Murukeba, Air Terjun Cantik di Ende
Cari Berita

Murukeba, Air Terjun Cantik di Ende

5 November 2018

Foto: Istimewa
TRAVELLING, marjinnews.com - Keindahan alam Flores sudah tidak diragukan lagi. Memiliki  wisata alam yang lengkap, membuat pulau ini selalu diminati oleh wisatawan dari berbagai negara. Salah satunya Air terjun Murukeba yang pesonanya tidak bisa traveler lewatkan bila ke Danau Kelimutu.

Air terjun Murukeba berada di bawah kaki Gunung Kelimutu, tepatnya di Desa Waturaka, Kabupaten Ende, Flores. Bila dihitung-hitung, jarak jalan raya ke air terjun sekitar 700 meter, atau 30 menit berjalan kaki.

Jika sobat muda berkunjung ke Danau Kelimutu, kalian akan menaiki sekitar 55 anak tangga menuju pos penjagaan air terjun  dari Jalan Raya Kelimutu. Tangga-tangga tersebut, tersusun dari batu alam berbentuk pipih dengan pagar bambu sebagai pegangan di bagian kanan.

Baca Juga: Lewat Reggea, Ras Muhamad Tunjukkannya Cintanya kepada Indonesia

Harga tiket masuknya Rp 5.000 , setelah itu sobat muda akan melewati beberapa area seperti selokan air dan beberapa tikungan dari pos jaga menuju air terjun tersebut. Sesampainya di tikungan, kalian akan diarahkan ke padang rumput yang luas dengan beberapa ekor sapi yang sedang asyik merumput.

Perjalanan kalian akan dilanjutkan lagi memasuki jalan setapak, dimana penduduk setempat menyebutnya Hutan Keba dan kebun kopi. Kalian akan  menyeberangi jembatan bambu sepanjang sekitar 3 meter dengan aliran air terjun di bawahnya. Ini pertanda kalian sudah mendekati air terjun.

Baca Juga: Keren! Ini Hutan Mirip Mirkwood dalam Film Lord of The Ring di NTT

Sekitar 50 langkah kalian sudah berada di kawasan air terjun. Air terjun mengalir dari tebing setinggi sekitar 100 meter. Aliran air yang deras menimpa batu cadas setinggi 10 meter dari tanah, sebelum akhirnya menyentuh tanah lapang seluas sekitar 20 meter persegi.

Area air terjun ini sangat asri dan bersih. Udaranyan juga terasa sejuk dan segar. Bisa bayangkan betapa tenangnya berada di tengah Hutan Keba yang hijau berpadu gemericik air terjun? Bikin betah lama-lama! **

*Dirangkum dari berbagai sumber