Hingga Hari Kedua Seleksi CPNS Kabupaten SBD, Belum Ada Peserta yang Lolos
Cari Berita

Hingga Hari Kedua Seleksi CPNS Kabupaten SBD, Belum Ada Peserta yang Lolos

4 November 2018

TAMBOLAKA, marjinnews.com - Pelaksanaan  Tes Kompetensi Dasar (TKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sumba Barat Daya hingga hari kedua pelaksanaan, belum mendapatkan peserta yang lolos seleksi dengan standar passing grade yang telah ditetapkan  secara nasional.

Passing grade yang dimaksud meliputi beberapa hal yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75, Tes Intelijensi Umum (TIU) 80 dan Tes Potensi Kepribadiaan (TPK) 143. Adapun hingga sesi tes terakhir untuk hari kedua, terdapat 1 peserta atas nama Dorince Malo dengan formasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memperoleh nilai yang menghampiri standar tersebut, namun masih kekurangan dua point pada Tes Potensi Kepribadian, berikut point yang diperoleh Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 100, Tes Intelijensi Umum (TIU) 80 dan Tes Potensi Kepribadiaan (TPK) 141.

Baca Juga: Kartu Ujian CPNS di Manggarai Dibuat oleh BKPP, Ahang: Ini Permainan

Secara terpisah Dorince Malo saat diwawancara marjinnews.com mengatakan bahwa secara keseluruhan soalnya dapat dikerjakan namun mengalami kendala di Tes Potensi Kepribadian karena  bobot soal yang ditemui sangat sulit dan membingungkan sehingga susah untuk dijawab.

Hal senada juga diungkapkan oleh peserta ujian lainnya, Dominggus Lede Kana menyampaikan bahwa dirinya mengalami kesulitan pada soal Tes Inteligensi Umum dan Tes Potensi Kepribadian serta mengalami kewalahan waktu yang dirasanya bahwa waktu yang digunakan untuk mengerjakan soal sangat singkat sehingga dalam proses memberikan jawaban begitu terburu-buru.

"Waktunya terlalu singkat membuat saya kewalahan mengerjakan soal tes. Akibatnya saya memberi jawaban atas tes tersebut dengan sangat terburu-buru" ujar Dominggus kepada marjinnews.com pada Minggu (4/11/2018) malam.

Baca Juga: Di Balik Kekisruhan Tes CPNS, Tudingan dan Klarifikasi Pemkab Manggarai

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumba Barat Daya Drs. Yeremias Wunda Lero, M.Si saat ditemui setelah ujian hari kedua selesai, menyampaikan bahwa selama dua hari pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar yang terbagi dalam 11 sesi yakni 6 sesi pada hari pertama dan 5 sesi pada hari kedua dengan jumlah peserta yang mengikuti seleksi mencapai 550 peserta namun belum ada yang lolos.

"Terdapat dua faktor mengapa kita susah untuk lolos yakni yang pertama hampir semua peserta ujian mengeluhkan tingkat kerumitan soal yang dihadapi oleh peserta sangat tinggi. Adapun yang kedua adalah faktor kesiapan peserta yang terbatas dengan standar soal yang cukup tinggi juga menjadi faktor yang membuat kita hingga hari ini belum ada peserta yang lolos tes kompetensi dasar" ujar Yeremias.

Baca Juga: Polemik Kartu CPNS, Dua DPR Manggarai Sepakat Satu Suara: Kecewa

Yeremias pun berharap agar setiap peserta CPNS yang belum mengikuti seleksi untuk mempersiapkan diri dengan baik. Himbauan ini disampaikannya lewat beberapa peserta yang sudah mengikuti seleksi pada hari sebelumnya.

"Semoga beberapa ke depan kita mendapatkan peserta yang lolos dan menghimbau kepada calon peserta ujian yang belum mengikuti tes untuk melakukan persiapan lebih maksimal lagi sehingga tes yang akan dilakukan hingga tanggal 10 november nanti bisa memperoleh peserta yang lolos seleksi Tes Kompetensi Dasar, ungkap mantan Kepala Dinas PPO Kabupaten SBD ini" tutupnya. *)

Oleh: Ronald Asto
Editor: Andi Andur