Pembangunan Sarana Wisata di TNK Meningkatkan PAD Mabar
Cari Berita

Pembangunan Sarana Wisata di TNK Meningkatkan PAD Mabar

MARJIN NEWS
22 August 2018

Menurut Gusti Dulla, pembangunan di kawasan TNK tersebut dapat memberi manfaat bagi masyarakat Mabar. (Foto: Ist)
Labuan Bajo, Marjinnews.com –- Penolakan terhadap pembangunan rest area di kawasan Taman Nasional Komodo dilakukan oleh Forum Masyarakat Peduli Parawisata Manggarai Barat. Mereka menolak investasi di Kawasan TNK karena menganggap akan merusak ekosistem binatang Komodo di masa yang akan datang.

Merekapun menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Mabar, Kantor Bupati Mabar, dan Kantor TNK.

Massa aksi menuntut agar segala bentuk pembangunan di kawasan TNK dihentikan.

Namun disisi lain, penguasa tertinggi di kabupaten pemilik Binatang Langkah itu yakni Bupati Manggarai Barat  (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT) Agustinus Ch Dulla mendukung Pembangunan yang ada di kawasan TNK.

Hal ini di ungkapkan oleh Bupati Gusti Dulla saat rapat bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diwakili oleh Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Wiratno dan rombongan saat beraudiensi dengan sejumlah masyarakat Mabar serta PT Segara Lestari Komodo (SLK), di Hotel La Prima, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa (21/8/2018).

Menurut Gusti Dulla, pembangunan di kawasan TNK tersebut dapat memberi manfaat bagi masyarakat Mabar.

Dula menyebutkan, pembangunan sarana wisata alam oleh kedua PT ini untuk menjaga konservasi. Kehadiran kedua PT ini dikatakan bupati Gusti dapat membawa manfaat.

"Asalkan masyarakat diberdayakan," tegas Dula.

Ia menambahkan, tujuan untuk mengeluarkan izin untuk membangun tempat penginapan dan wisata di Pulau Rinca dan Padar di dalam kawasan TNK kepada PT Segara Komodo Lestari (SKL) dan PT Komodo Ecotourism Wildlife (KWE) agar dapat menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mabar.

“Dan saya punya keinginan agar kawasan TNK dengan kehadiran dua PT ini, menjadi sumber. Sumber biaya pendidikan sekolah, sumber paramedis, sumber-sumber air bersih. Menurut saya, terkait pro (setuju) dengan PT ini, ya, saya pro,” ungkapnya. (*)