Perhimpunan Pemuda-Pemudi Papang dan Ulubelang: Mulai dari Baksos, Kreasi hingga Mencegah Anak Muda Menjadi TKI
Cari Berita

Perhimpunan Pemuda-Pemudi Papang dan Ulubelang: Mulai dari Baksos, Kreasi hingga Mencegah Anak Muda Menjadi TKI

31 December 2018


Foto:Pengurus Bersama Orangtua, Kedua Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan Anak Muda.
Manggarai, marjinnews.com – Berdasarkan keputusan bersama pemuda-pemudi Desa Papang dan Desa Ulubelang telah dilaksanakan pengukuhan pengurus Himpunan Pemuda-pemudi Desa Papang dan Desa Ulubelang pada 29 Desember 2018 bertempat di Papang, Satarmese, Manggarai, NTT.

Perhimpunan yang didirikan atas kesadaran potensi bakat dan minat juga wadah membangun desa menjadikan perhimpunan dari kedua desa yang bersebelahan ini disambut baik oleh berbagai pihak.

Bina akrab, pengukuhan pengurus, sekaligus merayakan Natal dan Tahun Baru bersama tersebut diadakan di salah satu rumah ketua perhimpunan, Yohanes Sandro.

“Acara peresmian ini dihadiri orangtua, kedua Kepala Desa, Tokoh Masyarakat Hironimus Sahur Anggota DPR Dapil Satarmese aktif dan anak-anak muda tentunya.” Terang Yohanes Sandro.

Perhimpunan yang memiliki 2 ketua; Guido Benyamin Lurus dan Yohanes Sandro dibentuk untuk mempermudah koordinasi.

Pengurus lain yang dikukuhkan seperti Yohanes Jemadu sebagai Wakil Ketua, Sekertaris Patrisius Fillo Norang, Benediktus Canggut yang memegang jabatan sebagai bendahara dengan beberapa pengurus lain dengan caranya masing-masing telah menyukseskan agenda ini.

“Semoga saudara-saudari dapat meningkatkan kinerja dan  berperan aktif di tengah-tengah masyarakat sebagai pelopor pembangun  sosial dan sebagai generasi muda yang produktif dan bertanggungjawab dalam kehidupan bermasyarakat.” Seru Kepala Desa Ulubelang, Siprianus Jangka dan Kepala Desa Papang Nerius Gero pada saat membacakan Naskah Pengukuhan Pengurus Himpunan Pemuda-Pemudi Desa Papang dan Desa Ulubelang.

Muda-mudi kedua desa ini nantinya diharapkan sudah siap masuk Karang Taruna di desa masing-masing setelah dikaderkan pada perhimpunan ini.
Foto: Muda-mudi Membersihkan Gereja St. Yohanes Papang 
Desa Ulubelang yang merupakan pemekaran dari Desa Papang masih menjalin silaturahmi dengan baik. Perhimpunan ini hadir sebagai perekat kekeluargaan dalam kreasi yang juga berkoordinasi dengan anak muda Desa Papang dan Ulubelang yang tinggal di daerah lain seperti Kupang, Bali, Jakarta, Malang dan lain-lain guna menyumbang ide dan gagasan.

Mengisi penutupan tahun 2018 peserta himpunan ini melakukan bakti sosial, diantaranya secara bergantian membersihkan Gereja di Papang dan Gereja di Ulubelang, membersihkan kuburan umum Pawu juga berpartisipasi memeriahkan pergantian tahun dengan koor.
Foto: Gereja Ulubelang yang Masih dalam Proses Pembangunan.
“Saya berharap melalui perhimpunan ini muda-mudi membuat kegiatan nyata yang mengena di hati masyarakat. Pemimpin desa juga harus memberikan ruang bagi perhimpunan agar anak muda berpikir dan bekera secara proaktif dalam membangun desa." Kata Ketua Pelaksana, Wilson Jenari.
Foto:Wajah Bersemangat Anak Muda Mengikuti Bakti Sosial
 "Lebih dari itu dengan adanya perhimpunan ini mampu menekan angka anak muda keluar negeri sebagai TKI. Hal ini diminimalisir dengan keahlian khusus anak muda yang diberi pelatihan sesuai minat bakat dalam perhimpunan.” Tutupnya.(Tini Pasrin/MN)