KSP Ricco Mandiri Ruteng dan KOPDIT Ricco Mandiri Labuan Bajo Gelar Pelatihan Para Agen dengan Menggembleng Anak Muda
Cari Berita

KSP Ricco Mandiri Ruteng dan KOPDIT Ricco Mandiri Labuan Bajo Gelar Pelatihan Para Agen dengan Menggembleng Anak Muda

MARJIN NEWS
8 December 2018

Foto: Irna
RUTENG, marjinnews.com - KSP Ricco Mandiri Jaya Ruteng dan KOPDIT Ricco Mandiri Labuan Bajo menggelar pelatihan dan pengawasan kepada para agen yang akan menjadi staf atau karyawan di koperasi Ricco Mandiri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (8/12) bertempat di kantor PUSKOPDIT (Pusat koperasi kredit) Ruteng.

Pelatihan yang diikuti oleh kurang lebih 50 orang agen baru dan 20 staf tetap di Koperasi KSP Ricco Mandiri Jaya Ruteng itu dipimpin langsung oleh Pimpinan II Koperasi KSP Ricco Mandiri Safriadi D. Jehaman.

Hadir juga  pada kegiatan pelatihan ini 4 orang utusan dari Koperasi KOPDIT Ricco Mandiri Labuan Bajo yaitu Manager Alber dan 3 orang staf.

Dalam sambutannya, Pimpinan II Koperasi Ricco Mandiri Safriadi D Jehaman mengatakan, bahwa bekerja di koperasi harus  memiliki keunggulan.

Menurut Safriadi D Jehaman, dari berbagai macam koperasi yang ada di Manggarai Raya yang salah satunya yaitu Koperasi Ricco Mandiri Jaya berada di Ruteng dan KOPDIT Ricco Mandiri Labuan Bajo sudah cukup mendulang sukses.
"Sejak 2009 sampai akhir tahun 2018 sekarang jumlah anggota yang bergabung kurang lebih 3000 orang dan mencakup tiga kabupaten yang ada di Manggarai Raya yaitu Kabupaten Manggarai Timur, Manggrai, dan Manggarai Barat," terang Safriadi D Jehaman.

Safriadi D Jehaman juga mengatakan, bahwa koperasi Ricco Mandiri ini sudah dibangun sejak 2009.

Ia menerangkan, saat mendirikan koperasi ini dirinya rela meninggalkan pekerjaannya di bidang Kesehatan dan rela meninggalkan pekerjaannya dari Aparatur Sipil Negara demi satu tekad untuk meningkatkan Ekonomi Masyarakat Manggarai.

Koperasi Ricco Mandiri menurut Safriadi D Jehaman adalah sebuah usaha yang dibangun oleh putra daerah Manggarai sendiri.

Safriadi D Jehaman juga mengakui, dalam mendirikan koperasi ini, Ia tidak bisa berjalan sendiri. 

Namun, kata Jehaman, dirinya harus melibatkan banyak orang, apalagi kaum muda yang harus menjadi penggerak dan corong serta spirit semangat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di 3 kabupaten di Manggarai Raya.

Sementara Alber yang menjabat sebagai Manager KOPDIT Ricco Mandiri Labuan Bajo menjelaskan, kegiatan ini adalah sebuah pelatihan untuk memberi spirit atau semangat kepada anak muda yang akan menjadi agen atau yang akan bekerja di koperasi Ricco Mandiri.

Tujuannya, kata Albert, agar koperasi 
KOPDIT Ricco Mandiri menjadi lebih baik kedepannya dan menjadi paradigma koperasi terbaik.

Maria M.K. Kono, salah satu agen yang akan menjadi staf di koperasi Ricco Mandiri mengakui bahwa saat mengikuti kegiatan pelatihan ini dirinya banyak mendapat banyak manfaat.

Menurut alumnus STKIP St. Paulus Ruteng ini, sebagai pendatang baru di Koperasi Ricco Mandiri manfaat yang didapat diantaranya adalah Ia lebih mengenal secara detail tentang KSP Ricco Mandiri mulai dari sejarah terbentuknya KSP Ricco Mandiri hingga berbagai motivasi yang diberikan oleh para pemateri untuk meraih sukses melalui kehidupan berkoperasi.

"Kegiatan ini tujuannya untuk menggembleng lebih banyak kaum muda yang bekerja di koperasi Ricco Mandiri," ujarnya.

Maria M.K Kono menambahkan, kaum muda harus menjadi corong peningkatan ekonomi masyarakat.

"Semangat dan spirit pasti banyak dimiliki oleh kaum muda dan karena koperasi itu sendiri adalah dari kita oleh kita dan untuk kita,"  ujar Maria M.K Kono.

Penulis: Irna
Editor: Remigius Nahal