Lestarikan Budaya Manggarai, IKEMAS Gelar Festival Caci
Cari Berita

Lestarikan Budaya Manggarai, IKEMAS Gelar Festival Caci

MARJIN NEWS
5 January 2019

Foto: Dok. Pribadi


SURABAYA, marjinnews.com - Ikatan Keluarga Manggarai Surabaya, Gresik dan Sidoarjo (IKEMAS) kembali menggelar event bertajuk Manggarai Fest II 2019 yang akan diisi dengan berbagai macam pentas budaya. Manggarai Fest sendiri merupakan sebuah event tahunan yang sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu. 

Dalam pelaksanaannya, Manggarai Fest ini melibatkan Kilo Koe (Keluarga Kecil) dan seluruh komponen masyarakat dari tiga kabupaten di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merantau atau pun sudah berdomisili di tiga wilayah di Jawa Timur.

Pada pergelaran Manggarai Fest II tahun ini kemasannya agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika pada 2018 lalu event tersebut menampilkan tiga mata acara sekaligus dalam satu pergelaran seperti pentas budaya, pelantikan kepengurusan dan misa enkulturasi, kali ini akan dibagi menjadi dua bagian saja, pentas budaya dan misa enkulturasi.

Menariknya, pentas budaya dalam Manggarai Fest II IKEMAS ini rencananya akan menampilkan Tarian Caci yang akan diselenggarakan di Lapangan Bogowonto, Wonokromo Surabaya, Jawa Timur (06/01). Menurut wakil bidang budaya IKEMAS yang juga menjadi wakil ketua panitia dalam acara tersebut, Sipri, menjelaskan bahwa pementasan Tarian Caci merupakan jawaban atas kerinduan masyarakat IKEMAS atas diselenggarakannya pergelaran tarian khas daerah Manggarai itu di Jawa Timur.

"IKEMAS pernah menggelar tarian caci kala diundang Wali Kota Surabaya beberapa tahun lalu. Namun, karena kita diundang hanya sebagai pengisi acara dalam undangan tersebut, maka Caci hanya ditampilkan sepintas. Ini membuat nilai seninya tidak tampak. Sehingga, untuk menjawab kerinduan masyarakat IKEMAS itu, pihak pengurus kemudian  menyepakati bahwa Caci harus menjadi pergelaran utama Manggarai Fest II 2019 ini," jelas Sipri kepada marjinnews.com beberapa waktu lalu.

Festival budaya ini diperkirakan akan diikuti oleh ribuan masyarakat Manggarai.

Dari informasi yang dihimpun, tarian caci ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan natal dan tahun baru 2019.

Foto: Dok. Pribadi


Selain acara pentas caci, dalam jadwal yang diterima wartawan, akan diadakan misa enkulturasi di Gereja Sakramen Maha Kudus (SMK) keuskupan Surabaya minggu, (13/01). Misa tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara yang dijadwalkan panitia. 

Lebih lanjut Ketua Panitia Manggarai Fest II 2019, Yohanes Habur kepada wartawan menjelaskan bahwa rangkaian acara bernuansa budaya seperti pementasan Tarian Caci dan Misa enkulturasi merupakan bagian dari upaya IKEMAS melestarikan budaya Manggarai di mana pun kita berada, termasuk di Jawa Timur. 

"Pementasan tarian Caci sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa. Selain itu kegiatan ini membuat kita semakin mempererat tali persaudaraan antara kita sesama warga Manggarai yang berasal dari berbagai latar belakang di tanah kelahiran kita. Sementara bagi pemain Caci ini diharapkan mampu menampilkan pentas Caci bernilai seni tinggi yang menjunjung tinggi sportivitas," ujar Yohanes saat ditemui di Lapangan Bogowonto, Surabaya pada Sabtu (5/1) malam. (AA/MN)