1,Toleransi,2,Tour Jurnalistik,1,Ujian Nasional,1,UNITRI-Malang,1,Unwira,1,UU MD3,7,Valentine,2,Viral,3,Wisata,21,Wisuda,1,WNA,1,
ltr
item
MARJINNEWS.COM: Tamat Kuliah Jadi Pengangguran? Malu, Jadilah Sarjana Berguna, Ini Tipsnya
Tamat Kuliah Jadi Pengangguran? Malu, Jadilah Sarjana Berguna, Ini Tipsnya
https://2.bp.blogspot.com/-ksr7jOcgXhI/XGnCM07hUhI/AAAAAAAAElk/VbfMiquzLxUC5P0OXEeYx0XA649nNQ-2ACLcBGAs/s320/7%2BFakta%2BYang%2BMenyebabkan%2BBanyaknya%2BLulusan%2BSarjana%2BYang%2BMenganggur%2BDi%2BIndonesia.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ksr7jOcgXhI/XGnCM07hUhI/AAAAAAAAElk/VbfMiquzLxUC5P0OXEeYx0XA649nNQ-2ACLcBGAs/s72-c/7%2BFakta%2BYang%2BMenyebabkan%2BBanyaknya%2BLulusan%2BSarjana%2BYang%2BMenganggur%2BDi%2BIndonesia.jpg
MARJINNEWS.COM
http://www.marjinnews.com/2019/02/tamat-kuliah-jadi-pengangguran-malu-jadilah-sarajana-berguna-berikut-tipsnya.html
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/2019/02/tamat-kuliah-jadi-pengangguran-malu-jadilah-sarajana-berguna-berikut-tipsnya.html
true
971126874416220402
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy