Pinc Friday, Ekspresi Mempertajam Jiwa Entrepreneur Komunitas Anak Muda Surabaya
Cari Berita

Pinc Friday, Ekspresi Mempertajam Jiwa Entrepreneur Komunitas Anak Muda Surabaya

17 January 2019

Panitia Pinc Friday (Foto: Dok. Pribadi)
SURABAYA, marjinnews.com - Beberapa tahun belakangan orang muda semakin gencar dibicarakan secara terbuka di ruang-ruang publik masyarakat Indonesia. Beragam topik tentang anak muda meramaikan ruang diskursus yang tidak pernah habis-habisnya dilihat, dianalisis lalu ditelaah dari berbagai macam sudut pandang. 

Banyak masukan bernilai konstruktif yang membangun, namun tidak sedikit juga yang ragu dengan kemampuan anak-anak muda Indonesia yang bagi sebagian orang tampak semakin hedonis, lebih suka menyendiri dan enggan terlibat langsung dengan masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Namun, apakah benar demikian? Ternyata tidak melulu demikian. Hal ini dijawab oleh sekelompok anak muda di Kota Surabaya yang pada Jumat (18/1/2019) besok akan menggelar even bertajuk "Pinc Friday" di Omah Jaman Now yang terletak di Jl. Bali No. 24, Surabaya. Pinc Friday sendiri merupakan sebuah even yang mengkolaborasikan beberapa komunitas di Surabaya yaitu Joss Market, Omah Jaman Now, House of Vintage, Trouble Monster, Ciphoc, dan Airlangga Photography Society. 

Event Pinc Friday ini menurut panitia penyelenggara yang dihubungi marjinnews.com diharapkan dapat mengangkat dan memberikan ruang bagi komunitas-komunitas kreatif anak muda khususnya di bidang enterpreneur agar lebih diakui dan juga dikenal oleh masyarakat. Menurut mereka, event ini adalah salah satu cara untuk mempertegas peran penting komunitas kepada masyarakat bahwa komunitas apapun pasti juga dan akan memberikan sumbangsih yang besar untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

"Kami percaya bahwa perjuangan pemuda melalui kegiatan berkomunitas adalah suatu aksi konkrit untuk membangun generasi muda Indonesia yang lebih aktif, solutif, dan kreatif untuk memberikan perubahan positif bagi Bangsa Indonesia" Jelas Nadya Sukma Batubara, Humas Pinc Friday kepada marjinnews.com pada Kamis (17/1/2019) siang. 

Ketika ditanya soal keterkaitan Pinc Friday dengan kondisi perpolitikan tanah air hari ini, Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya ini menjelaskan bahwa tujuan awal kegiatan tersebut merupakan untuk merangkul semua anak-anak muda seluruh Kota Surabaya bukan hanya untuk bergabung tetapi harus sampai kepada tahap mereka menyadari kemampuan mereka dan mengembangkannya bersama komunitas terkait. 

"Pinc Friday diadakan di Surabaya dengan mengkolaborasikan segala macam bidang komunitas termasuk seni, edukasi, maupun sosial. Acara ini akan menjadi ajang untuk mempengaruhi anak muda sekaligus sebagai wadah yang bertujuan mengembangkan kemampuan mereka dalam berbagai bidang. Bukannya kami anti politik, tetapi kami hanya ingin tujuan awal kegiatan ini tidak keluar jalur" terangnya.

Adapun beberapa mata acara yang akan ditampilkan pada event ini yaitu Bazaar, Music Performance, Dance Performance, Talkshow & Photography Exhibition, Charity, serta hiburan Musik dari Guest Star dalam kota. Jumlah target audience pada event ini yaitu 250 orang. 

Nadya melalui pesan WhatsApp pun berpesan agar siapa saja anak muda yang memiliki perhatian besar terhadap dunia entrepreneurship agar bisa bergabung bersama mereka dalam event tersebut. Menurutnya, event ini akan menjadi sangat penting ketika banyak anak muda tidak hanya menjadi penonton tetapi juga menjadi aktor di balik kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang dengan mengoptimalkan peran komunitas anak muda di Kota Surabaya. (AA/MN)