Mengenal Lebih Jauh Gebhardus Venan Ntelok
Cari Berita

Mengenal Lebih Jauh Gebhardus Venan Ntelok

MARJIN NEWS
9 December 2018

Foto: Istimewa
RUTENG, marjinnews.com - Nama Gebhardus Venan Ntelok S.Pd. sudah tercatat sebagai salah satu calon anggota DPRD Kabupaten Manggarai, dari Dapil 4 yang meliputi Kecamatan Cibal, Cibal Barat, Reok dan  Reok Barat.

Venan maju dengan kendaraan politik bernama Partai Amanat Nasional (PAN) dan mendapat nomor urut 8.
Venan adalah pria kelahiran 25 November 1988, anak pertama dari 4 bersaudara buah hati pasangan bapak Alexsius Enggot dan ibu Regina ciuk. 

Venan memiliki alasan yang kuat untuk memutuskan terjun ke dunia politik dan menjadi penyambung lidah masyarakat. 

Apalagi menurut Venan, politik bukan merupakan hal baru bagi dirinya.

Venan mengawali pendidikan di SDK Wudi pada tahun 1996 dan tamat di tahun 2001.

Venan kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Pertama pada tahun 2001 di SMPN 1 Cibal dan tamat tahun 2004, dan di pendidikan menegah atas di SMK Widya Bakti Ruteng tamat tahun 2007.

Dengan semangat juang yang tinggi, Venan melanjutkan pendidikan di Universitas Flores - Ende tahun 2007 - 2009, lanjut di STKIP Pembangunan Indonesia - Makassar dari tahun 2011 - 2013.

Selama 4 tahun di tanah Makassar, Venan berkecimpung dalam dunia gerakan, membela kepentingan  masyarakat. 

Venan juga terbiasa dengan dinamika politik, ketika menjadi aktivis PMKRI cabang Makassar pada tahun 2011 hingga 2014,  bahkan dirinya dipercaya sebagai wakil koordinator komando wilayah Sulawesi.

Pada tahun 2012, Ia sempat menjadi delegasi komando Sulawesi, mengikuti aksi bersama rekan-rekannya atas penolakan kebijakan rezim pada masa pemerintahan SBY  tepatnya di Jakarta.

Sasaran Venan dan rekan - rekan pergerakan waktu itu adalah gedung DPR - MPR RI.

Menurut Venan, politik adalah jalan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat dan terarah menuju perubahan tatanan kehidupan sosial yang adil dan bermartabat. 

Kata Venan, politik bukan semata - mata untuk mendapatkan kekuasaan atau ajang mencari lahan kerja.

"Politik merupakan jalan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat, bukan mencari kekuasaan atau ajang mencari lahan kerja," tutur mantan Aktivis PMKRI Cab. Makasar tersebut.

Sebagai anak muda yang memiliki semangat untuk bekerja yang tulus, dan lebih ia bercita-cita ingin memperjuangkan kepenting dan membela hak- hak rakyat di kursi parlemen nanti jika kelak terpilih.
Untuk bisa memuluskan niat mulianya itu, Venan meminta dukungan dan doa dari masyarakat, khususnya masyarakat daerah pemilihan 4, Cibal, Cibal Barat, Reok, Reok Barat dan masyarakat
Manggarai pada umumnya.

"Sebagai anak muda yang ingin berjuang, saya meminta doa dan dukungan masyarakat, khususnya di Kec. Cibal, Cibal Barat, Reok dan Reok Barat," imbuh Venan.

Venan menambahkan, sejak menjadi aktivis hingga sat ini, nilai - nilai seperti kebaikan bersama, terus diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebagai mantan aktivis nilai-nilai itu tidak pernah pudar," tutupnya.

Penulis: Peter Samlan
Editor: Remi Nahal