Rumah Dilalap Api, Komunitas KNB Berikan Bantuan
Cari Berita

Rumah Dilalap Api, Komunitas KNB Berikan Bantuan

23 February 2019

Foto: Dok. Pribadi
DENPASAR, marjinnews.com  – Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak mungkin ini pepatah yang tepat untuk menggambarkan nasib warga miskin yang tinggal di perumahan bedeng di daerah Banjar Rangkan Sari Suwung Kauh, Denpasar Selatan, Kota Denpasar. 

Pasalnya 50 Kamar Kost yang dihuni 65 jiwa ini tiba-tiba hangus terbakar di lalap si jago merah pada Kamis (20/02/2019) pukul 09.00 wita. Sebagian korban yang hartanya tidak bisa diselamatkan berprofesi sebagai buruh angkut pasir. Dari 65 Jiwa yang rumah tinggal terbakar ada satu orang bayi dan anak-anak usia balita dan sisanya orang deawasa yang kini harus merasakan dinginnya malam dengan membuat tenda beralaskan terpal di sebuah lapangan.

Tergerak untuk membantu meringankan beban warga yang harta bendanya ludes terbakar. Komunitas Keimbang Ngemis Bali pada hari Jumat (22/02/2019). Tim relawan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali secara sukarela berduyun-duyun datang ke lokasi warga di tenda pengunsian dibarat Supermarket Mitra 10 Jalan By Pass Ngurah Rai Denpasar. 

Malam itu, relawan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali membawa bantuan berupa nasi bungkus untuk santap malam, kasur untuk alas tidur, handuk, selimut hangat. Sarung, baju dan celana layak pakai. Tidak ketinggalan lampu emergency panel surya dibawakan ke lokasi pengunsian sementara. Warga yang mengungsi hanya mengandalkan lilin untuk penerangan di pengungsian. 

Kedatangan Tim Relawan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali disambut haru warga miskin disana. Mereka juga membantu tim relawan KNB menurunkan bantuan dari mobil salah seorang relawan yang bertugas. Salah seorang Koordinator Aksi Komunitas Ketimbang Ngemis Bali, Muhammad Imran Syaban yang ditemui dilokasi pegungsian warga mengatakan bahwa ia mengetahui kejadian kebakaran dari berita yang ditayangkan di social media. 

Menurutnya, bantuan yang diberikan komunitas KNB merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk meringankan beban warga yang kehilangan harta bendanya.

“Kami mengetahui info rumah warga kurang mampu ini dari berita online, mudah- mudahan bantuan yang kamiberikan bisa meringankan beban mereka, dan bentuk dukungan moriil agar warga dapat segera bangkit serta dapat beraktifitas kembali seperti sediakala” pungkas pria berkaca mata itu.

Laporan: Herdian Armandhani
Kontributor Wilayah Denpasar, Bali