Kisah Putra Pinggang Cibal yang Serentak Mundur Ikut Calon Anggota DPRD Manggarai
Cari Berita

Kisah Putra Pinggang Cibal yang Serentak Mundur Ikut Calon Anggota DPRD Manggarai

MARJIN NEWS
10 October 2018

Foto: Dok.MN
Ruteng, Marjinnews.com -- Niat ingin tampil sebagai Calon Legislatif pada Pileg 2019 figur muda ini batal karna dilatarbelakangi hal yang menarik.

Saferius Ses, Putra asal kampung Pinggang Kecamatan Cibal, Manggarai ini harus rela melepaskan niatnya menjadi penyambung lidah rakyat Cibal di  parlemen Manggarai pada tahun 2019. Keluarga besar yang menjadi tulang punggung dukungan merasa cemas kemudian berlanjut menjadi sebuah keputusan serius untuk membatalkan niat putra Manggarai ini.

Secara pribadi Saferinus Ses sudah siap menjadi "Letang Temba -Laro Jaong- Tungku Mu'u" baik secara lahir maupun batin.

Namun, keinginannya itu harus pupus sebelum bertanding. Keraguan keluarganya di kampung juga turut mempengaruhi beliau.

Dalam penuturan Saferius Ses dia mengaku mayoritas keluarga mereka lebih memilihnya untuk maju Pileg selanjutnya pada tahun 2024 nanti. Rencana jangka panjang ini diharapkan lebih matang dalam segala persiapan dan proses.

Sebelumnya, Saferius Ses sudah 2 tahun mensosialisasikan diri, baik di media maupun secara langsung kepada masyarakat untuk maju di Pileg kali ini. Sang istri juga turut mendukung sejak awal dengan mendampingi sang suami. Tetapi ketika kembali di keluarga inti rupanya hal ini dipertimbangkan lebih jauh.

Dari pengakuan Saferius Ses secara umum masyarakat Cibal yang ada di luar kampung kelahirannya kaget ketika mendengar kabar bahwa dirinya mundur dari pencalonan DPRD Manggarai.

Para pendukungnya yang sudah dari awal telah berjuang bersama ikut merasa kecewa atas keputusan finalnya tersebut.

Secara pribadi ia juga merasa kecewa dengan niat baiknya untuk menyalurkan aspira masyarakat. Akan tetapi  nampaknya  ia secara rasional sudah mengkaji kecemasan dari keluarga.

Mengikuti saran keluarga, katanya, merupakan keputusan final dalam pertarungan politik.

Begitulah, tempat berpulang paling indah untuk setiap keputusan baginya adalah keluarga. Kecemasan keluarga berarti kecemasannya, persiapan keluarga juga persiapannya. Bahagia keluarga adalah bahagia bersama.

Menjadi wakil rakyat terlebih dahulu harus melihat kembali suara-suara keluarga dengan segala pertimbangannya.

Semoga sudah tidak ada rintangan lagi di tahun 2024 Saferius Ses.

Penulis: Arsi Juwandi - Jurnalis MarjinNews Wilayah Manggarai Raya