Korupsi Dana Desa, Kades Kakor Kecamatan Ruteng Ditahan Kejari Manggarai
Cari Berita

Korupsi Dana Desa, Kades Kakor Kecamatan Ruteng Ditahan Kejari Manggarai

MARJIN NEWS
9 December 2018

Gambar: Ilustrasi
RUTENG, marjinnews.com – Pemberantasan tindak pidana korupsi dana desa di Kabupaten Manggarai terus dilancarkan oleh para penegak hukum di wilayah itu.

Kali ini, Kepala Desa Kakor, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT ditangkap kemudian langsung dijebloskan di dalam tahanan oleh Kejaksaan Negeri Manggarai pada Selasa (04/12).

Kades Kakor dijebloskan ke dalam jeruji besi, setelah berkas perkara dugaan korupsi dana desa dilimpahkan ke Kejaksaan Manggarai oleh penyidik Tipikor Polres Manggarai.

“Ia betul, tersangka MGK telah ditahan Kejari Manggarai setelah hasil penyidikan diberkaskan dan dikirim ke jaksa tahap satu, dari hasil pemeriksaan berkas perkara dinyatakan P21 oleh jaksa dan selanjutnya kami limpahkan tahap dua tersangka MGK dan barang bukti ke kejaksaan Negeri Manggarai pada hari selasa tanggal 4 desember 2018,” kata Humas Polres Manggara Ipda Daniel Dhiju, seperti dikutip Radarntt.co.

Ipda Daniel menjelaskan, dari hasil penyidikan sesuai dengan pasal 2 dan pasal 3 dan pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999 jo UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dan perkembangan hasil penyidikan, tersangka MGK telah menyalahgunakan wewenang terkait pendapatan Desa Kakor, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai sebesar 1.031.014.913 rupiah yang bersumber dari ADD sebesar Rp. 398.209.979, DD sebesar Rp.617.786.695 dan Retribusi Daerah sebesar Rp.15.018.238″

Lebih lanjut Dhiju menjelaskan, dari hasil pemeriksaan ahli dari Uniflor – Ende terdapat kekurangan volume pekerjaaan fisik yang dikerjakan, dengan nilai kerugian negara sebesar .280.347.043.21 rupiah.

Ditanya kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus ini, Ipda Daniel Djihu menjawab, saat ini hanya kepala desa Kakor menjadi prioritas. (*)

Sumber: Radar NTT
Editor: Remigius Nahal