Warga Kecamatan Satar Mese di Bali Menggelar Nataru Bersama
Cari Berita

Warga Kecamatan Satar Mese di Bali Menggelar Nataru Bersama

MARJIN NEWS
27 January 2019

Foto: R. Nahal/ Marjin News

DENPASAR, marjinnews.com – Warga Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) di Bali yang bergabung dalam Paguyuban  Ikatan Keluarga Kecamatan Satar Mese (IKKSAM) Bali menggelar acara Natal dan Tahun Baru (NATARU) bersama pada Sabtu, 26 Januari 2019 bertempat di gedung Serbaguna Partai Perindo Bali jalan Gatsu Barat, Denpasar.
Acara yang digerakan oleh Himpunan Mahasiswa Satar Mese Timur (HIMASTI) dibuka dengan perayaan misa kudus.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Ikatan Keluarga Manggarai (IKKMAR) Bali, Frans Papur dan para tamu undangan lainnya.

Suasana acara diwarnai budaya dan kesenian Manggarai yang kental. Tenun ikat songke yang dikenakan oleh warga yang hadir bersama sesepuh ditambah juga dengan atraksi tarian adat Manggarai menjadi simbol.

Dalam sambutannya, Koordinator Kecamatan Satar Mese, Ferdy Dasim mengajak seluruh warga Satar Mese di Bali untuk yang baru datang agar segera mendaftarkan diri di Koordes atau koorwil masing-masing. Hal ini lebih ditekankan kepada anak muda. Lebih lanjut Ferdy Dasim menerangkan, NATARU yang digelar ini merupakan yang perdana dilaksanakan oleh IKB Satar Mese setelah Ikatan Keluarga Satar Mese Barat membentuk paguyuban sendiri
.
Sementara Ketua IKKMAR Bali, Frans Papur mengingatkan, agar sesama warga perantuan khususnya yang bergabung di dalam paguyuban IKKSAM ini untuk bergotong royong. Sebab, menurut Frans Papur, IKKMAR yang dipimpinnya telah melakukan itu.

‘’Sebesar apapun itu. Itulah pentingnya berorganisasi, ’’tegasnya.
Frans Papur berharap, agar IKKSAM terus menjalin kerja sama yang bagus dengan Unit-unit mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga ke Flobamora. Untuk Muda-Mudi, kata Frans Papur harus satu dalam sub Kepemudaan yang telah dibentuk oleh IKKMAR yaitu Muda-Mudi IKKMAR Bali agar terus memiliki semangat kebersamaan.

Frans Lumen sesepuh dari IKKSAM Bali dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi kegiatan Nataru ini. Frans mengaku bangga, karena penggerak acara ini sepenuhnya adalah mahasiswa yang berasal dari Satar Mese.
‘’Kedepan yang mengurus IKKSAM Bali adalah orang muda. Kami sebagai orang tua juga sangat mendukung, jika anak muda memiliki kreasi yang berdampak posistif. Apapun itu,’’ tuturnya.

Penulis: Remigius Nahal