Hari Pahlawan, Amelia Ajak Pemuda Jadi Garda Terdepan Lawan Hoaks
Cari Berita

Hari Pahlawan, Amelia Ajak Pemuda Jadi Garda Terdepan Lawan Hoaks

MARJIN NEWS
11 November 2018

Sekretaris DPW Garnita (Garda Wanita) Malahayati NasDem Bali, Siti Amelia. (Foto: Ist)
DENPASAR, marjinnews.com - Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Berbagai kegiatan dilaksanakan, untuk memperingati jasa para Pahlawan, yang telah berjuang mengantarkan Indonesia ke alam kemerdekaan. 

Selain kegiatan, ada begitu banyak cara yang dilakukan oleh anak-anak bangsa dalam memaknai hari bersejarah ini, termasuk dalam memaknai jiwa kepahlawanan. 

"Tentu ada perbedaan mendasar dalam mengartikan dan memaknai Pahlawan masa lalu dengan masa kini," kata Sekretaris DPW Garnita (Garda Wanita) Malahayati NasDem Bali, Siti Amelia, di Denpasar, Sabtu (10/11/2018). 

Di masa penjajahan dan kemerdekaan, demikian Amelia, Pahlawan harus angkat senjata hingga mengorbankan darah untuk mengusir penjajah, serta memperjuangkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. 

"Sementara Pahlawan di masa kini, adalah mereka yang berjuang memajukan bangsa, mereka yang menjaga keutuhan bangsa ini dari berbagai ancaman, mereka yang menjaga empat konsensus dasar yakni UUD 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, mereka yang berjuang untuk kemanusiaan dan keadilan, dan masih banyak lagi yang lainnya," tutur Amelia. 

"Mereka yang berjuang meningkatkan kecerdasan anak bangsa, mereka yang meningkatkan kemakmuran, meningkatan kesejahteraan, itulah Pahlawan dewasa ini," imbuhnya. 

Karena itu, Wakil Ketua Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak DPW Partai NasDem Provinsi Bali ini mengajak seluruh masyarakat khususnya para pemuda, agar dengan caranya masing-masing tampil sebagai Pahlawan, sekecil apapun itu. 

Apalagi di tengah situasi bangsa saat ini, di mana ada upaya memecah - belah persatuan dengan hoaks (berita bohong), ujaran kebencian, politisasi SARA, dan lainnya, peran seluruh elemen dalam menjaga kerukunan dan merawat kebhinekaan menjadi sangat penting. 

Amelia pun mengajak para pemuda, agar berani tampil sebagai garda terdepan dalam memajukan bangsa, mempersatukan bangsa dalam bingkai keberagaman, menjaga keutuhan NKRI dan tegaknya Pancasila serta UUD 1945.

"Mari kita terus merawat keberagaman, menjaga keutuhan bangsa, menjunjung kerukunan, memerangi hoaks, melawan ujaran kebencian dan politisasi SARA," ajak Siti Amelia, yang juga calon anggota DPRD Kabupaten Badung nomor urut 6 Dapil Kuta Utara dari Partai NasDem ini. 

Dikatakan, apabila semua ini dilakukan oleh pemuda dan seluruh elemen bangsa secara bersama - sama, maka bangsa Indonesia akan semakin maju, rukun dan damai, jauh dari ancaman perpecahan.

"Jika kita rukun, damai, maka kita bisa fokus memajukan bangsa. Para Pahlawan juga dulu bisa mengusir penjajah, karena mereka fokus pada perjuangan untuk tanah tumpah darah, tanpa mempersoalkan perbedaan suku, agama dan golongan," pungkas Amelia. (RN/MN)