Luar Biasa! Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Dermawan Tahun 2018
Cari Berita

Luar Biasa! Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Dermawan Tahun 2018

11 November 2018

NASIONAL, marjinnews.com - Indonesia dinobatkan menjadi negara paling dermawan di dunia tahun 2018 menurut survei Charities Aid Foundation (CAF). Peningkatan peringkat Indonesia dalam indeks perilaku dermawan termasuk salah satu yang tertinggi di mana pada 2016 masih menduduki posisi tujuh.

Indeks tahunan sejak tahun 2010 tersebut mengukur tingkat kedermawanan dari 146 negara di dunia. Data yang digunakan adalah dengan mengevaluasi survei World Poll Initiative yang dilakukan Gallup mengenai berbagai aspek kehidupan saat ini termasuk perilaku memberi.

Menurut katadata.co.id, indeks kedermawanan ini terdiri dari tiga indikator penilaian yakni donasi uang, partisipasi sebagai relawan, dan kesediaan membantu orang asing. Meskipun mempunyai nilai indeks yang sama dengan Australia, Indonesia lebih unggul dalam dua hal yakni donasi uang dan partisipasi sebagai relawan.

Adapun dari ketiga indikator penilaian, responden Indonesia lebih banyak terlibat dalam hal donasi uang dengan partisipasi sebesar 78 persen. Disusul dengan partisipasi menjadi relawan sebesar 53 persen dan kesediaan membantu orang asing sebesar 46 persen.

Sementara secara global, kegiatan donasi uang banyak dilakukan oleh responden yang berusia lebih dari 50 tahun. Sedangkan untuk perilaku membantu orang asing dan menjadi relawan paling tinggi persentasenya pada usia 30 hingga 49 tahun.

Indonesia pertama kali puncaki daftar

Pada '2018 World Giving Index' yang dirilis CAF, Indonesia berhasil menggeser Myanmar di puncak daftar. Peringkat satu sejak tahun 2014 tersebut turun ke peringkat sembilan. Ada tiga kegiatan yang menjadi tolok ukur penilaian, yaitu membantu orang asing, menyumbang uang dan menjadi sukarelawan.

Indonesia mencetak skor masing-masing 46 persen, 78 persen dan 53 persen. Dengan perolehan tersebut rata-rata penilaian Indonesia adalah yang paling tinggi yaitu 59 persen. "Untuk pertama kalinya, Indonesia menduduki puncak World Giving Index dari CAF. Setelah menempati posisi kedua di tahun 2017, tiga angka kedermawanan orang Indonesia sebagian besar tidak berubah," menurut lembaga tersebut dalam rilisnya seperti dilansir dw indonesia.

Negara berkembang pun dermawan

Dalam daftar 20 teratas, hanya separuhnya termasuk dalam daftar negara maju versi PBB dengan tingkat pendapatan yang tinggi. Sementara 10 negara berkembang lainnya memiliki tingkat pendapatan yang beragam termasuk Indonesia yang memiliki tingkat pendapatan menengah ke bawah.

"World Giving Index dari CAF memberikan wawasan unik tentang tren kemurahan hati di seluruh dunia. Ini adalah titik awal perbincangan di seluruh dunia tentang bagaimana kita memelihara dan menumbuhkan hasrat alami orang untuk membantu orang lain dan bersama-sama membangun masyarakat yang lebih baik," kata Ketua Pelaksana CAF Sir John Low. *)

*Dilansir dari berbagai sumber