PSI Manggarai Kampanye Kurangkan Sampah Plastik
Cari Berita

PSI Manggarai Kampanye Kurangkan Sampah Plastik

MARJIN NEWS
18 January 2019

Foto: Dok.Istimewa

RUTENG, marjinnews.com - Manusia dan alam adalah sebuah kosmos yang tak terpisahkan. Tindakan manusia akan berpengaruh pada lingkungan, demikian juga proses alamiah yang terjadi pada lingkungan hidup akan berakibat langsung pada daya hidup manusia.

Demikian Urain prinsip penghormatan ekologis Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang kemudian menjadi dasar kampanye Gerakan #PSIPeduliLingkungan yang digelar Jumat (13/01) di tempat perbelanjaan yang ada di seputaran Kota Ruteng, lebih khusus mendatangi  tempat jualan gorengan.

Gerakan yang dilakukan PSI Manggarai bertujuan untuk mendukung lingkungan yang bersih di Manggarai khususnya di Ruteng. 

“Sebagaimana informasi yang kita dapat bahwa Kota Ruteng termasuk salah satu kota terkotor di Indonesia. Karena itu kami coba kampanyekan lingkungan yang bersih. Fokus  kami pada sampah dari plastic,“ demikian disampaikan Thomas Hikmat, Pjs. Ketua DPD PSI Kab. Manggarai. 

Kegiatan ini diikuti oleh Pengurus Dewan Pimpinan Daerah, calon legislative, dan simpatisan PSI Kabupaten Manggarai.

Kampanye dilakukan dengan cara pawai keliling dengan rute melewati hampir seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Langke Rembong. 

“Kami melakukan  konvoi keliling dimulai dari Sekret DPD PSI di Hombel/Mbaumuku – Karot – Pitak – Terminal Mena – Dongang – Pasar Puni – Watu- Tenda- Carep- Terminal Carep- Kumba dan finis di Sekret. Kami sampaikan kepada penjual agar kurangi penggunaan plastic. Kami tawarkan kresek dari koran bekas yang sudah kami siapkan,” lanjut Thomas.

Koran bekas yang dijadikan alternatif ini diolah oleh kader dan simpatisan PSI Kabupaten Manggarai. 

“Orang muda tentunya memiliki kreativitas. Dan kami bersyukur yang tergabung dalam kegiatan ini dari latar belakang pengalaman yang berbeda-beda. Ada seniman, enterpreuner, petani, jurnalis. Kolaborasinya menghasilkan terobosan kampanye bentuk lain lawan tingginya sampah di Kota Ruteng,” komentar Rikard Sumbi, calon legislative PSI.

Kampanye pengurangan sampah plastic hanya satu contoh dari banyak jenis kampanye peduli lingkungan. PSI melalui kegiatan ini berharap agar masyarakat khususnya yang ada di Kota Ruteng peduli dengan lingkungan yang bersih. 

“Momen ini adalah momen baik bagi kami untuk dikenal masyarakat. PSI dalam satu prisipnya khusus memuat tentang penghormatan ekologis. Itu artinya menjadi tugas kami dan juga tugas semua kita untuk menjaga lingkungan,” ujar Thomas Hikmat. 

“Kita berharap para penjual memiliki tanggung jawab terhadap sampah dan pikiran mereka bisa berorientasi pada sampah yang ramah lingkungan," tambahya.

Gerakan #PSIPeduliLingkungan ini menjadi momen membuka mata semua pihak agar semakin peduli lingkungan bersih demi terwujud Kota Ruteng Bersih. (RN/MN)