Panglima Hukum Togar, Siap Bongkar Mafia Kepailitan di Pengadilan Niaga Surabaya
Cari Berita

Panglima Hukum Togar, Siap Bongkar Mafia Kepailitan di Pengadilan Niaga Surabaya

MARJIN NEWS
30 October 2018

Togar Situmorang S.H., M.H., M.A.P. (Berkacamata) foto: Istimewa

Surabaya, Marjinnews.com -- Mafia kepailitan yang menghantui para pengusaha seakan menjadi momok tersendiri bagi dunia peradilan niaga di tanah air.

Seperti kasus yang saat ini sedang ditangani oleh panglima hukum Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P yaitu kasus yang melibatkan (Komisaris) PT SSL berinisial TS dengan buruh PT SSL.

Togar sendiri adalah calon anggota DPRD Propinsi Bali dari Dapil Denpasar nomor urut 7. Ia merasa bangga, ternyata namanya juga dikenal sampai ke pulau Jawa.

Terkenalnya sang Caleg Milenial 2019 dari Partai Golkar ini tidak terlepas dari komitmennya menegakan keadilan.

Buktinya, pada hari ini, Selasa tanggal 30 Oktober 2018 Advokat berdarah Batak itu mewakili klien nya berinisial TS (Komisaris) PT SSL telah mendatangi POLDA JATIM untuk melaporkan adanya tindak pidana memberi keterangan palsu kepada pengusaha dan perbuatan curang yang mengacu pada pasal 317 KUHP & 378 KUHP yang dilakukan oleh para buruh terhadap PT SSL.
Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P.,  saat berada di Polda Jatim

Pada saat diwawancarai oleh wartawan Jawa timur, Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., yang sudah melalang buana di dunia hukum itu menjelaskan saat ini dirinya sedang menangani kasus kepailitan di Jawa timur.

Kasus ini berawal dari adanya pengakuan hutang dari buruh yang mengaku sebagai karyawan swasta PT SSL.

"Masa hanya karena pengakuan hutang dari 20 orang yang mengaku buruh dengan nominal hutang piutang sekitar Rp.90 juta, PT SSL milik klien saya yang sudah beroperasional puluhan tahun dan berharga senilai ratusan miliar itu dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Surabaya? Kan ini sudah ga benar," jelas Togar

Pengamat Kebijakan Publik ini pada kesempatan itu mempertanyakan dasar para buruh tersebut menggugat.

"Pertanyaan saya yang paling mendasar kepada buruh yang menggugat adalah apa legal setanding para buruh untuk menggugat PT SSL?" Tanya Togar.

Togar Situmorang mengamini, jika para buruh ini adalah benar karyawan PT SSL maka seharusnya menunjukan surat perjanjian kontrak kerja dengan PT SSL.

"Kalau memang mereka mengaku karyawan swasta PT SSL coba dong tunjukin perjanjian kontrak kerja nya? Ada ga? Tegas Togar.

Togar, bahkan pada kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa sebelumnya ia telah mengirimkan somasi kepada para buruh yang melakukan gugatan tersebut.

"Sebelumnya saya juga sudah mengirimkan somasi kepada para buruh, saya minta klarifikasi mereka terkait tuntutan PKPU yang mereka ajukan di Pengadilan Niaga Surabaya," terang Togar.

Namun, lagi-lagi menurut Togar, hingga saat ini tidak ada tanggapan dari para buruh terkait somasi yang dikirimnya tersebut.

Togar menyakini, ada banyak pihak yang terlibat dalam perkara kepailitan ini. Dan juga ada mafia kepailitan di Pengadilan Niaga Surabaya.

"Saya yakin ada banyak pihak yang terlibat dalam perkara kepailitan ini. saya yakin adanya mafia kepailitan di Pengadilan Niaga Surabaya. Saya mendengar adanya permintaan transfer dana kepada hakim pengawas dalam kasus ini," ujarnya.

Pemilik kantor hukum Togar Situmorang Law office ini bahkan tidak segan-segan akan membongkar kasus ini sampai ke akar-akarnya.

"Saya akan bongkar ini semua, saya akan bongkar sampai ke akar akarnya,"  tegas Togar yang juga saat ini sedang mendaftarkan dirinya sebagai 100 Advokat Hebat Indonesia.

Laporan: Remigius Nahal