Memeriahkan BKSN 2018, Paroki Roh Kudus Weetebula Gelar Aneka Lomba
Cari Berita

Memeriahkan BKSN 2018, Paroki Roh Kudus Weetebula Gelar Aneka Lomba

MARJIN NEWS
1 October 2018

Foto: MarjinNews
Sumba, marjinnews.com - Bulan Kitab Suci Nasional merupakan  momen untuk memperkenalkan sabda Allah kepada umat. Tidak hanya untuk kelompok tertentu dalam Gereja, Kitab suci juga diperuntukkan untuk seluruh umat dalam Gereja. Tema Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) Tahun 2018 adalah “Mewartakan Kabar Gembira Ditengah Kemajemukan” dan tema ini merupakan tema nasional.

Untuk memeriahkan BKSN Tahun ini, Paroki Roh Kudus Weetebula, Sumba Barat Daya lewat panitia pelaksana yang terdiri dari perwakilan Orang Muda katolik (OMK), Pengurus SEKAMI dan Dewan Paroki melaksanakan rangkaian perlombaan yang berlangsung sejak tanggal 13 september hingga 30 September 2018 dengan beberapa jenis perlombaan yang di perlombakan yakni mazmur (kategori SEKAMI, Anak Temu Minggu, SMA dan Orang Dewasa), Lektor (kategori SEKAMI, Anak Temu Minggu, SMA dan Orang Dewasa), lagu dan gerak (kategori Anak Temu MInggu dan SEKAMI), Cerdas Cermat Alkitab (kategori SEKAMI, SMA dan Orang Dewasa), Puisi (kategori Anak Temu MInggu, SMP dan SMA) dan Pidato (kategori SMP dan SMA).

Selain beberapa kegiatan lomba bidang kerohanian diatas, terdapat beberapa jenis lomba olahraga yang di perlombakan juga oleh panitia yakni futsal (tingkat SMP), Volly Ball dan Lari Karung dengan peserta ibu-ibu beserta lomba Tarik Tambang dengan peserta ibu-ibu dan bapak-bapak.

Terhitung sebanyak 12 perwakilan lingkungan dan 4 Stasi yang berpartisipasi dalam rangkaian perlombaan ini. Demi lancarnya kegiatan ini, beberapa Juri yang berkompeten dalam kategori lomba masing-masing diberikan tugas untuk memberikan penilaian dalam setiap mata lomba.

Antusiasme peserta sudah nampak sejak acara pembukaan, dimana kontingen setiap lingkungan dan juga stasi hadir dengan yel-yel sebagai penyemangat. Hadir juga para pastor, biarawan biarawati serta pihak keamanan yakni KAPOLSEK Loura bersama anggota. Dengan kegiatan ini diharapkan bahwa semakin banyak umat yang mengenal sumber dari iman mereka, sehingga mereka juga dapat bertumbuh dan berbuah di dalam Kristus.

Yakobus Markus Theedens selaku ketua Panitia Pelaksana BKSN 2018 Paroki Roh Kudus Weetebula, dalam proses kegiatan ini kami menemukan beberapa kendala dan tantangan namun bisa diatasi dan kegiatannya boleh berjalan dengan baik dan lancar adapun tujuan dari kegiatan adalah untuk mempererat tali persaudaraan antar umat di Paroki Roh Kudus Weetebula.

"Dengan kegiatan ini menunjukkan adanya pertumbuhan iman dari umat paroki yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dengan harapan umat semakin ber pro aktif dalam kegiatan pastoral gereja dan sosial dan juga dengan lomba yang diadakan ini boleh membentuk anak-anak dan orang tua dalam menjadi lektor dan pemazmur yang baik di gereja" ujar Jack, sapaan akrabnya kepada marjinnews.com.

Hal senada juga disampaikan oleh Yohanes Benyamin Manulena selaku ketua Orang Muda Katolik Paroki Roh Kudus Weetebula, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terlebih untuk melahirkan kader penerus gereja sejak usia dini dan juga dari kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan kekerabatan antar lingkungan dan stasi dalam paroki.

"Harapannya kegiatan ini menjadi awal untuk berbagai kegiatan lain terutama yang berhubungan dengan orang muda" ungkapnya.

"Tidak lupa juga saya sampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia pengarah, panitia pelaksana serta anggota panitia yang dengan totalitas, loyal serta mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk menyukseskan kegiatan BKSN 2018 ini" lanjutnya.

Pastor Paroki Roh Kudus Weetebula, Rm. Louis Keban, Pr. Memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja keras panitia dalam menyukseskan kegiatan ini dan juga memohon maaf kepada umat paroki apabila terdapat kekeliruan dan kekurangan dalam seluruh rangkaian kegiatan ini.

"kegiatan ini menjadi wadah perlombaan yang dapat mewujudkan persatuaan serta keakraban antar umat paroki roh kudus weetebula baik antar lingkungan maupun antar stasi yang ada di paroki roh kudus weetebula" ujarnya.

Dengan kegiatan ini juga dapat Mendorong umat Katolik untuk memiliki dan menggunakan Alkitab. Dalam setiap keluarga, paling tidak memiliki satu Alkitab supaya setiap umat dapat membacanya sendiri di rumah untuk memperdalam iman mereka.

Selanjutnya rangkaian penutupan kegiatan ini disatukan bersamaan dengan misa pembukaan bulan rosario sekaligus penyerahan hadiah yang bertempat di Gua Maria Paroki Roh Kudus Weetebula. (ASTO/MN)