Mengenal Kopi Flores, Buah Tangan Arjen Robben dari Labuan Bajo

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Mengenal Kopi Flores, Buah Tangan Arjen Robben dari Labuan Bajo

MARJIN NEWS
18 June 2018

Kebun kopi untuk jenis Arabica dari manggarai ini memiliki persebaran yang lebih besar dibandingkan dengan Bajawa (Foto: Kompas.com)
Labuan Bajo, marjinnews.com - Kabar kedatangan pemain profesional Belanda ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk berlibur sejak Rabu (13/6/2018) hingga Minggu (17/6/2018) sore masih ramai diperbincangkan oleh masyarakat dunia maya maupun di dunia nyata.
Sebagai orang Flores, kedatangan Arjen Robben merupakan sesuatu yang patut disyukuri. Bukan karena dia pemain hebat dan sudah dikenal banyak orang, tetapi karena pilihannya berlibur ke Labuan Bajo itu sungguh merupakan hal yang sangat istimewa.

Selepas berlibur selama tiga hari bersama istri dan ketiga anaknya, banyak orang bertanya-tanya apa kira-kira oleh-oleh  pemain sepak bola asal Belanda itu untuk dibawa pulang. Dilansir kompas.com Arjen ternyata memilih kopi Flores dan Bolu Pisang sebagai kenangan.

Hal ini diketahui karena pada saat berada di Bandara Komodo, Minggu siang, Robben mampir di La Bajo Flores Coffee, yang berada tepat di depan ruang tunggu penumpang, untuk membeli oleh-oleh khas Labuan Bajo.

"Tadi sekitar pukul 12.30 Wita, Arjen Robben mampir di kafe dan membeli Kopi Flores La Bajo dan Banana Cake," kata Founder La Bajo Flores Coffee, Wemmi Sutanto pada Minggu sore.

Menurut Wemmi, ketika berada di kafenya, Robben pun hanya berdiri beberapa saat saja, karena banyaknya warga yang antusias untuk mengajak foto bersama.

"Saya merasa terharu, ternyata bintang sekelas Arjen Robben tertarik akan produk-produk lokal seperti kopi Flores La Bajo dan kue Bolu Pisang," ucap Wemmi.
Kebun kopi untuk jenis Arabica dari manggarai ini memiliki persebaran yang lebih besar dibandingkan dengan Bajawa (Foto: Istimewa)
Mengenal kopi Flores
Salah satu kopi terkenal yang saat ini sedang banyak dicari oleh para pecinta kopi adalah jenis kopi yang berasal dari daerah Flores. Kopi Flores ini memang memiliki aroma dan juga cita rasa yang berbeda dari yang lain. Kelebihan dan berbagai macam manfaat bisa didapatkan dari kopi daerah Flores ini.

Semua kelebihan kopi yang satu ini tergantung dari ketinggian daerah yang digunakan untuk menanam tanaman kopi sehingga menghasilkan biji dengan kualitas terbaik yang pernah ada. Selain dari itu, ketinggian yang bisa berpengaruh terhadap hasil biji yang akan didapatkan, proses panen ini akan berpengaruh pula terhadap biji kopi tersebut.

Kopi jenis Arabica yang ditanam di daerah Flores adalah kopi yang ditanam pada ketinggian sekitar 1000 sampai 1550 meter diatas permukaan air laut. Pada ketinggian ini maka bisa dipastikan bahwa hasil yang akan di dapatkan akan memiliki kualitas tinggi. Di daerah Flores, kopi jenis ini tepatnya ditanam di dataran tinggi Ngadha yang merupakan salah satu kawasan pertemuan dua lereng gunung berapi.

Secara administrative, daerah tersebut terletak di kecamatan Bajawa dan kecamatan Golewa. Pada tanah yang subur ini memiliki suhu rata-rata 15 – 25 derajat celcius yang sangat cocok untuk ditanami tanaman kopi. Budidaya kopi Bajawa ini sudah turun temurun sehingga hampir semua penduduknya menanam kopi di sekitar rumah mereka.

Perkebunan mereka juga masih sangat asri dan penanaman yang dilakukan untuk kopi bajawa ini masih dilakukan dengan sistem manual. Mulai dari penanaman, pemupukan sampai pada tahap pemanenan masih dilakukan dengan cara tradisional.

Kemudian untuk kopi dari Manggarai sendiri terletak di Kabupaten Manggarai. Salah satu dari jenis kopi dari Flores ini memiliki ciri khas masing-masing yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Kopi yang berasal dari daerah Manggarai di Flores ini ditanam pada area yang sama dengan ketinggian yang sama pula dengan penanaman kopi Bajawa.

Tidak hanya itu saja, Kopi yang terkenal dengan aromanya yang kuat ini sudah tersebar di seluruh daerah Flores yang hampir semua penduduknya memang bermata pencaharian dari hasil kebun kopi mereka. Kebun kopi untuk jenis Arabica dari manggarai ini memiliki persebaran yang lebih besar dibandingkan dengan Bajawa.

Selain dari itu, kedua kopi ini memang sudah di ekspor ke berbagai negara di seluruh dunia dan menjadi salah satu wilayah ekspor paling tinggi untuk kopi. Salah satu negara yang sudah bekerja sama dengan Indonesia adalah Negara America. Negara adidaya ini sudah menjalin kerjasama dalam bidang ekspor kopi Flores. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan yang memang lebih banyak menyukai jenis kopi dari Flores ini.

Karakteristik yang dibawa oleh Kopi daerah Indonesia timur ini umumnya memiliki biji yang berukuran besar. Selain ukuran juga memiliki warna yang berkilauan sehingga menandakan bahwa kualitas dari kopi ini sudah termasuk kualitas tinggi. Selain itu juga aromanya yang tajam serta cita rasanya yang sangat kuat ini menjadikan para pecinta kopi lebih menikmati setiap sruputan kopi yang membuat lidah mereka sangat mengena.

Berbagai alasan memang memberikan kesan yang sangat baik untuk kedua jenis kopi ini. Walaupun memang memiliki harga yang sangat mahal dibanding dengan kopi lainnya, kopi yang berasal dari Indonesia bagian Timur yaitu Flores ini memang memiliki kualitas yang tidak bisa diragukan lagi. Bahkan kopi ini sudah menjadi salah satu kopi nusantara yang terbaik yang pernah ada.

Biasanya harga dari kopi Manggarai dan juga Kopi Bajawa ini dipatok dengan harga sekitar 60 ribu keatas setiap kilonya. Harga ini sebanding dengan rasa dan juga kenikmatan yang bisa didapatkan oleh mereka yang menyukai kopi Flores.

Ayo minum kopi Flores!

Oleh: Andi Andur