PLTA Cunca Lega Tak Kunjung Dibangun, Masyarakat Merasa Ditipu oleh Bupati Deno
Cari Berita

PLTA Cunca Lega Tak Kunjung Dibangun, Masyarakat Merasa Ditipu oleh Bupati Deno

MARJIN NEWS
24 October 2018

Foto: Istimewa
Ruteng, Marjinnews.com -- Pada  awal tahun 2018 tepatnya pada tanggal 19 Januari, Bupati Manggarai Deno Kamelus beserta Wakilnya Viktor Madur melakukan acara peletakan batu pertama dalam rangka pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Cunca Lega, Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara.

Pada saat itu tokoh masyarakat sekitar sangat mengapresiasi acara tersebut. Mengingat kebutuhan listrik sudah lama didambakan oleh masyarakat.

Kabarnya jika PLTA Cunca Lega berhasil dibangun maka bisa menghasilkan listrik kurang lebih sebesar 2 Mega Watt. Dengan kapasitas listrik yang dihasilkan PLTA tersebut, diyakini akan mampu menerangi sepuluh desa di sekitar lokasi.

Tetapi setelah dilakukannya peletakan batu pertama hingga sekarang, belum ada tanda-tanda dimulainya pembangunan PLTA tersebut. Melihat itu, masyarakat menjadi resah. Mereka mulai mengeluh dan bertanya-tanya, kira-kira apa gerangan sehingga PLTA di Cunca Lega belum juga dibangun.

Tokoh muda dari Rahong Utara, Yohanes Nangkor kepada marjinNews mengatakan bahwa masyarakat kini merasa ditipu oleh Bupati Deno. Pasalnya, pada awal peletakan batu pertama Bupati Deno mengatakan bahwa ini merupakan simbol dimulainya pembangunan PLTA di Cunca Lega.

“Yang saya tahu sekarang masyarakat merasa dibohongi oleh Bupati Deno. Saya sendiri pun merasa demikian, dipermainkan, dibodohi. Karena waktu kesini Bupati Deno bilang bahwa dengan begini (red: peletakan batu pertama) maka pembangunan PLTA ini sudah dimulai," ujar Yohan.

Di lain tempat Kepala Desa Pong Lengor melalui stafnya, atas nama Edi Suwardy mengatakan bahwa, pihak PT. Gistec Prima Energindo selaku pelaksana sampai sekarang tidak melakukan koordinasi dengan pihak desa. Oleh karena itu pihak desa tidak tahu tentang kelanjutan dari pembangunan PLTA tersebut.

“Saya sudah tanya ke Kepala Desa. Katanya investornya tidak pernah lagi melakukan koordinasi dengan Beliau. Bahkan Beliau bilang siapa pun yang ingin tahu kejelasan dari kelanjutan pembangunan PLTA di Cunca Lega agar menanyakannya langsung ke Bupati Deno," kata Edi Melalui Pesan WhatsApp.

Hingga berita ini diturunkan pihak MarjinNews belum berhasil menghubungi Bupati Deno. (*)

Penulis: Eman Jabur
Editor: Remigius Nahal