Hari Ini PAN Menentukan Arah Koalisi: Jokowi atau Prabowo?
Cari Berita

Hari Ini PAN Menentukan Arah Koalisi: Jokowi atau Prabowo?

MARJIN NEWS
9 August 2018

Hari Ini PAN Gelar Rakernas, Untuk Menentukan Arah Koalisi di Pilpres 2019. (Foto: Ist)
Jakarta, Marjinnews.com -- Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) hari ini guna menentukan sikap pada Pilpres 2019.

Untuk diketahui, sejauh ini, ada dua kubu koalisi Pilpres 2019. Kubu itu ialah petahana Presiden RI Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Lagi dua hari batas akhir pendaftaran Capres-Cawapres oleh KPU, kejutan terjadi di kubu sang penantang Jokowi yaitu kubu Prabowo Subianto.

Partai Demokrat yang sebelumnya menyatakan mengikat koalisi dengan Partai Gerindra, kini membelot dan menuding jual beli Cawapres terjadi di lingkaran Oposisi tersebut.

Pada Rabu (8/8/2018) kemarin, sejumlah pimpinan Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN menggelar rapat di Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Hasilnya, mereka tetap mendorong Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai cawapres Prabowo Subianto. Namun, jawaban Zulkifli soal arah politik PAN cukup mengejutkan.

"Kalau mau sehat, naik sepeda, ha-ha-ha...," kata Zulkifli. Selama ini sepeda identik dengan Jokowi, yang sering bagi-bagi hadiah kendaraan roda dua itu.

Zulkifli tak menampik ada hambatan dalam koalisi Prabowo. Dia menilai pembahasan akan memerlukan waktu lebih panjang.

"Ada dinamis, perkembangan baru. Nah, oleh karena itu, menarik. Kita ikuti saja perkembangan. Hari-hari ini kelihatannya akan panjang, ya. Nggak 24 jam, mungkin 48 jam, nih," kata Zulkifli.

Nantinya, keputusan politik PAN untuk berkoalisi dengan kubu siapa, akan diputuskan di rakernas yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta.

Dilain sisi, DPW PAN se-Indonesia mendukung Ketum Zulkifli Hasan menjadi cawapres Prabowo Subianto.

Dukungan DPW PAN se-Indonesia terhadap Ketua MPR-RI itu digelar rapat koordinasi secara maraton.

"Jadi kami baru selesai rapat koordinasi, konsultasi, sekaligus menyampaikan aspirasi dari DPW PAN seluruh Indonesia dan keputusannya adalah PAN tetap (memegang) komitmen sesuai dengan hasil rakernas, yaitu Prabowo dengan Zulkifli Hasan," ujar Ketua DPW PAN Sulbar Asri Anas di rumah dinas Zulkifli, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta, Rabu (8/8) malam.

Dalam Rakernas yang dilaksanakan oleh partai berlambang Mata Hari Terbit itu hari ini terbuka mekanisme voting dalam pengambilan keputusan. (RN/MN)