Ingat! PELAKOR Bisa Dipidanakan, dan Kenali Jika Lakimu Sedang Selingkuh
Cari Berita

Ingat! PELAKOR Bisa Dipidanakan, dan Kenali Jika Lakimu Sedang Selingkuh

MARJIN NEWS
17 February 2019

Foto: Dok.Istimewa


SEKILAS INFO, marjinnews.com - Maraknya kasus suami selingkuh dan perebut laki orang (pelakor), menyita perhatian banyak kalangan.

Melalaui media online, banyak warganet yang memberikan simpati dan dukungan kepada korban baik berupa komentar maupun membagikan kiriman.

Doa karma menjadi doa terbanyak yang diberikan warganet lantaran mereka berfikir hanya Tuhan yang bisa menghukum keduanya.

Menurut seorang aktivis perempuan kota Semarang Jawa Tengah, Ninik Jumoenita, kasus perselingkuhan bisa dipidanakan.

“Kekerasan dalam rumah tangga dibagi menjadi empat, yaitu fisik, psikis, seksual dan penelantaran ekonomi. Bentuk kekerasan macam macam, salah satunya adalah perselingkuhan,” ungkapnya seperti dilansir Trbunjateng.com

Sebagian orang berfikir, bahwa kasus kekerasan dalam rumah tangga yang bisa dipidanakan hanyalah kekerasaan fisik dan seksual, sebab keduanya bisa dibuktikan dengan hasil visum.

Padahal menurut Staf Sekretariatan “Seruni” atau sebuah Pelayanan Terpadu Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan anak Berbasis Gender, Ninik Jumoenita, perselingkuhan merupakan tindak kekerasan.

“Perselingkuhan merupakan tindak kekerasan yang dapat menimbulkan guncangan psikis, keterpurukan, serta bisa membuat depresi korban,” tuturnya.

Ia membeberkan lebih lanjut, untuk dapat mempidanakan pasangan ke pihak kepolisian, harus menyertakan hasil pemeriksaan kejiwaan ke psikiater.

Apabila korban mengalami tekanan dan gangguan psikis akibat perselingkuhan, maka korban dapat menggugat ke pihak berwajib.

“Hal tersebut diatur dalam UU Nomor 23, tahun 2004 tentang penghapusan KDRT. Kemudian penjelasan kekerasan diatur dalam pasal 5. Sedangkan ancaman pidana diatur pasal 46,” pungkasnya. 

  1. 7 Ciri-Ciri Suami Selingkuh

Suami dinyatakan selingkuh bukan sekedar karena kamu sebagai istri merasa ia berbeda. Harus ada bukti nyata sampai seorang istri bisa mengatakan suaminya berselingkuh.

Memang bukan hal mudah untuk memastikan ini. Sebagian perempuan yang memiliki suami kelewat mapan malah memilih untuk tidak mencari tahu sekalipun mereka menemukan keganjalan dari sikap suaminya.

Kalau kamu saat ini mulai merasa suami berubah, ia berbeda dan tidak sehangat sebelumnya maka perhatikan ciri-ciri suami selingkuh yang berikut ini:

1. Saat tidak bersama, komunikasi tidak seintens sebelumnya


Saat jam kerja pasti kita sibuk dengan tugas kantor. Tapi kalau awalnya kamu dan pasangan sering chat dan saling berkabar namun tiba-tiba ia jadi tidak memberi kabar maka perhatikan.
Apa alasan dia jadi nggak intens menghubungi kamu saat kalian tidak bersama?

2. Tiba-tiba dia jaga jarak

Satu rumah, tapi gak sering bersama. Suami pasti tidur sekamar dengan istrinya. Kalau biasanya seperti ini dan tiba-tiba dia jaga jarak sampai tidak tidur di kamar yang sama lagi, tanya kenapa ini bisa terjadi?

3. Bersama tapi kamu merasa asing

Makan malam bersama, nonton televisi bersama, tapi kenapa kamu terus-menerus merasa kesepian?

Semuanya terasa hambar dan menyedihkan.

Kamu patut menanyakan kepadanya kenapa saat ini terasa berbeda. Kenapa dia tidak menatap kamu lagi saat bicara denganmu.

4. Penampilannya berubah 

Sebelumnya tidak peduli dengan kemeja yang dipakai, cuek dengan model rambut, tidak mencukur kumis dan jenggot secara rutin.
Lalu tiba-tiba penampilannya berubah, ia marah ketika baju kerjanya tidak disetrika sampai licin.

Seringkali sebelum pergi memilih pakaian sampai menghabiskan beberapa waktu. Aneh nih!

5. Mudah tersinggung

Bisanya dia santai saja dengan sikap dan keputusan yang kamu buat. Tapi kalau tiba-tiba dia mudah tersinggung, mudah ngambek, maka tanyakan kenapa dia mudah merasa tidak nyaman dengan apapun yang kamu perbuat.

6. Posel menjadi teman tidurnya

Nggak aneh sih kalau orang dewasa saat ini begitu lekat dengan smartphone. Itu sudah jadi barang pribadi yang paling sering kita cek.

Tapi sangat aneh kalau ponsel menjadi teman tidurnya, terus-menerus dipegang dan benar-benar penuh rahasia.
Apa lagi kalau ke kamar mandi saja juga tetap dibawa-bawa smartphonenya. Aduh, kenapa sih?

7. Ia lebih suka membicarakan orang lain dibanding membicarakan tentang kalian berdua

Biasanya kamu dan dia sering membahas kegiatan kalian masing-masing. Saling menceritakan apa rencana yang akan dilakukan esok hari.

Agak aneh kalau tiba-tiba dia tidak menunjukkan ketertarikan setiap kamu kamu ajak ngobrol tentang kegiatan kalian. Dia malah lebih antusias saat menceritakan teman-temannya.

Bahkan akan semakin terasa aneh kalau dia chat dengan orang lain saat kamu bercerita.

Itulah ciri-ciri suami selingkuh yang paling mendasar. Meski ini bukan tanda yang baku tapi bisa dijadikan penilaian. Jangan sampai kecolongan ya, Ma!(*)

Dirangkum dari berbagai Sumber
Editor: Remigius Nahal