Keren! Ada Hutan Mirip Mirkwood Dalam Film Lord of The Ring di NTT
Cari Berita

Keren! Ada Hutan Mirip Mirkwood Dalam Film Lord of The Ring di NTT

17 June 2018

Panorama hutan yang menakjubkan akan hadir di hadapan kalian, segera setelah melewati komplek batu-batu purba di Fatu Kolen, Fatu Taapan, dan Fatu Naususu (Foto: herworld.com)
Feature, marjinnews.com - Libur panjang telah tiba, kemana kalian hendak melangkahkan kaki kawan-kawan? Tenang saja, kali ini kami merekomendasikan tempat paling bagus untuk mengisi liburan panjang kalian nanti. Tempat ini sangat istimewa, asli belum terjamah sama sekali. Sebelum lanjut membaca, buka handphone kalian lalu dengarkan lagunya Zack Brown Band berjudul "Knee Deep" supaya imajinasi tentang suasana liburannya lebih berkesan (hehehe). 

Jika kawan-kawan muda pernah menonton film The Hobbit dan The Hobbit: The Desolation of Smaug dengan latar hutan Middle-Eart hasil imajinasi J.R.R. Tolkien atau kalian termasuk kategori Lord of The Ring Die-Hard-Fans, coba bayangkan suasana mistis hutan Mirkwood. Kalau sudah terekam dengan baik, pernah nggak kepikiran hendak ke sana? Memang bisa? Bisalah toh tempatnya ada di Indonesia. Serius? Ada kok yang mirip keduanya.

Jadi tempat spesial ini letaknya di Desa Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Disini kawan-kawan sekalian bisa melihat  bentang indah perbukitan dan lembah, juga panorama Gunung Mutis yang mempesona. 

Panorama hutan yang menakjubkan akan hadir di hadapan kalian, segera setelah melewati komplek batu-batu purba di Fatu Kolen, Fatu Taapan, dan Fatu Naususu. Batu-batu besar ini berbentuk unik dan kalian akan disambut oleh pohon-pohon Ampupu/eukaliptus berusia ratusan tahun yang ketika kabut datang tampak begitu mistis dan sangat mirip dengan pohon-pohon besar di Mirkwood Forest, pohon-pohon ini akan menyapa Anda di perjalanan menuju Gunung Mutis. 

Penduduk setempat menyebut pohon-pohon ini bonsai alam karena tampilannya yang seperti bonsai raksasa. Bonsai alam ini  merupakan salah satu daya tarik Cagar Alam Gunung Mutis dan masih terjaga keasirannya hingga kini.
Bagaimana supaya sampai disana?
Tidak perlu cemas. Kawan-kawan harus tahu dulu bahwa kawasan ini memiliki ketinggian 1500-2500 mdpl dengan suhu rata rata 12-19 Celcius. Ini merupakan daerah terdingin di antara panas dan teriknya Nusa Tenggara Timur. Jadi jangan lupa bawa jaket.

Bentangan alam yang terhampar di setiap sudut Mutis ini jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota, cocok untuk menenangkan pikiran saat liburan. Meski begitu, perlu usaha ekstra keras untuk bisa sampai ke tempat ini. Dari Kupang, kawan-kawan sekalian dapat menyewa motor dengan harga Ro 70 ribu sampai Rp 100 ribu per hari. 

Dengan berkendara kawan-kawan sekalian bisa langsung ke kota Soe. Di Soe ada beberapa hotel dan penginapan. Jangan khawatir jika kemalaman di Soe. Dari Soe perlu berkendara sekitar 2 jam menuju kawasan Gunung Mutis melewati Desa Fatumnasi. Kondisi jalan dari Kupang ke Soe sangat baik dan tidak ramai, namun jalan dari Soe ke Fatumnasi masih darurat. 

Meskipun perjalanannya cukup jauh, namun semua bakal terbayar dengan pemandangan di sana. Tak cuma itu, selama perjalanan kawan-kawan juga akan disuguhi hamparan panorama alam nan hijau. Belum lagi lambaian tangan warga sekitar yang ramah menyambut kedatangan kalian di Flores, serta wajah polos anak-anak. Sungguh pemandangan yang menyenangkan bukan? Ayo ke Fatumnasi! (AA/MN)