Belajar Berdemokrasi, OSIS SMA Widya Bhakti Ruteng Gelar Pemilihan Ketos
Cari Berita

Belajar Berdemokrasi, OSIS SMA Widya Bhakti Ruteng Gelar Pemilihan Ketos

22 September 2018

Foto: WS/MN
Ruteng, marjinnews.com - Indonesia adalah negara demokrasi. Negara yang meletakan legitimasi rakyat sebagai pilar utama membangun sebuah bangsa melalui Pemilu yang bebas, jujur dan adil. Pendidikan demokrasi harus dilaksanakan sejak dini kepada generasi bangsa. Selain karena mereka memiliki hak untuk menentukan pilihan mereka, pendidikan demokrasi juga melatih generasi penerus untuk sadar akan keterlibatannya sebagai masyarakat dalam sebuah negara.


Model kesadaran seperti inilah yang terjadi di lingkungan civitas akademik SMA Widya Bhakti Ruteng dengan menyelenggarakan sebuah pesta demokrasi untuk memilih calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) pada Sabtu (22/9/2018) waktu setempat.


Proses pemilihan yang dihelat di halaman sekolah, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong berlansung layaknya pemilihan umum. Pemilihan itu menghadirkan empat pasangan kandidat, calon ketua dan wakil. Keempatnya yaitu, pasangan nomor satu Florianus Rudini dan Kamelus R. Ngadur, nomor dua Gregorius Masang dan Yakobus Jarut, kandidat nomor tiga Saverinus Jeharut dan Donatalia D. Hadu dan nomor empat Antonius Y. Egong dan Osvaldus B. Patrin.

Tidak jauh beda dengan proses Pemilu, terdapat tiga kotak suara dan tiga bilik suara yang disediakan penyelenggara pemilihan OSIS di tengah lapangan. Ketiga kota suara itu untuk kelas 10, kelas 11, kelas 12.

Dengan jumlah daftar pemilih di ajang pesta demokrasi tahunan itu sebanyak 572 siswa, para kandidat juga telah melakukan kampanye terbuka untuk menyampaikan visi misi mereka di hadapan lima ratusan pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

Kepala SMA Widya Bhakti Nobertus Harum meminta kontestan yang mengikuti pemilihan agar dapat menerima hasil penghitungan suara nantinya dengan profesional dan bijak.

"Saya berharap kandidat yang bersaing dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya menjadi sosok dapat memberi contoh positif bagi teman-temannya," ujar Harum melalui rilis yang dikirim Humas SMA Widya Bhakti Ruteng, Willy Sampur kepada marjinnews.com pada Sabtu (22/9/2018) siang.

Berdasarkan laporan yang diterima marjinnews.com, Pemilu tingkat OSIS SMA Widya Bhakti itu berhasil memenangkan pasangan nomor urut satu yaitu Florianus Rudini yang berpasangan dengan Kamelus R. Ngadur, setelah meraih suara terbanyak dengan perolehan 228 suara mengungguli tiga pasangan lainnya. (WS/MN)