Tes PNS di Manggarai, Lulusan STKIP Ruteng Terbanyak Lolos Formasi Guru
Cari Berita

Tes PNS di Manggarai, Lulusan STKIP Ruteng Terbanyak Lolos Formasi Guru

MARJIN NEWS
11 November 2018

Foto: Ist
RUTENG, marjinnews.com - Lulusan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) St. Paulus Ruteng menjadi peringkat pertama yang banyak lolos ikut tes calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) 2018 tingkat Kabupaten Manggarai, Nusa Tengggara Timur (NTT) untuk formasi tenaga guru.

Seperti informasi,  formasi tenaga guru terdiri dari Guru Agama Katolik kebutuhannya lima orang, guru bahasa Indonesia ahli pertama lima orang, guru Bahasa Inggris ahli pertama tujuh orang, guru Bimbingan dan Konseling ahli pertama 11 orang, guru IPA ahli pertama delapan orang, guru IPS ahli pertama lima orang, guru kelas ahli pertama 16 orang, guru Matematika ahli pertama enam orang, guru penjasorkes ahli pertama 13 orang, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) ahli pertama 13 orang dan guru TK ahli pertama delapan orang.

Dikutip, media TVP, memasuki hari ketujuh Test Kompetensi Dasar dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) CPNS untuk  Tenaga Guru di Kabupaten Manggarai, seperti disaksikan Sabtu (10/11) di Ruteng baru meluluskan 22 orang. Adapun Tenaga guru yang lulus terdiri dari guru Bahasa dan Sastra Indonesia satu orang,  guru Bahasa Inggris lima orang, guru Bimbingan Konseling dua orang, guru IPA tiga orang yang lulus, guru IPS satu orang yang lulus,  guru kelas  empat orang yang lulus, guru Matematika enam orang yang lulus.

Dari ke 22 orang formasi tenaga guru yang memenuhi SKD itu,  10 orang adalah alumni Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Santo Paulus Ruteng.

Ada pun rinciannya adalah guru bahasa Inggris ahli pertama empat orang, Guru Matematika ahli pertama dua orang, guru kelas empat orang. Dengan demikian alumni STKIP Santo Paulus sudah merebut 10 formasi dari 22 yang memenuhi SKD pada seleksi hari yang ketujuh test CPNS itu.

Sementara 12 tenaga guru yang lulus lainnya berasal dari  Universitas dr Sutomo Surabaya satu orang lulus untuk tenaga guru untuk Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sanatha Dharma Yokyakarta lulus dua orang tenaga guru Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Nusa Cendana Kupang tenaga guru Matematika dua orang, tenaga guru Bahasa Inggris lulus satu orang, Geografi lulus satu orang, Universitas Widya Mandira Kupang tenaga guru Fisika lulus satu orang, Matematika lulus satu orang, Biologi lulus satu orang, dan Universitas Kanjuruan Malang tenaga guru Matematika lulus satu orang, Fisika lulus satu orang.

Keikutsertaan lulusan STKIP Santo Paulus  pada test CPNS tahun 2018 seuai output Lembaga Pendidikan milik Keuskupan Ruteng itu menyisakan Guru TK ahli Madya yang akan melaksanakan test pada hari Senin (12/11) sesuai jadwal panitia.

Untuk lulusan yang berasal dari STKIP Santo Paulus Ruteng Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah ( BKPPD ) Theo Taram mengatakan, sampai dengan hari ketujuh penyelenggaraan test ini, alumni STKIP Santo Paulus Ruteng mendominasi jumlah yang lulus. Ini artinya lembaga pendidikan itu sungguh menyiapkan lulusannya untuk bisa bersaing di dunia kerja.

Pada tempat terpisah Fransiskus Suhardi alumni STKIP yang lulus CPNS tenaga guru Matematika lulusan 2017 menyampaikan rasa syukurnya.

“Saya bersyukur bahwa saya lulus dan semuanya ini buah dari apa yang saya peroleh saat belajar pada STKIP Santo Paulus Ruteng, terima kasih almamaterku, jayalah selalu,” tuturnya. (*)

Editor: Remigius Nahal