Kehidupan Sampah dalam Lensa Mahasiswa UNITRI
Cari Berita

Kehidupan Sampah dalam Lensa Mahasiswa UNITRI

Tini Pasrin
7 January 2019

Foto bersama panitia selepas acara

Malang, marjinnews.com-  Berbagai macam cara dilakukan setiap orang yang peduli terhadap lingkungan untuk menyadarkan sesama akan pentingnya kebersihan. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi pun menggelar acara yang cukup unik memamerkan karya foto mengenai sampah.

Turun ke taman Merjosari sebagai salah satu tempat pusat kegiatan warga baik untuk berolahraga atau sekedar santai dirasa tepat untuk memamerkan hasil foto puluhan mahasiswa tersebut.

Mengangkat tema “Kehidupan Sampah”  yang bertujuan meramu kepedulian terhadap sampah di Indonesia terlebih khusus di Malang itu ternyata mampu menarik minat banyak pengunjung.

Ada foto pemulung sedang mencari botol plastik, kucing putih  diatas kotoran TPS (Tempat Pembuangan Sampah)  hingga lalat bertebaran mengerubungi sampah menjadi objek yang dipajang rapi dalam koran bekas  yang dibentuk sesuai ukuran foto.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 06 Januari 2019 ini dimulai pukul 05.00 WIB dan dibuka dengan beberapa penampilan yang menarik seperti dance daerah, nyanyian hingga musik Kalimantan.

Beberapa mahasiswa pun ada yang mengenakan baju adat daerah  yang menambah semarak pergelaran acara tersebut.
foto: Beberapa mahasiswa membawakan dance daerah

Selain menyiapkan foto-foto berkualitas yang terlebih dahulu diseleksi oleh dosen mata kuliah Dasar-Dasar Fotografi  Bapak Ghofur, panitia sudah menyiapkan beberapa orang untuk menjelaskan detail pengambilan gambar dan berdiskusi serius dengan pengunjung mengenai masalah sampah dari berbagai sudut pandang.
Foto: Erlin Novita Husen sedang berbincang dengan pengunjung.

 “Semoga kegiatan ini bisa memberi gambaran pada orang-orang akan baik dan buruknya sampah itu sendiri. Kita semua juga diharapkan sadar akan kebersihan lingkungan, kan enak tuh kalau misalnya lingkungan bersih, hidup pun jadi sehat.” Ungkap CEO Sie Acara Erlin Novita Husen.

Ketua pelaksana Handrianus Siga Sorha lebih jauh menerangkan bahwa kegiatan ini lebih dari sekedar mendapat nilai baik dari dosen.

"Kami juga berharap kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang memperoleh nilai bagus dari dosen. Melainkan juga bisa menjadi motivasi bagi teman-teman dan masyarakat agar benar-benar peduli terhadap kehidupan sampah."Terangnya.

foto:Mahasiswa berselfie ria dengan komunitas "I'AM A TRASH HERO"
Setelah memungut sampah  di sekitar Taman Merjosari dengan komunitas "I'AM A TRASH HERO" yang turut hadir dalam pameran tersebut, kegiatan ditutup dengan foto dan santap siang bersama.(Tini Pasrin/MN)