Warga Satar Mese Berharap Pemkab Manggarai Promosikan Tempat Wisata Golo Mompong
Cari Berita

Warga Satar Mese Berharap Pemkab Manggarai Promosikan Tempat Wisata Golo Mompong

MARJIN NEWS
11 June 2018

Situs ini dapat dijadikan salah satu highlight dalam penyusunan paket wisata oleh para pemegang biro perjalanan wisata jika pemerintah Manggarai memberikan dukungan untuk membangun sarana dan prasarana ke lokasih tujuan. (Foto: Marjinnews)
Ruteng, Marjinnews.com - Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Pelajar Satar Mese bersama UKM Budaya dan Pariwisata STKIP St. Paulus Ruteng mendapatkan apresiasi dari warga Poco Leok yang merupakan orang keturunan dari  Golo Mompong pada Minggu (10/06) kemarin.

Kehadiran para mahasiswa menyadarkan masyarakat setempat untuk mempromosikan wisata Golo Mompong yang sampai saat ini belum diketahui oleh publik. 

Harapannya, masyarakat Poco Leok akan sadar dengan kehadiran para wisatawan yang nantinya akan berpengaruh juga terhadap penjualan hasil bumi di kampung mereka.

Apresiasi ini disampaikan oleh Kamilus Pambut, S.Pd salah satu tokoh pemuda Poco Leok yang saat ini sudah bergelut di dunia pariwisata. 

Kamelus menyampaikan bahwa Golo Mompong merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah yang sangat luar biasa dengan bukti peninggalan para leluhur yang ada di lokasih ini.

"Dua meriam yang merupakan bukti tersisah dari leluhur yang tinggal di Golo Mompong pada masa lampau," terangnya.

Tambah Kamilus, jika diliat dari sisi letak, tempat ini memiliki pemandangan yang sangat spektakuler, dan para pengunjungpun bisa melihat ke berbagai arah di sekitar kecamatan Satar Mese, katanya.

Lanjut Kamilus, tentunya situs ini dapat dijadikan salah satu highlight dalam penyusunan paket wisata oleh para pemegang biro perjalanan wisata jika pemerintah Manggarai memberikan dukungan untuk membangun sarana dan prasarana ke lokasih tujuan yaitu Golo Mompong.

"Maksudnya, para wisatawan yang datang dapat jalan menuju lokasi Golo Mompong," tukasnya.

Apabila situs sejarah ini mendapat perhatian Pemerintah dan Dinas Pariwisata Manggarai, maka peningkatan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat akan tercapai.

Menurut Kamilus, bagaimanapun juga tentunya para wisatawan yang mengunjungi lokasi ini akan mencari atau membeli produk-produk lokal seperti halnya di desa wisata yang lain di Flores.

"Dengan demikian jika aktivitas pariwisata di Golo Mompong dapat berjalan maka pertumbuhan ekonomi Masyarakat Poco Leok dapat meningkat," pungkasnya. (*)


Editor: Remigius Nahal