Tarian Pati Lingko Tampil di Panggung F8 Kota Makassar
Cari Berita

Tarian Pati Lingko Tampil di Panggung F8 Kota Makassar

13 October 2018

Penari Sanggar Budaya Manggarai Makassar saat menampilkan tarian pati lingko. (Gambar: dok.pribadi)


Makassar, Marjinnews.com - Sanggar Budaya Manggarai Makassar menampilkan tarian Pati Lingko, tarian tradisional asal Manggarai, Flores NTT, pada acara Eight Festival Internasional Kota Makassar, jumat (12/10).

Tarian yang tampil di panggung Folk Anjungan Pantai Losari ini, berhasil memukau ribuan pengunjung F8 Makassar baik tamu lokal maupun tamu manca negara yang hadir pada acara tersebut.

Frans Jebaru, Koordinator sanggar Budaya Manggarai Makassar kepada media menyampaikan rasa terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah memberikan mereka ruang untuk tampil pada eight festival internasional Kota Makassar tahun ini.

"Tentunya menjadi kebanggan besar bisa tampil padafestval bergengsi seperti ini, tapi kami juga menyadari bahwa keikutsertaan kami dalam cara ini karena telah diberikan ruang oleh panitia pelaksana, dan kami juga mengucapkan terima kasih atas pelayanan mereka kepada kami selama ini" ujarnya.
Ia juga memberikan apresiasi kepada kepada pelatih dan penari yang telah bekerja keras untuk bisa tampil maksimal di panggung F8 makassar.

" Apresiasi yang sangat luar biasa juga saya berikan kepada Pelatih dan penari yang sudah bersusah paya dalam segala persiapannya selama ini, sekalipun mereka hanya berlatih dalam waktu yang singkat tapi mereka telah sukses tampil di panggung F8 Kota Makassar" Tutup pemuda asal Satarmese itu.

Sementara itu Pelatih Tarian Pati Lingko, Peter yang sebelumnya ragu atas penampilan para penari, akhirnya merasa puas setelah melihat penampilan anak asuhnya di panggung F8 Kota Makassar.

"Sebelum mereka naik ke panggung saya sempat ragu, saya berpikir mungkin mereka kaku tampil didepan orang banyak, karena yang menyaksikan penampilan mereka mungkin sekitar ribuan pengunjung, tapi setelah saya melihat penampilan mereka sejak awal sampai selesai anggaoan saya sebelumnya sepertinya terpatahkan, karena mereka bisa menguasai panggung dan sukses tampil dengan baik sesuai dengan apa yang saya latih selama ini, sebagai pelatih pastinya saya merasa puas dengan penampilan mereka malam ini" Ujarnya.

Salah satu penari Pari Lingko, Rita merasa senang dan bangga bisa tampil dipanggung F8 kota Makassar dan disaksikan oleh banyak orang. " Saya sangat senang dan bangga bisa tampil di Panggung Spektakuler Seperti ini, tentunya akan menjadi pengalaman berharga bagi saya dan teman - teman penari yang lain bisa ambil bagian dalam festival bergengsi seperti ini, saya juga bersyukur bisa mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana cara menari yang baik dan benar dari sang Pelatih pada saat latihan selama ini, semoga akan menjadi bekal bagi kami semua untuk bisa menjadi penari profesional kedepannya." Ucap Rita.


Festival yang ketiga kalinya di Kota Makassar ini, berlangsung sejak tanggal 10 - 14 Oktober 2018.The waterfront City Of Makassar diikuti oleh 100 kota dari berbagai belahan dunia diantaranya Amerika Serikat, Belanda, Filipina, India, Jerman, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan dihadiri oleh sekitar 1,5 Juta pengunjung.

Dokumentasi Sanggar Budaya Manggarai Makasar.



VP/MN