Hadapi Tantangan Global, Siswa SMA St. Klaus Kuwu Gelar Kelas Inspirasi Alumni

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Hadapi Tantangan Global, Siswa SMA St. Klaus Kuwu Gelar Kelas Inspirasi Alumni

MARJIN NEWS
14 January 2019

Foto: Marjin News

RUTENG, marjinnews.com – Lembaga pendidikan SMA St. Klaus Kuwu menggelar kegiatan yang berjudul "Kelas Inspirasi Alumni" di Aula St. Klaus, pada Sabtu (12/1/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswa kelas XII dalam menghadapi dunia kuliah dan kerja. Alumni yang hadir dalam kegiatan tersebut datang dari berbagai latar belakang ilmu, baik utu dari ilmu kedokteran, keguruan, farmasi, perawat, ilmu politik maupun juga humaniora. Selain dari berbagai latar belakang ilmu, ada juga alumni yang bergelut di bidang keorganisasian dan wirausaha. 

Hal ini dibenarkan oleh koordinator alumni, Hera Pait saat ditemui wartawan media ini di tempat berlangsungnya kegiatan kelas inspirasi alumni tersebut.

"Hari ini, beberapa teman-teman alumni memang sengaja datang di lembaga pendidikan ini untuk menyelenggarakan kelas inspirasi alumni dengan adik-adik yang masih mengenyam pendidikan di lembaga pendidikan ini," kata Hera Pait.

Mewakili teman-temannya, koordinator alumni, Hera Pait mengungkapkan rasa bangganya karena SMA St. Klaus Kuwu sudah memberi kepercayaan kepada alumni untuk memberi bekal yang baik untuk siswa-siswi kelas XII.

“Kami sangat bersyukur karena ada kesadaran bersama untuk memberi bekal kepada adik-adik di lembaga pendidikan ini dalam mempersiapkan diri ke tahap berikutnya. Hal ini tentunya sangat penting karena kami juga pernah merasakan keresahan yang sama tentang the next step setelah menamatkan diri dari SMA," tukas Hera.

Lebih lanjut, koordinator alumni, Hera Pait menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memberi gambaran tentang dunia perkuliahan dan juga memotivasi adik adik di lembaga pendidikan ini untuk lebih semangat dalam belajar.

“Jadi kelas inspirasi ini dibuat untuk memotivasi adik-adik kelas dua belas St. Klaus untuk bisa mengetahui tentang pilihan dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Jadi, dengan berbagai informasi mengenai pilihan kuliah bisa menjadi gambaran untuk adik-adik di sini," ujar Hera Pait .

Hal ini, menurutnya, berangkat dari pengalaman kami saat  kelas tiga SMA. Saat itu, kami masih bertanya-tanya mengenai jurusan dan juga tempat untuk kuliah. Karena itu, dengan adanya kegiatan hari ini, besar harapannya bila adik-adik kami memiliki gambaran tentang dunia perkuliahan.

“Pada intinya kegiatan ini bersifat memotivasi adik-adik kelas duabelas untuk memantapkan diri mengambil jurusan yg ditempuh dan bertanggung jawab dengan pilihan tersebut sehinga akan berguna dalam perkembangan pribadi dan masyarakat luas," tutup Hera Pait.

Semantara itu, Ketua OSIS SMA St. Klaus, Refli Jerubu mengatakan, kegiatan sperti yang dilakukan oleh alumni ini tentunya sangat bermanfaat bagi pilihan hidup kami setelah menamatkan diri dari lembaga pendidikan SMA St. Klaus ini.

"Tidak pernah terpikirkan oleh kami, bahwa setelah menamatkan diri dari SMA kita akan dihadapkan di lingkungan yang sangat berbeda. Kami diberi pencerahan tentang bagaimana memilih jurusan saat kuliah, bergabung dengan organisasi, tips beradaptasi di tempat baru bahkan sampai hal-hal kecil seperti memilih tempat tinggal," terang Refli Jerubu.

“Bahkan, ada juga tips-tips yang diberikan untuk teman-teman yang kesulitan untuk melanjutkan kuliah karena kesulitan ekonomi. Ya, ada tips mencari beasiswa, juga tentang usaha kecil-kecilan,” tegas Refli Jerebu. (*)