Resmi Dilantik, Konradus Komit Bawa Desa Nggalak Menuju Desa yang "Baris"
Cari Berita

Resmi Dilantik, Konradus Komit Bawa Desa Nggalak Menuju Desa yang "Baris"

MARJIN NEWS
10 December 2018

Konradus Dain. (Foto: Ist)

RUTENG, marjinnews.com - Sembilan Kepala Desa (Kades) hasil Pilkades serentak 2018 di Kabupaten Manggarai dan satu Kades jabatan antara waktu yang berasal dari Kecamatan Lelak resmi dilantik. 


Bertempat di Aula MCC Ruteng, pada Sabtu (8/12/2018) pagi, 10 Kades ini dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wakil Bupati Manggarai Drs. Viktor Madur disaksikan oleh Forkompimda Manggarai, para asisten Bupati dan Kepala OPD Manggarai serta keluarga dari para Kades.

Salah satu Kades yang dilantik atas nama Konradus Dain menyampaikan apresiasi terhadap Wabup Madur yang telah melantik 10 Kades baru di Kabupaten Manggarai.

Kades Konradus yang merupakan Kepala Desa Nggalak Kecamatan Reo Barat  mengatakan bahwa sejauh ini,
belum ada yang luar biasa dari desa Nggalak.

"Sejauh ini belum ada yang luar biasa dari Desa Nggalak , karena itu saya berkomitmen untuk memajukan desa Nggalak pada masa kepemimpinan saya," ungkap Konradus.

Dalam masa kepemimpinannya nanti, Kades Konradus Dain berjanji akan membawa desa Nggalak menuju Desa 'BARIS'.

Desa BARIS kata Kades Konradus yakni desa yang Bersih, Rapi, Indah dan Sehat.

"Indonesia hari ini harus dibangun dari desa. Ini sejalan dengan program dari pemerintah. Dan sebuah desa itu harus menjadi desa 'BARIS', yaitu desa yang bersih, rapi, indah dan sehat," tutur mantan Ketua Gapotan Desa Nggalak itu.

Dikatakan Konradus, Nggalak merupakan sebuah desa dengan potensi yang sangat tinggi. 

Oleh karena itu, sebagai Kepala Desa dirinya sudah merencanakan dan perencanaan itu akan segera direalisasikan untuk membangun desa Nggalak dari beberapa sektor di antaranya sektor pertanian, peternakan, dan perikanan. 

Untuk merealisasikan semua perencanaan tersebut, Kades Konradus sangat berharap kepada pemerintah pusat untuk tetap memberikan perhatian serius terhadap desa Nggalak seperti yang sudah dilakukan selama ini, khususnya pada pengadaan alat - alat untuk membantu masyarakat di daerah agraris, seperti traktor, rontok, mesin giling, dan sebagainya.

"Saya akan membangun desa Nggalak dari beberapa sektor. Khususnya di sektor pertanian, peternakan dan perikanan, ketiga sektor diatas ada pada Desa Nggalak. Saya juga berharap agar pemerintah pusat tetap memberikan perhatian serius terhadap Desa Nggalak seperti selama ini, khususnya kepada kelompok tani," jelas Konradus.

Konradus juga menjelaskan, dengan dijalankan pembangunan di beberapa sektor tersebut, desa Nggalak akan keluar dari kemiskinan.

Sementara untuk masalah di bagian infrastruktur yang belum dibangun di Nggalak, Kades Konradus berjanji akan dibangun pada masanya.

Wabup Madur dalam sambutannya saat pelantikan ke 10 Kades ini meminta agar bisa mengali semua potensi desa agar meningkatkan ekonomi masyarakat. Potensi desa harus digali secara baik guna dijadikan kekuatan memajukan masyarakat desa.

"Kerja sesuai ketentuan dan menjaga kebenaran administrasi dan kebenaran fisik. Gali dan kelola potensi-potensi yang ada di desa untuk kemakmuran masyarakat," kata Wabup Madur.

Ia menegaskan, kades harus memperhatikan disiplin aparaturnya dan siap menanggulang bencana di desa.

"Selalu siap dalam menanggulangi bencana banjir dan tanah longsor kalau terjadi di desa," papar Wabup Madur.

Penulis : Gregorius Y. Setiawan
Editor: Remigius Nahal