Meriahkan Valentine Day, Divisi Akademis IKAMAYA Gelar Sayembara Menulis
Cari Berita

Meriahkan Valentine Day, Divisi Akademis IKAMAYA Gelar Sayembara Menulis

MARJIN NEWS
17 February 2019

Foto: E. Theresa/MarjinNews

YOGYAKARTA, marjinnews.com - Mengisi moment Hari Kasih Sayang atau Valentine Day yang jatuh setiap tanggal 14 Februari, Divisi akademis Ikatan Keluarga Manggarai Raya Yogyakarta (IKAMAYA) menggelar sayembara menulis.

Kegiatan ini mengusung tema, “ Biarkan Aku Menulis untuk Valentine.”

Adapun yang terlibat dalam sayaembara kali ini adalah masyarakat Manggarai yang berada atau sedang belajar di Yogyakarta.

Pelaksanaan lomba dibagi dalam tiga  tahap yaitu pertama adalah tahap pengumpulan naskah yang dilaksanakan pada tanggal 1-10 Februari. 

Tahap kedua yaitu pengumpulan hasil lomba yang dilaksanakan pada tanggal 10-14 Februari.

Kemudian tahap seleksi naskah dan tanggal 15 Februari adalah  pengumuman hasil lomba.

Berdasarkan informasi yang diperoleh MARJINNEWS.COM dari divisi akademik IKKAMAYA, jumlah peserta yang ikut dalam syaembara menulis ini ada 15 orang peserta.

Peserta ini dibagi dalam dua kategori yaitu kategori Cerpen ada 7 dan kategori Puisi ada 21.

Dari 21 karya yang dikumpul peserta, telah dipilih 6 karya terbaik masing-masing terdiri dari 3 karya terbaik Puisi dan 3 karya terbaik Cerpen.

Untuk diketahui, Juri dalam perlombaan menulis kali ini adalah Serafin Letuna dan Stefania Helmon.

Serafin sendiri adalah Mahasiswa S2 Program Studi Ilmu Religi dan Budaya, USD. Sedangkan Stefania Helmon adalah mahasiswa program magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, USD.

Berdasarkan keputusan juri melalui penilaian dan seleksi bersama, keluar sebagai juara untuk kategori puisi adalah, untuk juara satu puisi  dimenangkan oleh Hildegardis Astrin, juara dua dimenangkan oleh Juliyano Gegalino Warut, dan juara tiga oleh Saverinus  Kurniawan Teso.
Selanjutnya untuk kategori Cerpen, juara satu dimenangkan oleh Laurensia Oktafiani Angul, juara dua Angela Seriang dan juara tiga Romana Edit Teresa.

Sebagai bentuk penghargaan atas keterlibatan peserta lomba dan bentuk apresiasi terhadap karya terbaik mereka, divisi akademik IKAMAYA memberikan hadiah dan sertifikat.

Pemberian hadiah dan sertifikat ini dilaksanakan pada hari ini, Minggu, 17 Februari 2019, bertempat di Marga PMKRI Cabang Yogyakarta. 

Kegiatan ini sekaligus juga dengan konsolidasi pengurusan baru IKAMAYA dengan orangtua Manggarai di Yogyakarta.

Alan Hendriques sebagai Co akademik kepengurusan IKAMAYA saat dihubungi MARJINNEWS.COM sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Ia mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa Manggarai Yogyakarta. 

Apalagi, kata Alan, pengurus melihat ada banyak mahasiswa Manggarai di Yogyakarta yang mempunyai hoby dalam hal menulis.

Alan pun sangat berharap, agar kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan menulis bagi mahasiswa Manggarai pada umumnya.

Penulis: Edit Theresa
Editor: Remigius Nahal