Jalan Lintas Kampung Hendak Diaspal, Warga Mengapresiasi Kades Rengkam
Cari Berita

Jalan Lintas Kampung Hendak Diaspal, Warga Mengapresiasi Kades Rengkam

MARJIN NEWS
22 August 2018

Adapun pembangunan jalan sepanjang jalur Rengkam-Dahang itu akan mulai dikerjakan pada September mendatang.  (Foto: MarjinNews)
Borong, marjinnews.com - Warga Desa Rengkam, Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kabupaten Manggarai Timur akhirnya bisa menghela napas lega pasca mulai bermunculnya bahan material untuk pembuatan jalan raya lintas desa di kampung mereka.

Menurut pengakuan warga setempat selama ini jalan di kampung itu masih hanya sebatas bebatuan bercampur tanah. Adalah Barcelinus Botor, masyarakat kampung Dahang mengatakan bahwa hal tersebut tidak lepas dari peran Kepala Desa yang sangat baik dalam memanajemen pengelolaan dana desa untuk kepentingan masyarakat.

"Kami sebagai warga masyarakat disini tentu sangat mengapresiasi dan tidak pernah lupa untuk berterima kasih kepada kepala desa Rengkam atas usaha memperbaiki jalan yang selama ini hanya beralas batu dan tanah" ujarnya kepada marjinnews.com pada Rabu (22/8/2018).

Barcelinus juga menekankan bahwa penumpukan material seperti krikil dan beberapa bahan lainnya merupakan pertanda bahwa akan ada pembangunan di desanya.

"Material sepanjang jalan hingga ke kampung Dahang ini pertanda penting bahwa akan ada pembangunan aspal yang merupakan harapan dan mimpi kami semua selama ini" katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Rengkam Fransisku Yunsun menjelaskan bahwa program pembuatan jalan yang dimaksud merupakan hasil musyawarah desa yang memanfaatkan anggaran tahun 2018 untuk biaya pembangunan.

"Ini hasil dari kesepakatan kami dalam musyawarah desa beberapa waktu lalu dan sudah disahkan dalam APBDES TA 2018. Rencananya pembangunan jalan hingga ke Natas Dahang lalu dilanjutkan ke Dangka Telu. Selain itu, kita juga akan membangun akses dari Dangka Para menuju Kampung Ntorang" terang Kades yang akrab disapa Frans itu.

Beberapa pembangunan juga menurut dia akan dilakukan di Desa Rengkam seperti membangun jalan baru dari wilayah Topak hingga sampai ke jalan Desa Compang Dari.

"Bukan hanya melaksanakan pembangunan jalan, kami juga melakukan berbagai macam kegiatan padat karya dengan melibatkan masyarakat secara langsung seperti penggalian dan pembersihan got menuju Wae Togong. Kami juga akan melakukan dan membuat drainase di tanah keliling desa di Wae  Dimpung" tutupnya.

Adapun pembangunan jalan sepanjang jalur Rengkam-Dahang itu akan mulai dikerjakan pada September mendatang. Beberapa perencanaan awal seperti persiapan material kebutuhan pembuatan aspal sudah mulai diadakan sejak beberapa minggu terakhir untuk pembangunan akses jalan desa sepanjang 1015 meter itu. (ADE/MN)