Ketika Bupati Manggarai Turun Sendiri Membersihkan Pasar Inpres Ruteng
Cari Berita

Ketika Bupati Manggarai Turun Sendiri Membersihkan Pasar Inpres Ruteng

MARJIN NEWS
18 December 2018

Foto: Humaspro Manggarai
RUTENG, marjinnews.com - Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus S.H,. M.H, turun langsung untuk memimpin kegiatan bersih-bersih di Pasar Inpres Ruteng pada Selasa (18/12) pagi.

Di bawah komando Deno Kamelus sejumlah ASN dari Dinas Perdagangan Kabupaten Manggarai dan para pedagang yang memanfaatkan fasilitas pasar melaksanakan aksi ini mulai pukul 05.30 Wita.

Aksi bersih ini dilakukan pada seluruh area pasar seperti selokan, jalan menuju pasar, lorong, tempat penjualan ikan, serta tempat lainnya. 

Kegiatan ini digelar sebagai tindak lanjut dari Istruksi Bupati Manggarai Nomor HK/7/2018 tentang Gerakan Budaya Bersih pada pusat-pusat layanan publik yaitu pada kantor-kantor pemerintah, sekolah, rumah sakit, kantor camat dan kantor kelurahan/desa serta lingkungan sekitar. 

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakanan dalam menyongsong Hari Ulang Tahun ke-60 Propinsi Nusa Tenggara Timur yang akan diperingati tanggal 20 Desember 2018 mendatang.

Tampak terlihat, kegiatan ini antara lain pembersihan selokan yang dipenuhi aneka sampah dan mobil pemadam kebakaran membantu menyemprotkan air pada selokan yang tersumbat tumpukan sampah tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Manggarai menyampaikan harapannya agar kebersihan pasar tetap terjaga. 

"Kebersihan pasar ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga merupakan tanggung jawab bersama termasuk para pedagang pasar. Hal ini bertujuan supaya Kota Ruteng ini tetap menjadi kota bersih dan asri. Caranya adalah dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Manggarai Venansius Burhanus menjelaskan bahwa kebersihan merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Karena itu aksi bersih-bersih pasar menurutnya, merupakan sebuah gerakan untuk membangun kesadaran bagi para pelaku pasar untuk tetap menjaga kebersihan pasar dan akan dilakukan secara berkelanjutan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Manggarai. 

“Dinas Perdagangan terus membangkitkan kesadaran para pelaku pasar untuk menjaga tempat ini. Di samping untuk menyongsong peringatan HUT ke-60 Propinsi NTT, aksi bersih ini juga diharapkan menjadi sebagai sebuah gerakan moral. Kita coba menumbuhkan semangat ini pada teman-teman di pasar. Ini wujudnya," jelas Kadis Venansius. 

Untuk diketahui, aksi bersih pada area pasar ini juga dilakukan secara serempak pada hari ini di seluruh Kabupaten/Kota di Propinsi Nusa Tenggara Timur berdasarkan surat Dinas Perdagangan Propinsi NTT Nomor: Perdag.800/767/SEK/2018 perihal Gerakan NTT Hijau dan NTT Bersih. 

Sumber: Tim Humaspro Manggarai
Editor: Remigius Nahal