Menang Perkara dengan KPU, Dua Caleg PKB Manggarai Akhirnya Bisa Ikut Pileg 2019
Cari Berita

Menang Perkara dengan KPU, Dua Caleg PKB Manggarai Akhirnya Bisa Ikut Pileg 2019

MARJIN NEWS
26 September 2018

Foto: Istimewa
Ruteng, Marjinnews.com — Sengketa antara DPC Partai Kebangkitan Bangsa Manggarai dengan Komisi Pemilihan Umum Manggarai berakhir di Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kabupaten Manggarai.

Oleh Bawaslu Manggarai, pihak PKB Manggarai dinyatakan menang atas perkara dua Bacaleg Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang sebelumnya dianulir dari penetapan daftar Bacaleg oleh KPUD Kabupaten Manggarai (Senin, 24/09/2018).

Ketua DPC PKB Kosmas Banggut, SE. kepada mengatakan, tidak ada yang luar biasa atas perkara ini sebab ini merupakan perkara politik.

“Kemenangan dalam perkara ini tidak ada yang luar biasa, sebab ini namanya perkara politik, tentu saya selaku ketua DPC PKB Manggarai mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memperjuangkan para CALEG dari Partai PKB untuk mengikuti pesta Demokrasi 2019 mendatang,” ujar Kosmas

Kosmas juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Banwaslu Kabupaten Manggarai atas amar putusan yang memenangkan Partai yang di nahkodainya.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Banwaslu Kabupaten Manggarai atas keputusan pada hari ini, sehingga kami bisa memulai dalam proses pemenangan Partai PKB di perhelatan Pilpres dan Pileg 2019 mendatang”

Lebih lanjut ketua DPC PKB Kabupaten Manggarai Kosmas Banggut, SE. berharap, agar partai PKB di Manggarai menjadi besar, peristiwa ini juga merupakan sebuah proses pendidikan politik bagi dirinya dalam menahkodai Partai PKB Manggarai.

Dihubungi via telpon selular, Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Manggarai, Niko Nirang sekaligus pihak termohon untuk mengkonfirmasi terkait putusan ini, namun sayangnya informasi dari keluarga yang mengangkat telpon pribadinya bahwa beliau tidak ada di tempat.

Sidang putusan dilaksanakan di ruang fraksi DPRD Kabupaten Manggarai di karenakan ruang sidang Banwaslu terlalu sempit lantaran peserta yang hadir cukup banyak, sebab sifat sidang tersebut terbuka untuk umum.

Ada lima amar putusan Banwaslu Kab. Manggarai terkait sidang perkara antara DPC PKB Manggarai dengan KPUD Kab. Manggarai yang di pimpin ketua majelis sidang Marselina Laurensia, M. Pd. diantaranya:

Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya

Membatalkan Berita Acara rapat pleno KPUD Kabupaten Manggarai tentang penetapan calon sementara anggota DPRD Kab. Manggarai yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai calon.

Memerintahkan KPUD Kabupaten Manggarai untuk mengeluarkan Berita Acara tentang DCSHP dengan mengakomodir sdr. Yeremias Jehama, A. Md. Sebagai bakal calon anggota DPRD Kabupaten Manggarai.

Memerintahkan KPUD Kabupaten Manggarai untuk memberitahukan kepada pemohon agar mengajukan pengganti bakal calon anggota DPRD Kabupaten Manggarai atas nama Saveridus Yohanes Gampar, S. Pd. dengan bakal calon baru.

Memerintahkan KPUD Kabupaten Manggarai untuk melaksanakan putusuan ini paling lama 3 (tiga) hari sejak putusan ini dibacakan.

Untuk diketahui, bacaleg atas nama Yeremias Jehama dilaporkan masyarakat menjabat sebagai Kepala Desa Popo Kecamatan Satarmese Utara dan KPU menetapkannya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk Bacaleg dari partai pengusung PKB Kab. Manggarai. (*)

Editor: Remigius Nahal