Serpihan Surga di Kaki Gunung Amegelu Nagekeo

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Serpihan Surga di Kaki Gunung Amegelu Nagekeo

MARJIN NEWS
18 December 2018

Gambar: Ilustrasi


WISATA, marjinnews.com- Pulau Flores seakan tidak kehabisan kisah tentang keindahan alamnya, dari deretan tempat wisata yang sudah terkenal di kancah Nasional hingga Internasional, terdapat pula tempat wisata lainnya yang masih belum dikenal publik secara luas.

Kabupaten Nagekeo merupakan salah satu daerah yang mendiami pulau Flores bagian tengah dengan ibu kota kabupatennya adalah Mbay. Kabupaten Nagekeo juga tidak kalah dengan Kabupaten lainnya di daratan Pulau Flores yang menyimpan segudang tempat yang indah untuk memanjakan mata dan menenangkan hati anda. 

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Kabupaten Nagekeo terdapat Surga yang bersembunyi di bawah kaki Gunung Amegelu. Tempat yang indah itu di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Air Terjun Ngabatata.
Air Terjun Ngabatata




Air Terjun ini berada di desa Rendubutowe kecamatan Aesesa Selatan dengan ketinggian 80 meter. Air terjun Ngabatata menyimpan keindahan yang luar biasa. Walau akses menuju tempat ini tidak mudah tapi keindahannya akan membalas keletihan anda.

2. Kampung Adat Kawa
Kampung Adat Kawa



Kampung adat ini berada di Desa Labolewa Kecamatan Aesesa dan masih di sekitar kaki gunung Amegelu dengan jarak dari air Terjun Ngabatata 2 km ke arah utara. Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki sambil menikmati padang sabana yang begitu indah di sekitarnya. Kampung adat ini masih sangat alami dengan menyimpan segala kekayaan warisan budayanya. 

3. Kampung Adat Labo

Kampung Adat Labo


Kampung adat Labo berada di Boazea Desa Labolewa kecamatan Aesesa. Kampung adat ini juga menyimpan segudang kekhasan warisan budaya dan tepat pula berada di sekitar kawasan kaki gunung Amegelu, kampung adat Labo berada tepat di jalan utama menuju tempat wisata air terjun Ngabatata.

Rasanya kurang lengkap bila Anda berkunjung ke air terjun Ngabatata tanpa mengunjungi dua kampung adat tersebut, karena selain menyimpan keindahan rumah adat dengan design alami, akses antara ketiga tempat ini juga saling berhubungan satu sama lain karena semuanya berada di bawah kaki Gunung Amegelu

Akses menuju ketiga tempat wisata ini memang tidak mudah Anda tempuh  karena infrastruktur jalan yang  kurang diperhatikan, tetapi Anda akan dipuaskan dengan panorama keindahan yang tiada taranya.

Wisata pendukung lainnya yang ada di sekitar adalah kapal peninggalan Portugis ketika melakukan penyebaran agama Katolik di Flores bagian tengah. Bertempat di Bo'a Ngaji desa Labolewa,  ada pula Watu Go yaitu sebuah batu yang berirama seperti gong , dalam satu batu tersebut setiap sisinya terdapat irama yang berbeda beda seperti irama gong. batu tersebut terdapat di Bo'ago desa Labolewa. 

Watu Go

Semoga beberapa tempat wisata di atas menjadi tempat alternatif liburan Anda dan keluarga. 


Oleh: Rus Lepe/Marjinnews.com