Sangat Bermanfaat! Berikut Fungsi Lain Jerami
Cari Berita

Sangat Bermanfaat! Berikut Fungsi Lain Jerami

MARJIN NEWS
2 September 2018

Foto: Ist
Marjinnews.com -- Jerami, salah satu limbah pertanian yang tidak banyak dimanfaatkan sebagian besar petani. Bahkan sebagian orang menganggap jerami sebagai sampah yang harus disingkirkan dari lahan pertanian dengan cara dibakar atau dibuang ke sungai tanpa memikirkan dampak bagi lingkungan.

Tidak bisa dipungkiri sedemikian rendah pengetahuan kita tentang pemanfaatan limbah pertanian untuk meningkatkan perekonomian dan kesuburan tanah.

Jika mampu mengolahnya, jerami adalah produk sampingan yang menjanjikan sebagai penambah penghasilan selain dari hasil bumi berupa padi untuk bahan makanan pokok baik manusia dan binatang ternak.

Manfaat Jerami Sebagai Pakan Ternak

Jerami memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan ternak sebagai asupan untuk mencukupi bahan pakan musiman, akan tetapi dengan pengolahan yang benar akan meningkatkan kadar gizi semisal difermentasi menggunakan ragi jerami lebih tinggi dibanding diberikan dalam keadaan segar atau kering selain itu juga lebih awet.

Leter Atau Alas Kandang Ternak Dengan Jerami

Jerami sangat baik sebagai alas kandang ternak terutama itik  untuk mencegah lantai kandang kotor dan basah sehingga mengundang berbagai bibit penyakit.

Membuat Pupuk Dari Jerami

Penggunaan jerami sebagai bahan pupuk memang jarang yang menggunakan, biasanya jerami hanya dibiarkan hingga membusuk dalam tumpukan dipinggir sawah, setelah busuk baru dilemparkan kembali ke lahan. Banyak cara mengolah jerami sebagai pupuk organik yang memiliki kandungan nitrogen tinggi pengganti urea.

Membuat Kerajinan Dari Batang Padi/Jerami

Kerajinan berbahan jerami akan memberikan nilai tambah bagi petani ketika menunggu saat tanam atau panen dengan memanfaatkan jerami atau batang padi sebagai bahan kerajinan anyaman membuat berbagai bentuk yang layak jual. Berbagai produk bisa dibuat menggunakan jerami padi mulai dari atap dan dinding rumah, dan beberapa mainan anak dari batang padi.

Jerami Sebagai Bahan Kosmetik

Shampoo merang, siapa tak mengenalnya. Shampoo berbahan merang atau batang padi ini cukup populer dikalangan masyarakat kita karena berfungsi menghitamkan rambut dan memberi nutrisi pada akar rambut. Penggunaan secara langsung bisa dengan menaburkan arang jerami atau merang dikepala dan bilas hingga bersih.

Jerami Bahan Baku Minuman Tradisional

Minuman khas dari daerah Purworejo berbahan jerami padi sebagai pewarna hitam memberikan ciri khas minuman tradisional dawet hitam manis berbahan gula kelapa, beras ketan, dan arang jerami.

Mengatasi Rambut Rontok

Merang atau batang padi adalah salah atu cara tradisional untuk mengatasi rambut rontok. Merang berkhasiat untuk menebalkan dan menguatkan rambut anda sehingga tidak mudah mengelami kerontokan. tetapi memang tidak semua masyarakat Indonesia dapat menjumpai merang, namun tidak ada salahnya saya membagi tips ini untuk anda. Untuk menghasilkan ramuan tradisional dari merang, anda terlebih dahulu harus membakar jerami padi yang sudah kering hingga menjadi abu, kemudian campurkan abu tersebut dengan satu gayung air, dan diamkan semalam. Keesokan harinya, gunakan air campuran tersebut untuk keramas dan bilaslah dengan air bersih.

Demikian beberapa fungsi lain jerami yang jarang kita ketahui. Selamat mencoba!!

Penulis: Tini Pasrin-Jurnalis Marjinnews Malang
(Disadur dari berbagai sumber)