$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

Kasus Skimming, Dua Bule Divonis Satu Tahun Penjara

Kedua terdakwa Ivan Hristov Stanchev dan Plamen Nicolov Pandov saat menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Semarapura, Kelungkung. (Foto: MarjinNews)

SEMARAPURA, marjinnews.com - Kasus percobaan Skimming yang melibatkan Ivan Hristov Stanchev, (43) asal Bulgaria dan Plamen Nicolov Pandov, (45), asal Australia hari ini Rabu(05/12) memasuki agenda sidang putusan di pengadilan Negeri Semarapura, Kelungkung.

Sidang yang dipimpin oleh hakim ketua Ni Nyoman Mey Meilinawati dan hakim anggota Saida Ariani dan Andri Dewantara menjatuhkan vonis kepada kedua terdakwa dengan hukuman 1 tahun penjara dipotong masa tahanan. 

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan yang diajukan jaksa penuntut umum (JPU), yakni 5  tahun penjara.

Dalam putusannya hakim menilai kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindakan pidana melakukan percobaan skimming terhadap Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Kedua terdakwa dianggap telah melanggar pasal 30 ayat (2) Jo pasal 42 ayat (2) undang-undang RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang RI no. 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo pasal 55 ayat ke (1) KUHAP Jo pasal 64 ayat 1 KUHP.

Setelah berkonsultasi dengan tim penasihat hukum mereka (Ivan Hristov Stanchev dan Plamen Nicolov Pandov) yakni Yulius Benyamin Seran, kedua terdakwa langsung menerima vonis hakim. 

Adapun hal yang meringankan kedua terdakwa ialah bersikap Sopan saat menjalani persidangan, dan meminta maaf atas perbuatan yang telah mereka lakukan serta kooperatif.

Hal yang memberatkan kedua terdakwa berdasarkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yaitu perbuatan para terdakwa ini dapat mempengaruhi kepercayaan terhadap masyarakat terhadap tindakan Skimming.

Dalam dakwaan primer oleh JPU kedua terdakwa tidak terbukti. Namun, dalam dakwaan alternatif kedua, terdakwa terbukti melakukan percobaan tindakan skimming.

Ditemui usai menjalani sidang putusan itu, penasihat hukum kedua terdakwa Yulius Benyamin Seran menyatakan tidak puas dengan putusan hakim terhadap kliennya.

"Sebagai Penasihat hukum kedua terdakwa kami merasa tidak puas dengan vonis 1 tahun yang diputuskan oleh majelis hakim. Sebab, hanya terbukti memasang kamera atas suruhan Piter (DPO). Tidak ada data elektronik milik nasabah yang dicuri, tidak ada uang yang dicuri, mesin ATM tidak ada kerusakan, tidak ada satu pun nasabah BRI yang melaporkan kehilangan," terang Benyamin Seran.

Ditanya soal apakah mengajukan banding, pemilik kantor  BS.jr Law Firm and Partners ini mengatakan akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan kedua terdakwa.

Sementara, Naldi E. Saban, salah satu Penasihat Hukum dari kedua terdakwa mengatakan, dalam pengadilan kasus Skimming ini, JPU tidak bisa menghadirkan barang bukti.

"Di Indonesia, diterapkan sistem hukum kontinental. Dimana dalam pembuktian setidaknya minimal dua barang bukti itu dihadirkan dalam sidang. Namun, dalam kasus ini JPU tidak bisa menghadirkan itu," papar Naldi.

Nota Pembelaan Terdakwa: Si Peter Bebas, Justru yang Membantu Memasang Kamera Dihukum, Dimana keadilan?

Untuk diketahui, dalam Pleidoi atas tuntutan kepada kedua WNA ini, kedua terdakwa meminta keadilan.

Nota pembelaan dengan judul, Si Peter Bebas, justru Yang Membantu Memasang Kamera Dihukum, Dimana keadilan? Dibacakan oleh penasihat hukum dari kedua terdakwa.

Di hadapan majelis hakim, dijelaskan, bahwa berdasarkan uraian Jaksa Penuntut Umum terhadap tindak pidana yang dilakukan bahwa pada hari Minggu tanggal 8 Juli sekira pukul 05.51 Wita sampai dengan pukul 22.16 Wita, sekira pukul 06.13 Wita sampai dengan pukul 22.17 Wita dan sekira pukul 08.04 Wita sampai dengan pukul 21.41 Wita atau setidak-tidaknya pada suatu waktu dalam bulan Juli tahun 2018 bertempat di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) depan restoran Suastika jalan raya Desa Jungut Batu Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) jalan raya Tanjung Sanghyang Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, atau setidak-tidaknya pada suatu tempat tertentu yang masih termasuk dalam Daerah Hukum Pengadilan Negeri Semarapura, “mereka yang melakukan, menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Computer dan/atau System informasi elektronik dengan cara apa pun dengan tujuan untuk memperoleh informasi elektronik dan atau dokumen elektronik.

Dengan disebutkan bahwa kedua terdakwa mengakses komputer dan /atau System informasi elektronik tersebut di dalam ATM dan dihubungkan dengan Pasal yang didakwakan kepada para terdakwa bahwa mereka, kedua terdakwa mengakses Computer dan/atau System informasi elektronik dengan cara apa pun dengan tujuan untuk memperoleh informasi elektronik dan atau dokumen elektronik, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 Ayat (2) jo. Pasal 46 Ayat (2) UU RI no. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Setelah kami cermati Tuntutan Saudara Jaksa Penuntut Umum, kami menemukan ketidaksesuaian Tuntutan saudara Jaksa Penuntut Umum. Bahwa Tuntutan Jaksa tidak didasarkan pada fakta persidangan," tegas Penasihat hukum kedua terdakwa.

Dilanjutkan, oleh penasihat hukum kedua terdakwa bahwa, "Dimana setelah kami periksa dan cermati mulai dari Penyidikan, Pra Penuntutan hingga Penuntutan kami menemukan ketidaksesuaian antara keterangan BAP, Dakwaan, Keterangan Saksi-Saki di Persidangan dengan Surat Tuntutan Saudara Jaksa Penuntut Umum. Kedua terdakwa ini bukanlah pelaku sesungguhnya melainkan hanya suruhan Peter  (DPO)," terang Penasihat hukum.

Menurut Penasihat hukum, Jaksa Penuntut Umum harus membebaskan Kedua Terdakwa Plaman Nikolovpandov bersama terdakwa Ivan Hristov Stanchev karena ketiadaan Peter.

Dalam Nota Pembelaan itu juga dijelaskan, bahwa kedua terdakwa melakukan hal ini karna Peter datang meminta tolong dan mengimingi kedua terdakwa dengan bayaran sebesar 500 Euro.

"Namun, untung tak dapat diraih, sial tak lama berselang terdakwa ditangkap Oleh Polisi belum sempat menerima uang yang dijanjikan hanya berselang sehari setelah memasang Kamera. Sementara Fakta persidangan menunjukkan bahwa ada kamera CCTV yang dipasang oleh petugas Bank BRI yang juga menyorot ke tombol PIN yang pastinya sudah berlangsung cukup lama," papar penasihat hukum.

Jika kedua terdakwa dituntut dengan ancaman pidana 5 tahun ditambah denda 100 juta rupiah, hanya karena memasang kamera yang menyorot ke tombol PIN selama satu hari, bagaimana dengan petugas Bank BRI yang memasang kamera yang juga menyorot ke papan tombol PIN selama lebih dari  sehari bahkan sudah berbulan bahkan bertahun-tahun, yang baru terungkap di persidangan.

Kedua terdakwa menurut Penasihat Hukum, hannyalah bersalah karena membantu Peter yang disebutkan dalam Surat BAP Kepolisian, Surat Dakwaan maupun dalam surat tuntutan Jaksa Penuntut Umum. 

"Kami Yakin dan Percaya bahwa Yang Mulia Majelis Hakim akan bersikap bijak dan adil terhadap kedua Terdakwa dengan menjatuhkan Putusan Primer yaitu menyatakan kedua terdakwa Ivan Hristov Stanchev, dan Plamen Nicolov Pandov terbukti membantu tindak pidana percobaan memasang kamera di ruang ATM. Menghukum kedua terdakwa dengan pidana percobaan. Membebankan seluruh biaya dalam perkara ini kepada Negara. Apabila yang Mulia Majelis Hakim berpendapat lain, mohon keputusan yang seadil-adilnya. (Ex aeque et bono)."

"Sebagai Penutup Pleidoi ini, kami mengungkapkan kata-kata bijak kuno yang menjadi adagium yang dapat direnungkan bersama. Lebih baik tidak memidana 1000 (seribu) orang yang bersalah dari pada menghukum 1 (satu) orang yang tidak bersalah." Demikianlah Pleidoi ini. Atas Perhatiannya kami haturkan limpah terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menolong kita," tutup Penasihat Hukum.

Penulis: Remigius Nahal

COMMENTS

Name

Artikel,141,Bali,115,Bedah Buku,1,Ben Senang Galus,1,Bencana Alam,1,Berita,160,Bhineka,2,BNI,1,Bola,2,bom,1,Bom Bunuh Diri,3,Borong,3,BPJS,1,Budaya,38,Bung Karno,1,Bunuh Diri,3,Bupati Mabar,1,Camilian,1,Cerpen,183,Chelsea Islan,1,Chiristian Rotok,1,Daerah,579,Dana Desa,1,Dari Kami,3,Demokrasi,22,Denpasar,18,Desa,2,Destinasi,1,Diaspora,2,Dilan,4,Donny Isman,1,DPR RI,4,E-KTP,4,Editorial,38,Ekonomi,5,Ekspresi,1,Ende,6,Entrepreneur,1,Feature,35,festival Komodo,2,Film,7,Filsafat,2,Fitur,1,Flobamora Cup,1,Flores,11,Focus Discussion,4,FPI,1,Gantung diri,2,Gaya,1,gaya hidup,8,Gedged,1,Gempa,6,Gereja,3,Gereja Katolik,3,Gerindra,1,GMKI,1,GMNI,7,Golkar,1,Gusti Dulla,1,HAM,1,Hand Phone,1,Hari Buruh,2,hari buruh internasional,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hiburan,27,HMPCK,1,Hoax,2,hukum,60,Human Trafficking,4,IBT Expo,1,Idul Fitri,1,IJM,1,IKEMAS CUP,7,Imlek,1,Indonesia,1,Indonesian Idol,8,Inspirasi,15,Internasional,16,Internet,2,Investasi,1,Iriana Jokowi,1,Ivan Nestorman,1,IYC Jatim,1,Jabar,1,JAD,1,Jakarta,5,Jatim,3,Jawa Tengah,1,Jawa Timur,1,JK,1,Jogyakarta,2,Jokowi,18,JRUK Sumba,2,jurnal Terbaru,1,jurnalistik,3,Kalimantan,5,Kampanye,2,Kampus,3,Kapolri,1,Kar. Ilmiah,4,Karanganyar,1,Karya Sastra,280,KDRT,1,Keagamaan,7,kebakaran,4,Kebangsaan,1,kebudayaan,2,kecelakaan,2,Kecelakaan Lalu Lintas,2,Kediri,2,Kejadian. Jakarta,1,kejahatan,2,Kemahasiswaan,2,Kemanusiaan,62,kemenkominfo,1,Kemiskinan,2,kepala daerah,1,Kepemuaan,5,Kepemudaan,154,kepemudan,8,kerohanian,2,Kesehatan,8,Ketahanan Nasional,1,KNPI,2,Komodo,9,Komunikasi,1,Komunitas,5,Koperasi,1,Korban,1,Korupsi,60,KPK,12,KPU,1,Kreatif,1,Kriminal,50,Kritik Sastra,4,Kupang,24,Labuan Bajo,51,Lakalantas,9,Larantuka,1,Lembata,2,Lifestyle,6,Lingkungan Hidup,15,Literasi,14,lombok,1,LP Cipinang,1,Luar Negeri,5,Mahasiswa,42,Makanan Khas,1,Makasar,6,Makassar,4,Malang,3,Manggarai,114,Manggarai Barat,20,Manggarai Timur,24,Marianus Sae,1,Marion Jola,3,Masalah Rokok,1,Masyarakat,1,Mataram,2,Maumere,7,Media,2,Media Sosial,3,Medsos,2,Mendikbud,3,Menkominfo,1,Milenials,71,Motang Rua,1,Muda Petani,1,musik,1,Narkoba,8,Nasional,294,Natal,19,Ngada,7,Novanto,2,Novel,16,NTT,258,Nyepi,2,Olahraga,11,Opini,419,Orang Muda,15,Otomotif,1,OTT,2,Papua,15,Pariwisata,27,Partai Politik,25,Pasangan,20,Paskah,2,pelajar,2,Pembangunan,5,pemerkosaan,1,Pemilu,17,Pemuda,3,Pencurian,2,Pendidikan,89,Penerbangan,4,penyanyi,1,Peradi,1,Perdamaian,1,Perempuan,20,Perindo,1,Peristiwa,1148,Pers,3,Perzinahan,1,Petani,1,Piala Dunia,1,Piala Oscar,1,pileg 2019,1,Pilgub,41,Pilkada,102,Pilpres 2019,23,PKRI,1,PKS,1,PMII,1,PMKRI,22,PMKRI Bogor,1,Pmkri Jogja,1,Poco Ranaka,1,Pojok Redaksi,38,Polisi,25,politik,90,Politikus,6,POLRI,5,PP PMKRI,1,Pristiwa,31,Prosa,1,PSK,1,Puisi,88,Puteri Indonesia,2,Radikalisme,1,Ratna Sarumpaet,4,Refleksi,15,reformasi,1,Regional,6,Religi,2,Remaja,1,Rensi Ambang,1,Riau,1,Ricuh,1,Rindu,1,Risma,1,Rizieq Shihab,7,Rote Ndao,1,Ruteng,26,RUU,1,Sabu,1,Sail Komodo,1,Sajak,9,Sam Aliano,1,Sastra,3,Sejarah,2,Sekilas Info,24,seleb,1,Selebritas,20,Sidoarjo,1,situs pornografi,1,Somasi,1,Sosial,3,Sosial Politik,1,Sosok,20,Sospol,39,Start Up,1,Suara Muda,71,Sumba,8,Surabaya,35,Tahun Baru,9,Tahun Baru. Remigius Nahal,1,Tarakan,1,Tata Kota,1,Teknologi,11,Tentang Mereka,48,Tenun Manggarai,1,Terorisme,14,Terorismes,4,TKI,4,TNI,1,TNK,1,Togar Situmorang,7,Tokoh,16,Tol Laut,1,Toleransi,2,Tour Jurnalistik,1,UNITRI-Malang,1,Unwira,1,UU MD3,7,Valentine,2,Viral,3,Wisata,14,Wisuda,1,WNA,1,
ltr
item
MARJINNEWS.COM: Kasus Skimming, Dua Bule Divonis Satu Tahun Penjara
Kasus Skimming, Dua Bule Divonis Satu Tahun Penjara
https://3.bp.blogspot.com/-cn__ifwyb18/XAfbhi1pCKI/AAAAAAAAD5Q/ycJZw9Y_8AcfToTbqthMbYGgv8FODFP8wCLcBGAs/s320/IMG-20181205-WA0051.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-cn__ifwyb18/XAfbhi1pCKI/AAAAAAAAD5Q/ycJZw9Y_8AcfToTbqthMbYGgv8FODFP8wCLcBGAs/s72-c/IMG-20181205-WA0051.jpg
MARJINNEWS.COM
http://www.marjinnews.com/2018/12/kasus-skimming-dua-bule-divonis-satu.html
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/2018/12/kasus-skimming-dua-bule-divonis-satu.html
true
971126874416220402
UTF-8
POSTINGAN LAIN Not found any posts LAINNYA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home PAGES Kiriman Baca Semua Rekomendasi untuk Anda LABEL ARCHIVE CARI Semua Kiriman Tidak Ditemukan Apa yang Anda Cari Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 Jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close