Gelar Deklarasi #Kita_Indonesia, PMKRI: Indonesia adalah Anugerah yang Harus Disyukuri
Cari Berita

Gelar Deklarasi #Kita_Indonesia, PMKRI: Indonesia adalah Anugerah yang Harus Disyukuri

MARJIN NEWS
30 September 2018

Foto: PMKRI Malang
Malang, marjinnews.com - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) menggelar deklarasi #Kita_Indonesia di lokasi Car Free Day, Idjen, Kota Malang (30/9).

Kegiatan yang menghimpun massa 500an orang itu mengetengahkan tema "Merawat Persatuan Indonesia" untuk merespon isu SARA jelang pemilihan presiden 2019 mendatang.

"Tak bisa dipungkiri isu SARA menjadi komoditas politik, dan dampak kerusakan sosialnya sangat terasa di akar rumput", kata Rinto Namang, Presidium Gerakan Kemasyarakatan Pengurus Pusat PMKRI.

Lebih lanjut, Ia menyebut bahwa tujuan daripada kegiatan deklarasi #Kita_Indonesia merupakan respon mahasiswa terhadap isu SARA yang berkembang dengan mengajak sebanyak mungkin mahasiswa dan masyarakat umumnya bersama-sama menjaga persatuan.

"Tujuan kita agar semangat persatuan tetap terjaga meski di sana-sini banyak yang ingin mengoyak bingkai keindonesiaan kita dengan SARA", tandasnya.

Ia menuturkan bahwa PMKRI akan selalu konsern pada isu persatuan Indonesia dan komit untuk memerangi isu SARA.

"Sebagai mahasiswa, sudah menjadi tugas kita untuk menjaga persatuan bangsa dan memupuk toleransi antarsesama anak bangsa", imbuhnya.

Lulusan Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara itu menambahkan bahwa momentum harusnya dirayakan dengan sukacita bukan pertentangan dan kebencian.

"Memilih pemimpin memang penting untuk periodisasi 5 tahunan, tetapi yang jauh lebih penting adalah menjaga Indonesia agar tetap lestari," kata dia.

Dia juga menghimbau agar perbedaan pandangan jangan sampai mencederai nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan. Perbedaan harus dirayakan, kemanusiaan harus dijunjung tinggi, dan persatuanlah yang menjembatani semua itu.

"Mari kita bersama-sama merawat tenun kebangsaan sebab Indonesia jauh lebih utama dari segala perbedaan. Di atas segalanya, Indonesia harus kita syukuri sebagai anugerah yang harus dilestarikan," kata dia. (TP/MN)