IKASANTRI Akan Selenggarakan Seminar Nasional dalam Acara Reuni Alumni
Cari Berita

IKASANTRI Akan Selenggarakan Seminar Nasional dalam Acara Reuni Alumni

24 December 2018

(Foto: dok. Pribadi)

Manggarai, Marjinnews.com - Ikatan Alumni SMAK Sanctissima Trinitas (IKASANTRI) Ranggu akan menyelenggarakan reuni pada 25 – 27 Desember 2018.
Salah satu kegaiatan yang akan diselenggarakan dalam seminar ini adalah Seminar Nasional dengan tema "Fenomena Hoax dan Kekerasan di Dunia Maya”.

Narasumber yang akan diundang dalam kegiatan ini antara lain: Adrianus Garu (Anggota DPD/MPR RI), AKBP Julisa Kusumowardono (Kapolres Manggarai Barat), Lucius Karus (Pengamat Politik FORMAPPI), dan Alfred R. Januar Nabal (Pengurus Pusat PMKRI).

Ketua panitia reuni alumni IKASANTRI, Aloysius Dago, menuturkan pentingya Seminar Nasional ini sebagai ruang berbagi pemahaman tentang perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Hoax dan kekerasan di dunia maya merupakan fenomena yang turut menyertai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini. Dan, masyarakat perlu menyadari fenomona ini dan implikasi yang ditimbulkannya.

“Hoax dan kekerasan dunia maya menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia. Tidak hanya masyarakat perkotaan, perkembangan teknologi informasi yang masuk ke ranah kehidupan masyarakat pedesaan juga akan terpapar berita-berita bohong,” tutur Aloysius.

Harapannya, melalui seminar ini, masyarakat di daerah Ranggu menyadari berita-berita bohong yang tersaji setiap harinya di media sosial, lalu mampu memporteksi diri dari berita-berita bohong tersebut. Selain itu, seminar ini nantinya dapat menjadi momentum segenap masyarakat Ranggu untuk mempersiapkan diri sebagai konsumen media sosial yang kritis.

Aloysius pun mengajak segenap masyarakat di Ranggu khususnya, dan Manggarai Barat umumnya untuk turut berpartisipasi dalam seminar ini.

Seminar ini rencananya akan dilaksanakan di Aula Serbaguna Paroki Ranggu, pada rabu (26/12/2018), pkl. 13.00 - 16.00 WIB.



(VP/MN)