Hanya 6 Unit Rumah Adat yang Luput dari Kebakaran di Objek Wisata Kampung Adat Gurusina Ngada

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Hanya 6 Unit Rumah Adat yang Luput dari Kebakaran di Objek Wisata Kampung Adat Gurusina Ngada

MARJIN NEWS
13 August 2018

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun, 25 dari 32 unit rumah adat Gurusina ludes dilalap si jago merah. (Foto: Ist)

Ngada, Marjinnews.com -- Kebakaran hebat melanda kampung adat Gurusina, yang terletak di Desa Watu Manu, Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada pada Senin (13/8) sore.

Insiden kebakaran objek wisata ternama di Kabupaten Ngada ini terjadi sekitar pukul 18.00 Wita.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun, 25 dari 32 unit rumah adat Gurusina ludes dilalap si jago merah.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada dalam postingannya di Facebook menulis, dari 32 rumah adat di Kampung Gurusina Jerebuu, hanya tersisa 6 yang luput dalam kebakaran.

Kadis Todis dalam postingannya itu juga menjelaskan, tim penyelamat atau SAR Kabupaten Ngada sudah sampai di lokasi kebakaran. 

Sementra itu langkah sigap dari TNI Kodim 1625 Ngada, yang dipimpin Dandim 1625 Ngada, Flores Letkol. Inf. Made Putra Suwartawan langsung bertindak.

Dalam laporannya, Kodim 1625 Ngada menerangkan sejumlah langkah tindakan cepat yang dikerjakan usai menerima laporan adanya peristiwa kebakaran di Perkampungan Gurusina, itu yakni langsung melakukan koordinasi dengan BPBD, Dinas Sosial dan Polres Ngada untuk bantuan tenda, dapur umum dan logistik berupa mie, beras dan bahan makanan lainnya (sembako) ke lokasi yang tertimpa musibah.

Dijelaskan, Kodim 1625 Ngada juga langsung mengirimkan Personil TNI Kodim 1625 menuju lokasi kebakaran, membantu membangun tenda dan dapur umum serta melakukan pengamanan di lokasi kejadian dan sekitarnya, bersama kebutuhan-kebutuhan lain berdasarkan perkembangan lapangan.

Berdasarkan data perhitungan sementara pihak Kodim 1625 Ngada, adapun perkiraan sementara yang dibutuhkan oleh masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran, yakni Tenda Peleton 10 unit, Sembako, 2 unit Dapur Umum, 5 unit MCK, 1 unit tenda Posko (tenda regu), 1 unit dan Pelayanan Kesehatan. (*)